Bagaimana Langkah Kerja Finishing Bakar dengan Wood Stain?

40
Bagaimana Langkah Kerja Finishing Bakar dengan Wood Stain?

Bisakah Anda menggunakan wood stain untuk aplikasi finishing tampilan kayu terbakar tanpa menggunakan api sungguhan? Tentu saja Anda bisa melakukannya dengan mudah. Kini melakukan finishing bakar tanpa menggunakan api sangat banyak dilakukan di kalangan DIY.

Tanpa harus melakukan banyak hal ini Anda hanya menyediakan bahan finishing seperti wood stain dan clear coat atau top coat. Hanya dengan bahan tersebut Anda bisa melakukannya sendiri. Namun perlu diingat bahan terbaik untuk digunakan adalah cat kayu water based.

Bahan water based akan membuat furnitur dengan hasil bakar tampak lebih transparan tanpa efek menguning atau putih karena formalin dan kering yang tidak sempurna. Bahan finishing water based juga salah satu bahan direkomendasikan karena kemudahannya diaplikasikan.

Bagaimana Langkah Kerja Finishing Bakar dengan Wood Stain?
Kayu ash yang juga cocok untuk finishing bakar karena seratnya yang indah.

Alat untuk aplikasi juga tidak sulit Anda hanya membutuhkan kain bersih dan juga kuas spon. Alat ini akan membuat cat membentuk serat kayu seolah-olah terbakar dan Anda tidak perlu menggunakan api.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan finishing bakar hanya dengan wood stain.

  • Siapkan kayu yang akan digunakan. Pilih jenis kayu yang akan menimbulkan serat kayu menarik. Pilihan seperti kayu jati belanda akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda. Pastikan kayu sudah diamplas dan memiliki permukaan yang halus. Kayu juga harus kering dengan MC kayu standar sehingga tidak menimbulkan jamur di kemudian hari. Jika terdapat bekas jamur blue stain hilangkan menggunakan bahan pemutih kayu seperti White Agent 250.
  • Aplikasikan wood stain dengan warna gelap. Disarankan untuk menggunakan Biovarnish wood stain papua rose. Warna gelap dari papua rose akan memberikan kesan kayu yang telah dibakar. Gunakan perbandingan campuran dengan air sebanding yaitu 1 bahan ; 1 air kemudian aduk hingga rata.
  • Kuaskan wood stain dengan kuas sponge ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Pastikan semua bagian tertutup. Sebelum cat mengering gunakan lap yang sudah dibasahi kemudian hilangkan bagian kelebihan cat hingga rata. Lakukan dalam satu usapan searah serat kayu. Maka Anda bisa langsung melihat efek terbakar pada serat kayu.
  • Tunggu cat atau wood stain mengering biasanya membutuhkan waktu 60 menit bahkan lebih cepat. Setelah kering Anda bisa mengaplikasikan clear coat matte yang akan memberikan tampilan lebih natural. Disarankan untuk menggunakan Biovarnish clear coat matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian kuaskan secara merata dengan kuas sponge.
  • Untuk bisa menggunakan furnitur kayu tunggu lapisan akhir ini mengering hingga semalaman atau sekitar 24 jam. Lapisan film akan mengeras dan melindungi lapisan wood stain di bawahnya agar tidak mudah rusak.

Kunci keberhasilan dari aplikasi ini selain pemilihan bahan adalah teknik pengaplikasian. Anda harus mengaplikasikan cat sesuai arah serat kayu namun ketika Anda menghapuskan cat menggunakan kain lakukan beralawanan arah serat.

Cara tersebut dimaksudkan agar wood stain tersisa hanya pada serat kayu dan tidak lebih. Anda juga perlu melakukannya dengan sabar. Jika Anda perlu berlatih lakukan. Jangan ragu untuk berlatih berulang kali hingga Anda mendapatkan warna dan juga hasil yang sesuai.

Kini proses finishing dengan teknik bakar tidak lagi bergantung dengan menggunakan api sungguhan. Bahkan Anda bisa menggunakannya hanya dengan alat sederhana dan juga bahan yang aman ramah lingkungan.

Lakukan finishing menyenangkan ini bersama dengan keluarga Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here