Arsitektur Rumah Untuk Iklim Tropis dan Penggunaan Cat Kayu Besi Non-Toxic

469

Rumah untuk iklim tropis tentunya berbeda dengan hunian di iklim lainnya, selain itu untuk menunjang tampilan rumah lebih menarik diperlukan cat kayu besi non-toxic.

Rumah tinggal merupakan tempat tujuan orang untuk mengitirahatkan diriny setelah melakukan beberapa aktivitas di luar. Mungkin kita dimanjakan dengan beragam desain dan gaya hunian sehingga banyak orang akan mengacu pada gaya tertentu sesuai dengan keinginan penghuni rumah, Namun, satu hal yang juga tidak kalah penting diperhatikan adalah iklim pada suatu daerah.

CS Biovarnish

Begitupula dengan Indonesia dengan iklim tropisnya, maka desain rumah didominasi dengan material yang kuat dan kokoh yang mana bisa tahan dengan cuaca yang biasa terjadi pada daerah beriklim tropis. Iklim tropis hanya terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim matahari. Karena faktor ini lah yang membuat material serta lapisan cat yang digunakan harus bisa tahan terhadap kedua musim tersebut. Cat kayu besi non-toxic bisa melapisi material rumah baik menggunakan kayu atau materialnya dengan optimal.

Desain Rumah Beriklim Tropis

Mungkin kita yang berada di Indonesia sudah terbiasa dengan iklim tropis sehingga kita juga terbiasa mengikuti desain rumah yang sudah ada. Padahal, beragam desain hunian bisa Anda ciptakan sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Yang terpenting adalah material dan lapisan cat yang digunakan. Namun, akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikan kepada orang yang ekspert terhadap desain rumah untuk daerah beriklim tropis. Pada intinya, untuk membangun rumah pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia, hal yang diutamakan adalah kenyamanan.

Kita pasti akan merasa kesulitan ketika di musin penghujan, pasalnya kita akan berhadapan dengan banjir, atap bocor dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk menghindari masalah tersebut diperlukan material yang kokoh. Bagian atap atau genteng memang menjadi perhatian khusus untuk hunian pada musim penghujan pasalnya curah hujan pada daerah beriklim tinggi cukup tinggi, jadi sebaiknya konsultasikan kembali kepada arsitektur rumah untuk memberikan jawaban jenis material yang tepat untuk bagian atap rumah Anda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan lain seperti tetesan air huja. Jangan dianggap remeh, tetesan hujan jika dibiarkan bisa membuat rumah Anda menjadi banjir. Sangat disarankan untuk tidak memberikan berbagai aksesoris tambahan untuk bagian atap, hal ini untuk mengurangi berat yang ditahan pada atap tersebut.

Selain itu, ada kalanya pergantian musim juga menjadi salah satu masalah penting untuk hunian rumah yang berada di daerah beriklim tropis. Pergantian musim baik dari musim penghujan ke musim panas atau sebaliknya akan cenderung mengakibatkan udara dalam ruangan semakin lembab. Sehingga, jika Anda tidak memberikan ruang serta sirkulasi udara yang pas maka akibatnya bagian dinding, atap bahkan furniture akan mudah berlumut atau berjamur. Maka dari itu, desain pada pintu dan jendela harus berhadapan agar sinar matahari bisa masuk dengan baik dan udara dapat bergantian. Selain itu, agar cahaya matahari tidak menyebabkan udara pengap atau panas dalam ruangan sebaiknya desain celah pintu harus dirancang secara ideal.

Untuk mengatasi masalah iklim tropis, desain yang paling menarik adalah jika Anda memberikan ruang untuk taman atau kolam disekeliling hunian rumah Anda. Bisa saja Anda mendesain rumah dengan bagian atau sudut yang terbuka (tanpa atap) an dibawahnya dilengkapi dengan taman atau kolam tersebut. Bagian tersebut akan memberikan nuansa teduh suatu hunian ketika musim panas tanpa harus mengakibatkan rumah lembab ketika musim hujan.

Aksesories lainnya yang bisa membantu adalah dengan diletakkannya beragam tanaman hijau untuk rumah tersebut. Kamu bisa meletakkan tanaman tersebut pada bagian teras, halaman depan, halaman belakang ataupun rooftop. Sebab tanaman bisa memberikan kesan sejuk suatu hunian karena kandungan oksigennya pada siang hari.

Pastinya, rumah untuk iklim tropis pada bagian luar akan lebih rawan terpapar langsung matahari dan hujan sehingga dinding atau perabotan lainnya akan mudah terserang lumut, jamur atau serangga perusak.  Maka, disarankan untuk menggunakan cat yang memang diformulasikan untuk tahan cuaca. Cat kayu besi non-toxic adalah cat tahan cuaca dan cocok digunakan untuk beragam material rumah, selain itu tidak beracun karena tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Namun, hal yang terpenting adalah struktur bangunan yang kuat nan kokoh. Walaupun begitu, tetap saja aspek keindahan juga perlu diperhatikan. Sangat disarankan selalu mengkonsultasikan kepada orang yang ahli terhadap desain interior-eksterior sehingga Anda bisa membuat rumah yang nyaman digunakan walaupun berada di daerah beriklim tropis.

Cat Kayu Besi Non-Toxic Bagus Untuk Rumah Beriklim Tropis

Iklim tropis menjadi salah satu iklim yang memiliki curah hujan serta suhu yang tinggi, maka dari itu segala kebutuhan hunian harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Pasalnya, apabila rumah tidak menggunakan material yang tepat justru akan menyebabkan rumah tersebut berlumut, berjamur dan faktor lainnya.

Seperti yang disarankan sebelumnya, gunakan material yang kokoh dan sesuai untuk iklim tropis. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah cat yang digunakan. Selalu gunakan cat kayu besi non-toxic untuk melapisi furniture, bangunan atau perabotan lainnya baik yang bematerial kayu, bambu, besi dsb agar material tersebut tidak mudah rusak atau keropos.

Cat kayu besi sangat berguna untuk memberikan perlindungan pada material karena daya tahannya yang maksimal. Bahkan tidak mudah mengelupas jika selalu berinteraksi dengan cuaca. Gunakan bahan cat kayu besi yang terbuat dari bahan dasar air karena cat tersebut sangat aman digunakan. Bahkan kualitasnya sangat optimal karena dapat melindungi material yang dilapisinya dengan baik.

Kenapa sangat disarankan? Sebab, saat ini masih banyak cat kayu besi yang menggunakan bahan-bahanyang berbahaya sehingga tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. Cat kay yang berbahaya adalah cat kayu yang mengandung bahan kimia berbahayaa dan kandungan VOC yang tinggi. VOC merupakan kependekan dari Volatile Organic Compound yang artinya bahwa kandunga tersebut adalah senyawa organic yang beracun dan bisa berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Semakin tinggi VOC dalam cat maka semakin berbahaya cat tersebut digunakan begitupun sebaliknya. Pastikan Anda selalu menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan.

Untuk desain rumah pada daerah beriklim tersebut akan lebih nyaman jika Anda menggunakan material yang kuat dan khusus bisa menghadapi masalah pada musim di iklim tropis. Selain itu gunakan cat yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya agar kesehatan dan lingkungan sekitar Anda terjaga denga baik.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here