7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah Kita

264
7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah Kita

Di setiap rumah pasti memiliki meja untuk meletakkan sesuatu. Mulai dari meja tamu, meja belajar sampai meja dapur. Setiap meja memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Meja tamu digunakan diruang tamu untuk menyediakan hidangan untuk tamu yang berkunjung dirumah Anda. Meja belajar digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah. Dan meja makan digunakan untuk meletakkan makanan.

7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah Kita

Meja ini memiliki desain dan ukuran yang berbeda-beda. Bahan baku yang digunakan juga berbeda. Ada yang dari kayu, besi, aluminium sampai plastik atau melamin. Semua bahan baku memiliki kelebihan masing-masing. Namun memang kayu menjadi primadona untuk dijadikan sebuah furniture. Sifat kayu yang tidak dimiliki oleh bahan baku lainnya inilah yang membuat furniture kayu semakin eksis. Jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai meja atau furniture juga berbeda. Seperti:

  • Kayu jati. Kayu jati ini merupakan kayu terkuat diantara jenis kayu lainnya. Dari tingkat kekuatannya, kayu ini memiliki tingkat kuat di kelas nomor I dan II. Dan tingkat keawetan di kelas nomor I dan II. Kayu jati mempunyai pertahana terhadap rayap dan jamur yang cukup bagus. Tanpa menggunakan tambahna obat pengawet, kayu ini tetap bisa berumur lama. Namun pastikan kayu jati yang digunakan adalah kayu jati tua yang berusia diatas 20 tahun.
  • Kayu mindi. Kayu yang cukup dikenal di masyarakat ini memiliki tingkat kekuatan dikelas nomor II dan III. Kayu mindi memiliki serat lurus terpadu dan memiliki warna kayu coklat muda semu merah. Karena kayu ini mudah dipotong dan diserut, maka dari itu kayu ini merupakan kayu pertukangan yang baik.
  • Kayu sungkai. Merupakan jenis kayu pertukangan yang baik selain kayu mindi. Kayuini memiliki tekstur agar kasar dan memiliki warna putih dengan gubal agak gelap. Tingkat keawetannya berada dikelas III dan tingkat kekuatannya di nomor II dan III. Kayu ini cukup mudah dikerjakan, namun mudah retak juga. Maka dari itu pengerjaan kayu ini harus berhati-hati agar tidak mudak retak.
  • Kayu oak. Kayu oak ini memiliki dua jenis yaitu red oak dan white oak. Tekstur kayuini cukup halus dan memiliki warna putih kekuning-kuningan. Kayu ini termasuk kayu keras dan mudah pecah. Kayu ini juga rentan terkena serangan rayap. Maka dari itu penggunaan obat anti rayap sangat dianjurkan pada kayu ini.
  • Kayu sonokeling. Kayu ini memiliki warna hitam yang tidak terdapat pada kayu jenis lainnya. Jenis kayu sonokeling ini termasuk keras dan berbobot sedang. Kayu ini juga tahan terhadap serangan rayap dan jamur. namun kayu sonokeling ini sukar dikerjakan menggunakan tangan, sehingga pengerjaannya membutuhkan mesin untuk membuat kayu ini menjadi furniture.
CS Biovarnish

Menggunakan kayu sebagai bahan baku furniture Anda memberikan keuntungan. Karena selain kayu ini tidak mudah berkarat, kayu juga memiliki nilai keindahan yang alami dibanding jenis bahan baku furniture lainnya. Nah, jika Anda menggunakan bahan baku kayu sebagai meja makan Anda, pilihlah bahan baku yang berkualitas. Desain meja makan dan finishing meja makan juga perlu diperhatikan. Karena finishing meja kayu akan membuat hasil akhir meja makan Anda terlihat mengesankan. Desain meja makan yang tidak biasa juga akan membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati makanan yang dihidangkan diatas meja makan Anda. Desain meja makan minimalis ini akan membaut ruang makan Anda semakin menarik.

  1. Meja makan lipat

7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah Kita

Meja ini digunakan untuk Anda yang tidak mmeiliki ruang makan yang cukup luas. Konsep meja lipat ini bisa digunakan untuk menghmet tempat. Jika meja makna sudah selesai digunakan, meja tersebut bisa Anda lipat untuk memperluas ruang makan Anda.

  1. Meja makan bundar

Dengan menggunakan konsep bundar ini akan semaakin membuat suasana kekeluargaan Anda semakin hangat. Karena menggunakan meja bundar ini akan membuat saling berhadapan sehingga jika setelah makan bisa melakukan percakapan dengan saling tatap muka.

  1. Meja makan kombinasi

Meja ini dikombinasikan menggunakan kayu dan kaca. Kaca digunakan diatas kayu dan diantara kayu dan kaca terdapat hiasan seperti pasir laut dan hewan-hewan laut. Sehingga membuat kesan meja ini alami seperti berada di pantai. Meja konsep ini cukup membuat Anda terkesan sehingga Anda merasa nyaman ketika menggunakan meja tersebut.

  1. Meja makan konsep Jepang

7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah KitaMeja makan dnegan konsep Jepang ini juga sering disebut dengan konsep lesehan. Karena penggunaannya tidak memakai kursi melainkan duduk dibawah beralaskan matras atau bantal khusus agar tidak begitu keras ketika duduk. Konsep ini begitu nyaman ketika digunakan untuk makan sambil bersantai.

  1. Meja makan dengan mini bar

Jika Anda menginginkan suasana seperti di kafe, Anda bisa menggunakan meja jenis ini. Meja konsep ini juga menghemat tempat karena bisa disatukan dengan dapur. Meja makan bar ini akan membuat suasana rumah Anda terlihat modern.

  1. Meja makan minimalis

Meja makan ini cukup simple. Meja yang tidak begitu besar dan cukup dengan 2 atau 4 kursi saja. Cukup minimalis dengan konsep ini, membuat ruang makan Anda tidak terasa penuh walaupun ruangan Anda cukup luas.

  1. Meja makan modern

7 Desain Meja Makan Yang Cocok Untuk Rumah KitaMeja makan modern ini biasanya cukkup luas dan menggunakan kayu yang tebal. Kursi yang digunakan juga cukup banyak sekitar 6 – 8 kursi. Desain kursinya juga menggunakna bantalan busa sehingga membaut meja ini cukup modern.

Jika Anda sudah menentukan desain meja makan yang pas untuk rumah Anda, sekarang saatnya Anda memilih finsihing yang tepat untuk meja makan Anda. Jenis finishing ada 2, ayitu warna solid dan warna natural. Warna solid ini berarti memberi warna dengan menutup seluruh serat kayu, dan warna natural memberikan warna pada kayu namun tetap memperllihatkan serat dari kayu tersebut.

Cat finishing yang digunakan untuk meja makan Anda sebaiknya berbahan dasar air yang aman dan ramah lingkungan. Karena meja makan akna bersentuhan dengan makanan walaupun tidak secara langsung. Menggunakan finishign natural akan membuat meja makan semakin elegan. Cat finishing natural waterbased bisa Anda dapatkan dengan menyebut merk Biovarnish. cat ini memiliki kelebihan seperti:

  • Aman karena tidak mengandung racun dan bahan kimia berbahaya seperti timbal maupun formalin.
  • Tidak menimbulkan bau yang menyengat.
  • Warna yang dihasilkan tajam.
  • Cara aplikasinya sangat mudah.
  • Bisa diaplikasikan walaupun hanya dengan menggunakan kuas saja. Jika mau aplikasi menggunakan spray gun juga bisa.
  • Hasil finishingnya tahan terhadap air dan perubahan cuaca
  • Memiliki daya rekat yang bagus, cat tidak mudah lepas.
  • Jika terkena debu dan kotoran mudah untuk dibersihkan.

Nah untuk perawatan kayu sehari-hari bisa Anda bersihkan menggunakn kain bersih atau bisa juga menggunakan pemoles khusus kayu food grade seperti beeswax yang akan membantu melindungi meja kayu Anda dari jamur dan juga mempertahankan warna cat finishing pada meja kayu Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here