Cara Aplikasi Dempul Yang Salah Berdampak Buruk Pada Finishing. Berikut Langkah Yang Benar

497

Furniture akan tampil lebih rap asal cara aplikasi dempul dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana kah aplikasi dempul yang benar ?

Furniture merupakan salah satu komponen ruang yang berfungsi untuk menaruh barang atau juga sebagai penghias ruangan. Tentu tampilannya yang indah juga sangat berpengaruh pada suasana ruangan. Tidak jarang, ketika melakukan finishing menemukan cacat pada permukaan kayu atau pori-pori pada permukaan kayu sangat terlihat. Untuk mengatasi masalah tersebut,, biasanya menggunakan dempul untuk menyamarkan cacat permukaan kayu.

Masalah ditemui ketika tampilan furniture tidak begitu rapi karena aplikasi dempul yang kurang tepat. Cara aplikasi dempul yang tidak benar akan menampilkan pori-pori atau lubang kayu belum tertutup sempurna bahkan dempul akan bergelembung. Maka dari itu, aplikasi dempul juga perlu diperhatikan.

Langkah Finishing Dengan Cara Aplikasi Dempul Yang Benar

Cara aplikasi dempul yang kurang tepat memang akan berdampak buruk pada tampilan furniture. Maka dari itu, agar tidak salah saat mengaplikasikan dempul. Berikut adalah langkah mudah mengaplikasikan dempul pada saat finishing:

  • Sebelum mengaplikasikan dempul, alangkah baiknya ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu atau minyak yang masih tertempel pada permukaan kayu.
  • Aplikasikan dempul dengan cara scrape menggunakan pisau atau alat khusus dempul searah serat kayu.
  • Setelah mengering, ampelas kembali permukaan kayu terutama pada bagian-bagian yang telah diaplikasikan dempul.
  • Lakukan langkah di atas sampai pori-pori atau cacat pada permukaan kayu tertutup sempurna.

Alangkah baiknya, menggunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan. Pada umumnya, dempul yang di jual di pasaran merupakan dempul solvent based. Demul tersebut menggunakan bahan pelarut minyak seperti thinner, methanol, dan turunan minyak lainnya. Karena kandungan kimia dan VOC-nya yang sangat tinggi, disarankan untuk tidak menggunakan dempul solvent based pada penggunaan aplikasi finishing. Disarankan menggunakan dempul water based yang cenderung aman dan ramah lingkungan.

Dempul water based di Indonesia yang dapat Anda gunakan adalah BioColours Wood Putty. Dempul water based Wood Putty menggunakan bahan yang khusus diformulasikan dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA).  Dempul tersebut sangat cocok diaplikasikan pada media kayu solid, mdf, pywood, rotan dan bambu. Memiliki daya tutup yang baik, solid content dan daya rekat yang tinggi, mudah diampelas serta cepat kering. Sehingga direkomendasikan menggunakan dempul water based ini karena memiliki standar sesuai dengan standarisasi keamanan internasional.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap mengenai dempul BioColours Wood Putty, silahkan menghubungi Bio Industries via telp. ke no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya silahkan mengunjungi langsung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta. Tidak hanya dempul, Bio Industries juga menyediakan berbagai cat, untuk cat solid water based silahkan menggunakan Orchid Enamel Paint yang memiliki varian warna sesuai kebutuhan Anda, dayar rekat filmnya bagus, mudah sekali untuk diaplikasikan. Atau Anda membutuhkan perawatan untuk furniture silahkan menggunakan BioCide Surface Film Preservative untuk mengatasi jamur permukaan pada furniture Anda.

Dengan ulasan di atas semoga memudahkan Anda untuk mengetahui cara aplikasi dempul yang benar pada furniture. Disarankan menggunakan dempul water based yang aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here