6 Langkah Finishing Warna Kayu transparan

567

Sanding saeler adalah tahap awal saat finishing warna kayu transparan. Gunakan Sanding sealer ramah lingkungan.

Tidak banyak industri manufacturing mebel melakukan finishing warna kayu transparan dengan basecoat. Tahap tersebut dianggap akan membuang-buang biaya dan waktu. Namun, tahukah Anda? Bahwa basecoat akan membuat permukaan kayu lebih halus. Pada dasarnya basecoat memiliki fungsi untuk menutup pori-pori permukaan kayu dengan hasil akhir tetap menampilkan subtrat kayunya.

Pada tahap finishing warna kayu transparan yang diawali dengan basecoat, akan menampilkan kayu lebih klasik dan lebih natural. Maka dari itu, warna kayu transparan masih digandrungi di Indonesia karena warnanya yang natural dan bahkan tampak lebih mewah dengan sentuhan warna glossy.

Sentuhan Finishing Warna Kayu Transparan Dengan Sanding Sealer

Sanding sealer akan menampilkan permukaan kayu lebih indah dan halus. Maka dari itu, disarankan melakukan finishing warna kayu transparan sesuai dengan prosedur. Berikut langkah-langkah yang hendaknya dilakukan:

  • Buatlah lapisan dasar dengan perbandingan 1:2 (aduk sampai rata).
  • Siapkan material kayu, bambu, rotan, dll yang dibutuhkan.
  • Pastikan material-material tersebut kering, dan bersih (kotoran, debu, minyak, dll)
  • Semprotkan keseluruh permukaan media dengan  spray gun nozle 1.0 s/d 1.5. Produk ini juga dapat diberikan dengan alat kuas, roller coater, dll.
  • Biarkan mengering sempurna selama ± 60 mnt.
  • Gunakan ampelas jenis scotbrite untuk menghaluskan permukaan lapisan ini.

Perlu diingat bahwa standar pengaplikasian sanding sealer adalah 2 kali. Setelah lapisan pertama diampelas, lapisi kembali permukaan kayu dengan bahan yang sama. Kemudian diampelas kembali setelah mengering.

Cat Water Based Menjadi Pilihan Cat Ramah Lingkungan

Saat ini, perusahaan cat telah mengembangkan cat water based karena dampaknya yang positif untuk lingkungan. Cat water based biasanya memiliki VOC yang sangat rendah dan tidak beracun. Salah satu cat water based di indonesia adalah BioColours Sanding Sealer. Sanding Sealer tersebut menggunaan bahan yang sesuai standarisasi keamanan dari US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Saat diaplikasikan, sanding sealer tersebut memiliki tingkat kekeringan yang cepat dan memiliki daya rekat yang kuat. Selain itu, juga memiliki daya tutup yang sangat baik dan daya sebar yang luas sehingga dapat menutup permukaan kayu dengan sempurna. High bonding strength-nya juga telah diuji dengan crosscut test (ASTM D3002;D3359) class: 5B dan crosscut test (DINEN ISO 2409) iso class: 0. Dengan cover area sekitar 8-10m2/kg (thick 120μmm), bahkan content solidnya sangat tinggi sampai 40+.

Maka disarankan, gunakan sanding sealer yang aman dan ramah lingkungan demi kelestarian lingkungan dan kesehatan orang sekitar. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya, dapat mengunjungi kantor Bio Industries di jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here