Apa Finishing Furniture Kayu Mindi yang Aman?

258
Apa Finishing Furniture Kayu Mindi yang Aman?

Banyak orang yang masih belum mengetahui dan juga lebih peka masalah keamanan penggunaan bahan finishing. Banyak yang masih belum menyadari bahwa penggunaan bahan kimia seperti cat pada furniture adalah suatu hal yang bisa saja berbahaya untuk lingkungan.

Untuk lebih jelasnya pernahkah Anda merasakan mata pedih dalam sebuah ruangan yang berisi furniture baru? Atau ketika Anda sedang pergi ke toko furniture dan melihat beberapa furniture kayu yang baru selesai difinishing mencium bau menyengat dan terkadang membuat pusing? Inilah efek singkat yang berbahaya dari bahan finishing.

Terutama pada jenis kayu mindi yang merupakan material banyak digemari sebagai furniture. Kelebihan kayu mindi dari harganya yang murah hingga kemudahan untuk diolah menjadi kayu ini banyak diminati. Tampilan kayu mindi yang mirip dengan kayu jati membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memberikan finishing yang terbaik.

CS Biovarnish

Namun hasil finishing terbaik pada furniture kayu mindi belum tentu aman bahkan ramah lingkungan. Sebaiknya sebelum mengecat pahami dulu apa saja komponen yang membuat sebuah cat ini aman dan ramah lingkungan.

Sebelum melanjutkan pada proses finishing pilihlah terlebih dahulu jenis cat berkualitas dan terbaik. Berikut ini ciri dari jenis cat yang aman dibutuhkan untuk finishing furniture kayu mindi:

  1. Menggunakan bahan pelarut air

Kebanyakan bahan cat berbahaya untuk kayu mindi menggunakan bahan pelarut solvent yakni thinner. Tahukah Anda bahwa di dalam thinner terdapat kandungan VOC atau bahan kimia berbahaya untuk lingkungan. Bahan pelarut ini akan mencemari lingkungan melalui penguapan sehingga cat dapat mengeras dipermukaan furniture kayu mindi. Sedangkan bahan pelarut air berbeda, pelarut air tidak mengandung bahan VOC berbahaya.

  1. Rendah kandungan merkuri, timbal dan formalin
Apa Finishing Furniture Kayu Mindi yang Aman?
Bahan finishing aman kayu mindi harus digunakan pada lemari peralatan makan

Ada tiga bahan utama solvent dalam cat yang berbahaya yakni merkuri, timbal dan juga formalin. Namun selain ketiga bahan tersebut sebenarnya masih ada banyak bahan kimia lainnya. Semua bahan kimia yang terkandung dalam cat tersebut haruslah rendah. Tidak boleh banyak bahan finishing yang mengandung bahan tersebut lebih dari 100-300 gram per liternya. Aturan ini bahkan dibuat oleh beberapa regulasi di Eropa dan Amerika terkait dengan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam cat harus dibatasi.

  1. Tidak menimbulkan bau menyengat

Tidak perlu menunggu cat mengeras dan menempel pada permukaan kayu untuk mengecek apakah lapisan cat yang digunakan tidak mengeluarkan bau. Pada saat Anda membuka kaleng cat maka akan ketahuan apakah cat tersebut mengeluarkan aroma keras bahkan menyebabkan pusing. Apabila hal tersebut terjadi sebaiknya Anda menghindari dan menggantinya dengan cat lainnya. Kandungan yang menguap dan mengeluarkan bau adalah gas amonia yang sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Cepat kering tanpa panas matahari

Salah satu kelebihan dari cat aman adalah mudah kering. Kecepatan kering ini tidak tergantung dengan panas matahari. Hal ini disebabkan rendahnya kandungan VOC membuat cat tidak bergantung dengan panas dalam hal penguapan. Di dalam ruangan pun cat akan dapat menguap dengan baik tanpa harus menunggu waktu yang lama. Syaratnya ruangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik.

Nah inilah ciri dari cat kayu yang aman untuk furniture kayu mindi yang harus dipilih. Apabila Anda ingin mencarinya sekarang Anda bisa memilih beberapa merk produk cat kayu water based. Produk water based adalah produk cat kayu yang aman dan ramah lingkungan sehingga dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here