Bisakah Kayu Mahoni Dicat Warna Jati?

205
Bisakah Kayu Mahoni Dicat Warna Jati?

Banyak yang menanyakan apakah kayu mahoni bisa diberikan warna kayu jati? Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang menyukai warna kemerahan dari kayu mahoni. Di sisi lain kekuatan kayu mahoni dan harganya yang murah dibandingkan kayu jati adalah alternatif yang paling baik.

Kayu mahoni adalah jenis kayu kelas II hingga III yang kuat namun tidak tahan terhadap serangan hama rayap dan juga jamur. Jika Anda melihat bagaimana dengan seratnya jelas berbeda dengan serat kayu jati. Kayu mahoni memiliki serat lurus dan berpadu.

CS Biovarnish

Anda bisa mengubahnya menjadi warna kayu jati namun Anda tidak bisa mengubah serat kayu alami dari mahoni. Bagaiman caranya dan apakah sulit? Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Bagaimana dengan kayu mahoni yang berwarna merah menjadi warna kayu jati? Kunci keberhasilannya berada pada pemutihan kayu. Ya warna kayu mahoni bisa diputihkan dengan bahan bleaching kayu. Namun Anda tidak bisa sembarangan memilih bleaching karena salah memilih bleaching justru akan merusak serat kayu.

Bleaching paling aman yang bisa digunakan adalah belaching water based. Syaratnya adalah Anda perlu membuat campuran dengan sedikit air dan juga melapisinya berulang-ulang sehingga warna kemerahan dari kayu mahoni memudar atau menjadi terang.

Untuk aplikasinya Anda perlu menyiapkan bleaching water based yang telah dicampur air. Anda bisa menggunakan 50% air dari bahan yang digunakan. Proses aplikasi harus menggunakan sarung tangan karena walaupun bleaching water based sifatnya tetap keras.

Proses aplikasinya bisa menggunakan kuas atau direndam tergantung dengan ukuran kayu mahoni. Jika memungkinkan untuk direndam Anda bisa merendamnya kurang lebih 1 jam agar obat bereaksi. Namun jika Anda ingin menguaskan tentu saja boleh pastikan semua larutan bleaching mengenai permukaan kayu mahoni.

Selanjutnya menunggu hasilnya. Setiap lapisan harus ditunggu kering sekitar 4 jam. Karena menggunakan bahan bleaching water based sebaiknya Anda tidak menjemurnya. Bleaching water based akan bekerja dengan baik tanpa dijemur.

Anda bisa mengulangi aplikasi bleaching jika warna sudah sesuai dengan yang diharapkan dan warna kemerahan tidak muncul kembali. Pada langkah terakhir Anda hanya perlu mengaplikasikan cat kayu warna jati.

Bisakah Kayu Mahoni Dicat Warna Jati?
Kayu mahoni yang telah dibleaching dan difinishing warna jati

Gunakan juga cat kayu warna jati water based agar hasil lebih maksimal. Namun sebelum aplikasi pastikan kayu mahoni memiliki MC standar yakni 12% agar tidak merusak lapisan cat kayu dan menimbulkan jamur. Pilih cat kayu warna jati yang terdiri dari wood filler, wood stain dan juga top coat.

Aplikasikan wood filler dengan warna jati agar memertajam warna wood stain di atasnya nanti. Anda bisa menggunakan pisau palet untuk aplikasi dan tunggu kering. Tutup permukaan kayu yang berlubang dengan wood filler dan amplas jika sudah kering. Pastikan serat kayu terlihat dan dasaran warna kayu jati merata.

Langkah selanjutkan aplikasikan wood stain warna jati yang sudah dicampur dengan air. Kuas atau semprot sesuai anjuran pakai pada kemasan cat. Tunggu kering dan lanjutkan dengan amplas ambang hingga halus. Jika warna jati kurang tua Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali hingga mendapatkan warna yang sesuai.

Terakhir adalah aplikasi top coat. Campurkan top coat dengan air kemudian kuas atau semprotkan. Tunggu lapisan kering selama semalaman sebelum kayu digunakan. Pastikan cat sudah benar-benar kering untuk menghindari cacat finishing pada cat yang masih basah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here