Bagaimana Cara Aplikasi Cat Kayu Lacquer untuk Furniture

26
Bagaimana Cara Aplikasi Cat Kayu Lacquer untuk Furniture

Lacquer adalah salah satu bahan finishing yang memiliki kecepatan kering paling tinggi. Cat kayu ini juga lebih kuat dibandingkan dengan shellac walaupun lapisannya sangat tipis. Lacquer memang harus diaplikasikan dengan tipis dan memiliki hasil finishing berbagai memulai dari high glossy, satin, dan matte.

Kecepatan kering yang tinggi dari lacquer seringkali menimbulkan kesulitan dalam proses finishingnya. Aplikasi lacquer dengan kuas tidak direkomendasikan untuk para pemula. Jadi satu-satunya aplikasi adalah dengan spray system.

Pada saat aplikasi, perlu diketahui bahwa partikel cat yang disemprotkan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sangat bahaya jika menghirup cat di udara. Alasan inilah maka para profesional selalu menggunakan masker bahkan respirator untuk menjaga pernapasan mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum aplikasi cat kayu lacquer ini. Cat ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis kayu khususnya jenis kayu yang akan menimbulkan bleeding seperti mahoni dan rosewood. Hal ini disebabkan kandungan minyak yang terlalu tinggi pada kayu tersebut.

Dan lacquer dapat digunakan pada permukaan kayu yang sudah dilapisi dengan cat water based dan dengan wood filler dari bahan lacquer. Perlu diketahui juga bahwa lacquer tidak dapat diaplikasikan di atas cat minyak dan cat solvent. Akibatnya lacquer tidak akan merekat dengan baik di atas lapisan tersebut. Disarankan untuk menggunakan sanding sealer yang cocok dengan lacquer sebagai cat dasar kayu.

Bagaimana Cara Aplikasi Cat Kayu Lacquer untuk Furniture
Ruangan yang bersih dan cara aplikasi lacquer dengan spray gun

Sudah paham dengan syarat-syarat sebelum aplikasi dengan lacquer? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Persiapkan kayu terlebih dahulu. Kayu harus sudah diamplas dan dilapisi dengan sanding sealer dan wood filler. Semua pori kayu harus ditutup dengan sempurna. Pastikan juga furniture telah kering dan bersih bebas kotoran serta debu amplas. Lindungi ruang kerja Anda dengan alas yang mencegah lacquer mengotori lantai. Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan baik.
  • Campurkan lacquer dengan thinner dan bahan pelarut yang dianjurkan pada kemasan cat kayu. Sebelum mengaplikasikan pada substrat kayu, cobalah untuk menyemprotkan lacquer pada permukaan koran atau papan lainnya. Alat spray bisa memberikan hasil semprot yang berbeda maka sering melakukan praktek dan dilihat langsung cara aplikasi spray akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan kontrol untuk finishing.
  • Aplikasikan lacquer perlahan dan pegang alat spray dengan jarak sekitar 20 cm dari permukaan substrat kayu. Jika terlalu jauh maka akan menimbulkan permukaan kulit jeruk yang kasar. Jika terlalu dekat akan menimbulkan sagging dan cat yang menetes karena terlalu tebal.
  • Lakukan penyemprotan dari ujung permukaan hingga menyelimuti seluruh permukaan secara horizontal. dari samping kanan kiri kemudian dari atas bawah. Pada ujung aplikasi akan memberikan hasil yang tipis dan pada bagian tengah akan tebal.
  • Berikan lapisan tipis namun Anda bisa mengulangi aplikasi kembali hingga terjadi beberapa lapisan lacquer. Cara ini akan lebih mudah untuk menciptakan lapisan cat yang kuat.

Cat kayu lacquer dapat kering lebih dari satu setengah jam sebelum memberikan lapisan cat ulang. Jika ingin melapisi dengan lacquer ulang, amplas setiap lapisan secara ambang dengan kertas amplas 400. Bersihkan debu amplas kemudian lanjutkan dengan proses pengecatan ulang.

Lapisan akhir dari lacquer akan kering setelah 48 jam dan dua malam. Pastikan Anda membaca aturan pakai dan melihat berapa lama lapisan lacquer akan mengering sebelum furniture digunakan.

Apabila terjadi cacat pada finishing seperti sagging, Anda bisa mengamplas bagian yang rusak tersebut kemudian menambalnya dengan cat ulang. Cara ini lebih efektif dibandingkan harus mengecat ulang seluruh bagian furniture kayu.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here