Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water Based

161
Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water Based

Kayu jati adalah jenis kayu yang paling didambakan dengan harga yang tidak murah. Membeli kayu jati bisa mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah. Kekuatan dan keawetan kayu jati menjadi andalan yang tidak bisa dipungkiri. Namun walaupun kayu jati kuat dan awet dibutuhkan pengisi pori kayu untuk finishingnya.

Pengisi pori kayu ini dikenal dengan wood filler untuk hasil finishing natural transparan. Pada banyak macam hasil finishing pada kayu jati, namun hasil finishing natural transparan tetap menjadi favorit yang tidak akan dilupakan.

Finishing warna natural akan memperlihatkan warna kayu, serat kayu serat keindahan lainnya dari furniture kayu jati. Wood filler adalah salah satu komponen bahan finishing yang paling mudah digunakan. Terdapat dua fungsi dari wood filler yakni menutup pori kayu dengan ukuran partikel yang kecil dan juga untuk mempertajam warna natural kayu jati.

CS Biovarnish

Sebagian besar orang masih bingung memilih jenis wood filler apakah yang terbaik untuk digunakan. Beberapa pengrajin biasanya menciptakan wood filler sendiri. Sayangnya wood filler buatan sendiri ini tidak bisa dipastikan kekuatan dan ketahanannya. Wood filler water based justru menjadi pilihan terbaik sebagai wood filler modern.

Cara dempul kayu jati menggunakan wood filler pada banyak cara, semua itu tergantung dengan kerusakan and permukaan kayu jati. Berikut ini beberapa cara yang bisa dipelajari dalam menggunakan wood filler pada kayu jati dengan mudah:

  • Permukaan rata dan datar

Apabila Anda menemukan furniture kayu jati yang datar dan rata misal seperti lemari menggunakan kain dan juga air. Pertama-tama larutkan wood filler dengan sedikit air dan aduk sampai merata. Setelah itu celupkan ujung kain katun yang bersih dan kering. Lanjutkan dengan mengusapkan ke seluruh permukaan kayu jati yang datar. Usapkan sambil ditekan agar wood filler masuk ke dalam por kayu.

Cara mengusap bisa memutar atau searah serat kayu. Apabila sudah merata tunggu wood filler kering. Lanjutkan dengan pengamplasan.

  • Permukaan berlubang kecil

Seringkali permukaan kayu jati timbul cacat seperti goresan yang cukup dalam dan bekas paku kecil. Lubang-lubang ini perlu diisi dengan wood filler. Apabila lubang berukuran kecil maksimal berukuran 2 mm maka wood filler dapat digunakan. Cara dempul kayu jati ini adalah menggunakan pisau pallet, wood filler tidak perlu dicampur dicampur dengan air.

Isi seluruh lubang hingga penuh menggunakan wood filler water based. Lakukan hingga merata dan lubang tidak terlihat. Tidak masalah isi wood filler banyak karena nanti akan dihaluskan dengan amplas. Tunggu wood filler kering baru di amplas hingga warna kayu dan wood filler sama serta merta.

  • Permukaan berlubang besar
Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water Based
campuran pasta wood filler dan serbuk kayu bsudah dibentuk bulat

Adapun ukuran kerusakan pada permukaan kayu jati yang besar. Kerusakan ini bisa diakibatkan oleh rayap dan luka goresan yang terlalu dalam. Cara paling mudah untuk memperbaikinya adalah menggunakan serbuk kayu jati. Ciptakan serbuk kayu jati yang halus kemudian buatlah adonan yakni serbuk yang dicampur dengan wood filler. Ciptakan adonan hingga berbentuk pasta dan dapat digunakan untuk mengisi lubang tersebut.

Bentuk bulatan and isi lubang dengan adonan serbuk kayu dan wood filler. Ratakan wood filler yang sudah dicampur dengan air seperti cara pertama ke seluruh permukaan kayu jati. Mulailah dengan mengamplas ke seluruh permukaan kayu jati hingga halus dan lubang tidak terlihat.

Cara-cara ini adalah cara umum yang paling mudah bahkan banyak dilakukan oleh para profesional. Bagi Anda para DIY bisa mencobanya di rumah untuk jenis kayu lainnya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here