Belajar Mengecat Furniture Kayu Sendiri

181

Memulai proyek finishing sendiri tidaklah sulit. Siapa saja bisa mengecat baik itu anak-anak, ibu rumah tangga bahkan Anda. Tidak ada kata sulit jika Anda sudah pernah melakukannya sekali. Mengecat adalah kegiatan yang menyenangkan bahkan bisa dilakukan bersama dengan anak-anak.

Apa kunci keberhasilan dalam mengecat? Anda tidak perlu untuk mengecat seperti profesional karena ini adalah proyek yang akan dilakukan untuk mengisi waktu luang, ingin memperbaiki furniture di rumah sendiri atau berbagai macam alasan lainnya.

CS Biovarnish

Jika Anda sedang memulainya, maka pilih bahan finishingnya. Apakah cat yang akan Anda gunakan? Hasil seperti apa yang diinginkan? Sangat disarankan untuk mengaplikasikan pernis terlebih dahulu sebagai bahan pembelajaran. Pernis adalah cat yang mudah diaplikasikan yakni dengan kuas dan cara aplikasinya sangat cepat.

Pilihlah pernis kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Bahan pelarut air tidak akan mempersulit Anda untuk mendapatkan larutan yang tepat. Bahkan tidak perlu lagi berurusan dengan bau menyengat yang mengganggu pada saat proses aplikasi berlangsung.

Sudah siap untuk belajar mengecat furniture kayu sendiri di rumah? Berikut ini langkah-langkah mudahnya.

  • Siapkan area

Untuk mengecat, Anda harus mempersiapkan area kerja. Apakah area kerja dengan cat water based yang bagus? Ruangan haruslah bersih, memiliki sirkulasi udara yang baik dan terang. Anda akan merasa kesulitan untuk mengecat dalam kondisi gelap. Jika mengecat di malam hari pastikan lampu terang dan berada di sudut yang tepat. Siapkan meja kerja dan area kerja.

Belajar Mengecat Furniture Kayu Sendiri
Cara mengecat dengan kuas

Apabila Anda tidak ingin area kerja kotor, berikan alas koran dan plastik yang lebar sebagai alas furniture. Cara ini untuk mencegah cat menetes ke lantai dan mengotori. Jangan nyalakan kipas selama bekerja, debu akan mudah menempel pada cat yang masih basah.

  • Siapkan material

Apakah furniture kayu Anda sudah siap? Jangan sampai furniture masih kotor dan berminyak. Furniture harus bersih dan kering, usahakan Anda telah mengamplas seluruh permukaan furniture menggunakan amplas kasar sekitar nomor 180 hingga 220. Gunakan rabaan tangan untuk memastikan kayu sudah rata dan halus.

Jika Anda menemukan banyak bekas cacat pada kayu seperti lubang atau goresan gunakan wood filler untuk mengisi bagian tersebut. Pilih wood filler yang memiliki warna senada dengan kayu. Pilih wood filler yang terbuat dari bahan air agar lapisan cat water based di atasnya bisa menempel dengan baik.

  • Mulai Mengecat

Kini setelah material dan area kerja telah siap mulailah untuk mengecat. Campurkan pernis dengan air. Ikuti takaran dan perbandingan jumlah air dan bahan sesuai yang tertera pada kemasan cat. Aduk rata dan campurkan pada wadah bersih seperti gelas plastik. Gunakan kuas sebagai permulaan.

Celupkan kuas ⅓ bagian ujung bulu kuas, kemudian hilangkan sisa kelebihan cat pada bibir gelas. Mulai gunakan bulu kuas untuk menyapu permukaan furniture kayu. Gunakan sudut 45 derajat saat menyapukan kuas dari permukaan kayu. Sapukan searah serat kayu dalam satu kali sapuan kuas.

Jika cat sudah habis dari bulu kuas, celupkan kuas kembali dan ulangi teknik yang sama. Pastikan seluruh sapuan kuas mengikuti serat kayu. Apabila sudah rata diamkan furniture selama satu jam. Pernis akan mengering dengan sendirinya. Amplas permukaan furniture kayu dan ulangi aplikasi pernis.

Anda bisa mengulangi aplikasi pernis hingga beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang sesuai baik dari warna dan kerataan. Jika sudah kering benar furniture kayu sudah siap untuk digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here