Adakah Cat Aman Untuk Furniture Anak?

205
Adakah Cat Aman Untuk Furniture Anak?

Cat aman untuk furniture anak? Selama ini kita hanya tahu ketika kita membeli furniture yang memang sudah jadi dan siap pakai. Dan sering sekali kita menawar dengan harga paling rendah. Padahal kita tidak pernah tahu bagaimana proses pembuatannya mulai dari pemilihan bahan baku kayunya, proses pembuatannya sehingga menjadi furniture sampai bahan cat yang digunakan untuk finishing furniture tersebut.

Sebenarnya kita bisa saja membuat furniture sendiri dirumah dengan alat yang sederhana. Namun jika tidak ada waktu, kita bisa memesan furniture sesuai dengan keinginan kita. Dan untuk cat finishing, sebaiknya Anda memilih dan memastikan cat finsihing yang digunakan untuk furiture Anda bebas zat berbahaya yang akan menyebabkan gangguan kesehatan Anda.

Adakah Cat Aman Untuk Furniture Anak?

CS Biovarnish

Untuk memilih cat finishing, sebaiknya Anda memilih cat water based yang aman karena menggunakan campuran air bukan thinner. Cat yang menggunakan campuran thinner atau solvent based ini sangat merugikan bagi lingkungan dan kesehatan Anda. Thinner merupakan campuran senyawa organik yang berasal sari minyak bumi dan itu adalah pemicu dari global warming.

Jika furniture Anda menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya, bisa jadi kesehatan Anda akan bermasalah. Gas yang ditimbulkan dari proses finishing solvent based, saat kita menghirup sangat berbahaya untuk kesehatan maupun lingkungan. Partikel yang ada pada thinner ini lebih kecil dari partikel air sehingga membuat bahan thinner ini mudah terbakar. Uapnya juga bisa menimbulkan gas rumah kaca yang menyebabkan global warming.

Selain bahaya di atas, menggunakan campuran thinner dalam pengecatan furniture Anda juga akan membuat biaya menjadi bertambah karena harus membeli dulu thinnernya dibanding dengan cat yang menggunakan campuran air. Efek thinner bisa dirasakan secara instant saat kita memasuki ruangan dengan furniture yang menggunakan cat solvent based. Biasanya kita merasakan mata pedih, kulit yang perih ketika bersentuhan langsung dengan waktu yang cukup lama, gangguan pernafasan karena uap thinner sangat kuat aromanya bahkan alergi. Bila dihirup kelamaan juga bisa menimbulkan kanker, kerusakan hati dan gangguan sistem saraf.

Mengenal Cat Water Based, Cat Aman Untuk Furniture Anak

Nah, jika Anda mulai ragu menggunakan cat berbahan solvent based, maka segera beralih lah menggunakan cat water based. Cat water based akhir-akhir ini mulai banyak peminatnya. Selain karena lebih hemat karena menggunakan campuran air, efek jangka panjangnya juga tidak sampai berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan.

Adakah Cat Aman Untuk Furniture Anak?

Salah satu cat water based terbaik adalah Biovarnish. Biovarnish ini memiliki hasil finishing natural transparant. Biovarnish memenuhi kriteria cat kayu yang aman karena tidak mengandung formalin, merkuri bahkan timbal. Cat tanpa kandungan toxic ini diformulasikan dengan mengacu pada standar regulasi ECHA Reach Regulation Uni Eropa dan US EPA, dua regulasi yang salah satunya mengatur tentang standar keamanan bahan yang masuk ke wilayah Uni Eropa dan US.

Seri Biovarnish ini memiliki 3 tahap yaitu Biovarnish Wood Filler yang berguna untuk menutupi pori-pori pada kayu dan cacat pada kayu yang akan menghasilkan permukaan yang close pore. Biovarnish Wood Filler memiliki 4 varian yang menyerupai warna kayu yaitu warna Sungkai, Ramin, Mahoni dan Jati.

Untuk pewarna ada Biovarnish Wood Stain, yang memiliki warna dengan transparansi yang baik dengan hasil yang cerah dan tajam, memilki varian warna kurang lebih 20 warna natural transparan. Dan untuk hasil akhirnya ada clear coat doft dan gloss sebagai pelindung akhir dari permukaan kayu tersebut. Nah, masih mau menggunakan cat solvent based untuk furniture an Anda? Segera beralihlah menggunakan cat water based yang menguntungkan bagi kesehatan anak Anda dalam jangka panjang.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here