5 Ciri Furniture Kayu Mahoni yang Berkualitas Baik

263
5 Ciri Furniture Kayu Mahoni yang Berkualitas Baik

Pernahkah Anda memilih furniture dan ternyata banyak rayap di dalamnya? Baik itu furniture baru atau furniture lama Anda harus benar-benar berhati-hati dalam memilih terutama furniture kayu mahoni. Alasannya sangat simpel, kayu mahoni bukanlah kayu yang kuat dan tahan rayap seperti kayu jati. Walaupun sama-sama kayu keras namun kualtas kayu masing-masing berbeda. Kayu mahoni adalah jenis kayu dengan kekuatan kelas II dan III namun untuk ketahanannya dari rayap dan jamur termasuk kelas III dan IV. Tidak heran jika kayu mahoni adalah jenis kayu yang banyak digunakan sebagai furniture dalam ruangan saja.

Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika memilih furniture kayu mahoni? Bagaimana menentukan furniture yang berkualitas bagus dan tidak? Untuk itu Anda berada di tempat yang tepat dalam artikel ini Anda akan mendapatkan 5 ciri kualitas kayu mahoni yang bagus untuk dipilih.

  • Perhatikan permukaannya

Setiap membeli furniture khususnya tempat duduk atau kursi Anda harus memeriksa permukaannya apalagi jika barang tersebut bekas. Apakah permukaannya memiliki tekstur yang halus atau kasar. Apakah permukaannya terdapat banyak lubang kecil-kecil (bukan pori kayu) yang merupakan rumah rayap? Jika tidak maka kemungkinan furniture tersebut masih berkualitas bagus. Namun jika tidak maka waspadalah bisa saja banyak rayap yang berada di dalamnya.

  • Perhatikan apakah terdapat bubuk di sekitarnya
CS Biovarnish

5 Ciri Furniture Kayu Mahoni yang Berkualitas BaikApakah Anda pernah melihat furniture yang muncul bubuk halus? Bubuk tersebut adalah pertanda adanya rayap. Rayap yang memakan serat kayu mahoni akan meninggalkan bubuk untuk membangun sarang mereka di dalam kayu. Nah jangan membeli furniture kayu mahoni yang mengeluarkan bubuk kayu. Jika perlu ketuk di beberapa bagian furniture untuk memastikan tidak ada bagian yang mengeluarkan suara gema.

  • Apakah memiliki jamur?

Raba permukaannya dan lihat dengan baik-baik apakah terdapat jamur pada permukaan kayu? Jika Anda melihat adanya tanda-tanda jamur pastikan jenis jamur apakah tersebut. Jika Anda meraba dan jamur tersebut menempel pada tangan dan hilang dari permukaan maka furniture masih aman. Anda bisa menghilangkan jamur tersebut dengan bahan anti jamur. Namun jika jamur yang dihapus dengan kain tidak hilang maka Anda perlu mengecat ulang furniture kayu mahoni dan menggunakan bleaching untuk menyamarkan noda yang muncul.

  • Tingkat kering

Furniture kayu mahoni yang dapat bertahan lama adalah furniture yang sudah kering dengan baik. Kering dengan memiliki standar kelembaban yakni 12% akan mencegah datangnya jamur dan rayap dikemudian hari. Anda harus pastikan kayu kering dan bisa menanyakan pada petugas toko.

  • Bagaimana dengan warnanya

Akan sangat sulit jika Anda menilai kayu mahoni dengan furniture yang dtelah dicat dengan warna solid. Warna tersebut akan menyembunyikan warna asli dari kayu mahoni. Jika Anda menemukan furniture dengan warna kayu mahoni pastikan furniture belum difinishing. Anda bisa amati warna kayu yang muncul apakah warnanya lebih tua dan gelap atau tidak. Pilih furniture kayu mahoni yang lebih gelap karena menandakan kayu telah tua sebelum dipanen dan memiliki kekerasan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan kayu mahoni yang masih memiliki warna muda.

Nah di atas adalah cara yang tepat untuk memilih. Setelah Anda mendapatkan furniture kayu mahoni, pastikan Anda akan meletakannya di dalam ruangan karena jika Anda meletakannya di luar ruangan furniture yang telah dipilih dengan baik tetap akan rusak karena panas dan hujan langsung.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here