Aplikasi Dempul Kayu Jati Yang Tepat Dan Aman

379

Untuk mengatasi cacat pada kayu, gunakan dempul kayu jati. Alangkah baiknya tidak asal memilih dempul, gunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan.

Furniture kayu jati memiliki daya tarik sendiri. Selain keindahan yang ditampilkan, kayu jati memiliki serat unik yang mendukung tampilan furniture lebih indah. Faktor lain penggunaan kayu jati karena daya tahan kayu tersebut sangat bagus terhadap cuaca ataupun segala macam gangguan.  Namun tidak jarang, ditemui cacat pada kayu. Untuk mengatasi tersebut, seringkali digunakan dempul kayu jati untuk menyamarkan cacat, menghaluskan serta meratakan.

Dempul kayu jati memiliki tujuan yang sama yaitu menampilkan furniture lebih rata. Pengaplikasian dempul dengan tepat akan mempengaruhi hasila akhir finishing. Apabila dempul tidak merata dengan baik maka akan pori-pori akan terlihat bahkan dempul akan menggelombang. Maka dari iru, aplikasi dempul harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Aplikasi Dempul Kayu Jati Yang Benar

Dempul masih menjadi primadona ketika terjadi permasalahan pada kayu yang cacat. Cacat disini berarti kayu terlihat tidak merata, berlubang dsb. Maka dari itu, dempul selalu digunakan untuk meratakan dan menyamarkan cacat pada kayu jati. Memilih dempul juga seharusnya diperhatikan, gunakan dempul water based untuk menjaga kesehatan dan tidak mencemari lingkungan.

Dempul water based tidak lah sulit didapatkan apabila Anda membaca penjelasan berikut. Dempul water based yang aman dan ramah lingkungan di Indonesia adalah BioColours Wood Filler. Kenapa harus wood filler? Dempul water based ini terbukti keamanannya dan tidak mengganggu kesehatan karena bahan yang digunakan sesuai dengan stanadar kemanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA).

Dempul water based inimemiliki daya rekat yang tinggi, sangat efektif untuk mengisi pori-pori kayu, anti jamur, cepat kering dan mudah diaplikasikan. Untuk pengaplikasian cat kayu jati water based, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan permukaan media kayu telah kering benar (MC < 15%) dan bebas dari debu, kotoran atau bekas minyak
  • Aplikasikan dengan cara skrape mengunakan pisau palet searah serat.
  • Tunggu sampai kering benar kurang lebih 20 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240. Searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat.
  • Ulangi lagi dengan prosedur aplikasi ini, sampai lubang cacat tekstur permukaan dan pori-pori benar-benar tertutup sempurna, halus dan rata.

Tahap selanjutnya, aplikasikan cat warna transparan agar menampilkan serat-serat kayu jati. Untuk memepertajam warna, gunakan main coat sebelum sampai ke colouring. Gunakan main coat Wood Stain Indoor (WSI). Selanjutnya barulah aplikasikan colouring dengan Bovarnish. Kedua cat ini merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. kedua cat tersebut memiliki daya rekat yang baik, anti jamur, cepat kering, dan mudah diaplikasikan.

Komponen-komponen finishing di atas  merupakan komponen water based dari Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based di Indonesia.  Berawal dari sadarnya akan Go Green, perusahaan ini berkembang di tengah-tengah produk cat yang didominasi oleh cat solvent based yang cenderung berbahaya.

Apakah Anda tertarik mengikuti gerakan Go Green dengan cat water based? Hubungi segera Bio industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Demikian ulasan singkat mengenai dempul kayu jati pada tahap finishing. Semoga dapat memudahkan Anda dalam memilah dempul dan cat yang tepat untuk furniture Anda.

Pertama, Pastikan permukaan media kayu telah kering benar (MC < 15%) dan bebas dari debu, kotoran atau bekas minyak

Kedua, Aplikasikan dengan cara skrape mengunakan pisau palet searah serat.

Ketiga, Tunggu sampai kering benar kurang lebih 20 menit.  Lalu amplas dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240. Searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat.

Keempat, Ulangi lagi dengan prosedur aplikasi ini, sampai lubang cacat tekstur permukaan dan pori-pori benar-benar tertutup sempurna, halus dan rata.

Setelah langkah di atas, Anda dapat mengapiikasikan main  coat untuk mendapatkan warna yang maksimal sebelum pada tahap colouring. Gunakan main coat Wood Stain indoor (WSI) kemudian aplikasikan colouring dengan Biovarnish. Kedua cat ini merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. memiliki daya rekat film yang bagus, anti jamur, cepat kering dan mudah diaplikasikan serta memiliki warna tranparan dan tajam.

Untuk mendapatkan produk cat dan dempul water based silahkan hubungi Bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Dengan menggunakan cat water based maka Anda telah ikut serta dalam gerakan go Green. Tidak ingin kah Anda ikut serta menjaga lingkungan? Dempul kayu jati water based merupakan solutif yang tepat untuk menutup pori-pori kayu furniture Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here