Aplikasi Dempul Kayu Mahoni Pada Furniture

356

Untuk menutup pori-pori serta menyamarkan cacat pada permukaan kayu, gunakan dempul kayu mahoni yang tepat dan aman.

Kayu mahoni merupakan salah satu kayu yang memiliki kualitas yang baik walaupun ketahanan dan keawetan tidak sebagus kayu jati. Namun, kayu mahoni memiliki tekstur yang halus dan pori-pori kecil selain itu kayu tersebut memiliki serat-serat yang lurus, terpadu, mudah dipotong dan dibentuk. Sehingga tidak jarang kayu mahoni digunakan sebagai bahan baku untuk furniture atau handicraft. Namun juga sering ditemui kayu yang digunakan untuk bahan baku mengalami cacat pada beberapa bagian tertentu. Langkah yang perlu dilakukan adalah mengaplikasikan dempul.

Lakukan pendempulan dengan tepat agar hasilnya tidak berantakan. Biasanya, apabila dempul kayu mahoni tidak diaplikasikan secara sempurna akan mengakibatkan pori-pori kayu tidak menutup sempurna atau dempul akan bergelombang. Lebih baiknya, gunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan.

Dempul Kayu Mahoni Yang Aman

Dempul yang sering mudah ditemui adalah dempul solvent based. Baik dempul ataupun cat yang menggunakan bahan pelarut minyak justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. karena kandungan kimia dan VOC-nya yang tinggi. Maka disarankan untuk menggunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan yaitu dempul water based. Aplikasi dempul water based mudah sekali dipalikasikan, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Sebelum diaplikasikan dempul, pastikan permukaan kayu bersih dan kering dengan MC <15%.
  • Aplikasikan dempul dengan cara scrape menggunakan pisau searah dengan serat kayu.
  • Tunggu hingga kering kurang lebih 20 menit, kemudian ampelas kayu.
  • Lakukan langkah-langkah di atas sampai mendapatkan hasil pori-pori atau cacat kayu tertutup sempurna.

Untuk dempul water based, Anda dapat menggunakan BioColours Wood Filler. Dempul ini telah sesuai dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA).  Dempul tersebut memiliki kerekatan yang bagus, anti jamur, cepat kering dan mudah diampelas.

Untuk langkah finishing selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan colouring pada permukaan kayu mahoni. Gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan seperti BioColours Biovarnish. Cat water based ini juga sesuai dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia seperti halnya BioColours Wood Filler.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau pemesanan silahkan hubungi Bio Industries via telp. ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Tertarik penggunaan komponen furniture yang ramah lingkungan? Pesan sekarang sebelum Anda menyesal. Semoga dengan informasi mengenai aplikasi dempul kayu mahoni tersebut memudahkan Anda saat finishing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here