Aplikasi Finishing Dengan Cat Cepat Kering Yang Aman

232

Cat cepat kering dipilih oleh produsen kayu untuk menghasilkan hasil yang cepat dan efisien waktu. Salah satunya gunakan cat aman dan ramah lingkungan.

Kegagalan mencapai target saat produksi pada industri kayu seperti mebel salah satunya adalah faktor waktu. Cepat keringnya cat saat finishing merupakan faktor penting oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan customer. Apa jadinya apabila cat yang mengering tidak tepat pada waktunya? Maka dari itu, cat cepat kering sangat dibutuhkan untuk kebutuhan finishing produsen industri kayu. Namun, juga tidak jarang ketika harus memilih cat cepat kering yang tepat.

Dalam memilih cat cepat kering yang ditawarkan pada pasaran juga diperlukan kecermatan. Alangkah baiknya menanyakan kualitas dan kegunaan dari cat yang terdapat di pasaran. Biasanya cat berpelarut minyak atau cat solvent based ditawarkan oleh penjual cat, namun Anda juga dapat menggunakan cat water based atau cat berpelarut air untuk aplikasi finishing karena lebih aman dan ramah lingkungan.

Gunakan Cat Cepat Kering Ramah Lingkungan Untuk Aplikasi Finishing

Tahu kah Anda bahwa cat yang tersebar di pasaran di dominasi dnegan cat solvent based? Kami yakin Anda menyadari akan hal tersebut, namun tentang keamanannya. Apakah Anda tahu, ternyata cat solvent tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan? Cat solvent based merupakan cat dengan VOC yang menguap di udara sangat tinggi sehingga akan sangat mengganggu kesehatan apabila masuk ke dalam tubuh selain itu juga akan mencemari udara. Pada manusia, apabila gas yang keluar dari cat terhirup dan mengendap di tubuh akan mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kinerja hati atau bahkan kanker. Sedangkan untuk lingkungan, VOC yang tinggi adalah salah satu faktor melebarnya lapisan ozon. Sedangkan lapisan ini lah yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet matahari.

Sedangkan cat aman dan ramah lingkungan adalah cat water based. VOC yang menguap di udara sangat rendah bahkan dibawah batas keamanan sehingga sangat aman untuk lingkungan ataupun makhluk hidup. Maka dari itu, penggunaan cat water based merupakan salah satu langkah dari gerakan Go Green. Bahannya yang dapat larut dalam air membuat cat tersebut dikatakan ramah lingkungan serta tidak mencemari udara.

Aplikasi cat water based tidak jauh berbeda dengan cat solvent based bahkan Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengeringan, namun juga ada baiknya jika pengeringan dilakukan dalam waktu yang lama untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

Mengenal Cat Water Based Orchid Enamel Paint

Cat cepat kering water based yang dapat Anda gunakan adalah cat Orchid Enamel paint. Cat tersebut merupakan cat warna solid yang dapat digunakan pada furniture eksterior ataupun interior seperti kusen, bambu, jendela, pintu dan sebagainya. Keunggulan dari cat tersebut adlaah memiliki kerekatan film yang kuat, kelenturan yang bagus, tahan cuaca, anti jamur serta mudah diaplikasikan.

Anda cukup membutuhkan komponen 20%air dari cat Orchid. Takaran tersebut sangat dianjurkan agar cat Orchid tidak terlalu kental atau pun cair sehingga saat diaplikasikan film menempel dengan erat dan rapi. Aplikasikan 4 kali atau lebih untuk menghasilkan warna yang makasimal.  Anda tidak perlu mengaplikasikan topcoat sebagai hasil akhirnya, karena cat Orchid menghasilkan media dengan doff atau glossy atau cat bisa dikatakan bahwa cat Orchid telah terkandung topcoat di dalamnya.

Anda tertarik menggunakan cat water based? Segera angkat telp Anda dan hubungi Customer Service Bio Industries kami via telp.   0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Atau Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan, No.94, Yogyakarta.

Demikian ulasan singkat mengenai cat cepat kering untuk kebutuhan finishing, semoga menjadi rujukan sebelum memilih cat. Alangkah baiknya gunakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here