Begini Caranya Memperbaiki Furnitur Kusam dengan Cat Pengkilap Kayu

202
Begini Caranya Memperbaiki Furnitur Kusam dengan Cat Pengkilap Kayu

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana furnitur kayu, tidak peduli seberapa baik Anda melindunginya, bisa menjadi kusam dan pudar seiring waktu berjalan? Jangan terlalu khawatir, karena ini adalah proses alami yang tidak dapat Anda hindari.

Untungnya, mengembalikan perabotan kayu yang kusam dan pudar adalah tugas yang cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk sederhana ini dengan menggunakan cat pengkilap kayu yang tepat.

  • Siapkan area kerja. Langkah pertama dalam memulihkan perabotan kayu yang kusam dan pudar adalah benar-benar menyiapkan area tempat Anda akan bekerja. Karena Anda kemungkinan akan bekerja dengan cat pengkilap kayu. Anda akan melakukan perawatan yang tepat untuk memastikan Anda memilih area yang berventilasi baik dan Anda dapat dengan mudah membersihkannya. Satu area di rumah Anda yang mungkin ingin Anda kerjakan adalah garasi. Letakkan beberapa kain pelapis untuk membantu melindungi garasi dan furnitur.
  • Begini Caranya Memperbaiki Furnitur Kusam dengan Cat Pengkilap KayuBersihkan kayu. Sebelum Anda dapat mengembalikan perabotan kayu yang kusam dan pudar, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Bersihkan kayu sebaik Anda bisa menggunakan kain basah yang lembut. Anda mungkin ingin menggunakan bahan pembersih yang bagus untuk membantu Anda juga, meskipun Anda tidak perlu menggunakan jenis cat apa pun saat ini. Anda dapat membuat bahan pembersih buatan sendiri yang baik dengan mencampur tiga bagian air ke satu bagian cuka putih. Basahi kain pembersih dengan itu, dan kemudian mulai mengelap perabotan. Biarkan perabotan benar-benar kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Lepaskan kayu. Sering kali furnitur kayu tua memiliki beberapa jenis shellac, sealant, cat, atau noda yang perlu dilucuti sebelum Anda benar-benar dapat mengembalikannya. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa metode yang lebih umum membutuhkan bahan kimia untuk menghilangkan cat atau noda lama. Metode lain adalah untuk menghilangkan lapisan penutup yang lama, meskipun metode ini bisa sangat padat karya. Jika Anda menggunakan metode kimia, pastikan Anda membaca, mengerti, dan ikuti petunjuk yang menyertainya dengan hati-hati.
  • Jika perlu, amplas. Setelah Anda memiliki perabotan kayu kembali ke keadaan alami, tanpa noda, perhatikan baik-baik. Periksa untuk memastikan tidak ada tambalan kasar, retakan, serpihan, atau jenis kerusakan lainnya. Jika ada, Anda mungkin perlu melihat pengamplasan area untuk membantu membuat permukaan sehalus mungkin.
  • Pilih dan terapkan produk. Jika Anda belum memilih produk cat pengkilap kayu yang ingin Anda gunakan, inilah saatnya untuk memilih salah satu. Taruhan terbaik Anda adalah menggunakan produk yang secara khusus sesuai untuk jenis kayu yang Anda kerjakan. Baca dengan cermat petunjuk yang menyertai produk, dan pastikan Anda memahaminya. Ikuti petunjuk saat Anda menerapkan produk untuk memastikan bahwa Anda mengurangi kemungkinan kesalahan apa pun.
  • Lindungi kayu. Setelah Anda mengembalikan kayu, sekarang saatnya untuk melindunginya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengecat ulang kayu. Langkah yang agak sederhana ini (yang dilakukan dengan cara yang sama seperti mengecat kayu) dapat membantu memastikan bahwa kayu Anda mempertahankan tampilan yang dipulihkan untuk waktu yang lebih lama. Ada berbagai jenis sealant yang bisa Anda gunakan; itu cukup banyak tergantung pada pilihan pribadi, jenis kayu yang Anda gunakan, atau bahkan tujuan furnitur.
CS Biovarnish

Ketika Anda telah menyelesaikan proyek perbaikan furnitur Anda, saatnya untuk membersihkan semuanya. Berhati-hatilah saat Anda menyingkirkan sealant, noda, dan produk kimia lainnya yang mungkin Anda gunakan. Barang-barang ini sering membutuhkan perawatan khusus ketika disimpan, karena dapat mudah terbakar atau beracun dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah jika Anda tidak berhati-hati.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here