Alasan Mengapa Harus Membeli Furnitur Rotan

181
Alasan Mengapa Harus Membeli Furnitur Rotan

Rotan memiliki sejarah panjang baik sebagai bahan furnitur indoor maupun outdoor. Pertama, mari kita definisikan ‘rotan’: Rotan sebenarnya mengacu pada lebih dari 600 spesies tanaman yang secara tradisional telah digunakan untuk membuat furnitur, keranjang, tempat penyimpanan dan struktur lainnya. Ini berasal dari kata Melayu ‘rotan’. Bahan yang sama juga disebut ‘manila’ atau ‘malaka’ di dunia.

Anyaman rotan adalah jenis bahan tenun yang dibuat dari inti bagian dalam batang rotan. Bagian dari banyak spesies liana rotan juga dapat dipotong menjadi beberapa bagian dan dibangun menjadi furnitur yang ringan dan kokoh. Meskipun tidak secara teknis adalah  ‘kayu’, rotan memang menerima cat dan pernis dengan baik, dan diaplikasikan seperti pada kayu dalam banyak cara.

Di Mana Mebel Rotan Dibuat?

Hari ini, mebel rotan dibuat di seluruh dunia. Namun, Asia Tenggara masih memproduksi sebagian besar furnitur rotan rotan yang dikonsumsi dunia, karena Asia Tenggara adalah lingkungan alam dari hampir semua varietas tanaman rotan yang paling efektif. Bahkan ketika mebel rotan diproduksi di tempat lain, kemungkinannya adalah bahwa rotan itu sendiri ditanam dan diekspor dari Asia Tenggara awalnya.

Alasan Mengapa Harus Membeli Furnitur Rotan
bahan baku rotan
CS Biovarnish

Furniture rotan pertama menjadi populer di barat sekitar era Victoria, dan tidak pernah keluar dari gaya. Orang-orang menyukai perabotan rotan karena memiliki tampilan dan nuansa organik alami, dan karena furnitur ini memiliki daya tahan yang dibutuhkan untuk perabotan luar ruangan yang dipadukan dengan kenyamanan yang dibutuhkan untuk bagian dalam ruangan.

Apa saja kelebihan yang menguntungkan ketika menggunakan furnitur berbahan rotan?

  • Kokoh, ringan dan murah

Ketika ditanya mengapa mereka membeli furnitur rotan, banyak orang menyebutkan bobotnya yang ringan dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan opsi lain yang juga tahan lama. Karena keduanya kuat dan tidak mahal, sangat cocok untuk membebani lingkungan seperti taman, atau di area yang banyak digunakan seperti ruang bermain. Bonus tambahan adalah bahwa furnitur rotan cukup ringan sehingga tidak mungkin melukai anak-anak, bahkan jika itu akan jatuh ke tangan mereka saat mereka bermain.

  • Tahan cuaca dan pemeliharaan rendah

Furnitur rotan sangat cocok untuk penggunaan outdoor. Tidak seperti bahan alami lainnya (seperti kayu), rotan tidak memerlukan minyak, pengawet, cat atau perawatan lain untuk tetap kuat dan menarik selama bertahun-tahun. Jika furnitur rotan Anda pernah menjadi kotor, cukup semprotkan dengan selang atau lap dengan lap basah semestinya yang Anda butuhkan.

Rotan Alam vs Sintetis

Sofa rotan coklat dengan bantal kop,i inilah tempat dimana definisi menjadi lebih kompleks. Sebagai ‘mebel anyaman rotan’ adalah furnitur anyaman yang ditenun dari bahan rotan, ‘mebel rotan sintetis’ yang ditenun dari rotan sintetis. Sama halnya dengan furnitur taman rotan alam yang ringan, tahan lama dan mudah dibersihkan, furnitur taman rdari otan sintetis berusaha untuk sesuatu yang lebih baik

Alasan Mengapa Harus Membeli Furnitur Rotan
Macam-macam rotan sintetis.

Furnitur outdoor rotan alam masih merupakan bahan organik, dan akhirnya akan mudah rusak pada jamur dan pembusukan. Furnitur outdoor rotan sintetik menghindari hal ini, memperpanjang jangka hidupnya bahkan lebih jauh.

  • Apa yang terbuat dari rotan sintetis? Ada beberapa jenis alternatif rotan sintetis, jadi ada beberapa jawaban untuk apa yang terbuat dari rotan sintetis. Masing-masing paling cocok untuk berbagai jenis mebel rotan.
  • Rotan plastik terbuat dari apa? Rotan plastik hanyalah bahan plastik yang ditenun seperti inti rotan alam. Hal ini sering dijalin di sekitar baik kayu atau kawat baja, yang dapat berpengaruh negatif terhadap masa pakainya jika digunakan sebagai furnitur luar ruangan.
  • Apa efek rotan terbuat dari apa? ‘Efek rotan’ hanyalah cara lain untuk mengatakan ‘rotan sintetis’. Biasanya akan menjadi plastik, vinil atau beberapa bahan buatan manusia lainnya, ditenun menjadi anyaman, dengan maksud menyerupai rotan alam.
  • Apakah terbuat dari rotan PE? PE rotan adalah jenis rotan sintetis yang terbuat dari polyethylene (kadang-kadang disebut PE).
  • Apa itu mebel rotan poli? ‘Rotan poli’ dapat mengacu pada beberapa alternatif rotan sintetis yang berbeda. Bisa berupa PE (seperti di atas), bisa polyurethane (PU), polyvinyl chloride (PVC) atau hampir semua polimer buatan lainnya. Pada akhirnya, jawaban untuk ‘apa itu mebel rotan poli’ hanyalah ‘furnitur yang terbuat dari anyaman rotan buatan’.
beli biovarnish
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here