Cara Desain Perpustakaan Pribadi Yang Menarik dan Tidak Membosankan

925
Cara Desain Perpustakaan Pribadi Yang Menarik dan Tidak Membosankan

Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, pastinya menginginkan perpustakaan pribadi di rumah Anda. Ruang perpustakaan pribadi yang menarik dan juga rapi pastinya akan membuat Anda merasa tidak jenuh atau bosan ketika sedang membaca di ruang perpustakaan. Mendesain sebuah perpustakaan pribadi pastinya juga akan membutuhkan ide dan juga gagasan yang unik. Konsep yang matang juga akan dibutuhkan dalam mendesain sebuah ruangan agar hasilnya sempurna.

Bagaimana mendesain sebuah perpustakaan pribadi di rumah agar menarik dan tidak membosankan? Simak tips berikut ini.

  1. Tentukan terlebih dahulu area perpustakaannya
CS Biovarnish

Cara Desain Perpustakaan Pribadi Yang Menarik dan Tidak Membosankan

Menentukan area untuk perpustakaan merupakan hal yang tidak mudah. Dalam hal ini Anda harus menentukan apakan perpustakaan yang Anda buat minimalis atau perpustakaan dengan ukuran yang cukup luas. Perpustakaan minimalis pastinya juga membutuhkan beberapa perabotan yang minimalis pula. Untuk ruang perpustakaan, maka Anda juga harus memilih ruangan yang benar-benar nyaman dan juga jauh dari kebisingan. Anda perlu untuk konsentrasi ketika membaca di perpustakaan.

  1. Tentukan tema yang ingin ditonjolkan untuk perpustakaan

Menentukan tema berkaitan dengan penentuan warna untuk perpustakaan Anda. Warna yang biasa digunakan untuk sebuah ruang perpustakaan adalah warna yang netral, seperti warna putih. Warna putih ini memiliki kesan ruangan yang bersih dan juga apabila Anda memiliki ruangan yang sempit, warna putih akan memberikan efek atau nuansa yang lebih luas apabila dipadukan dengan pencahayaan yang baik.

  1. Pilih rak buku yang menarik

Cara Desain Perpustakaan Pribadi Yang Menarik dan Tidak Membosankan

Perabotan yang paling penting untuk sebuah perpustakaan adalah rak buku. Koleksi buku Anda akan terlihat lebih rapi dan juga cantik apabila Anda menempatkannya dengan rapi di rak buku Anda. Untuk rak buku perpustakaan ini, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan ukuran dari ruangan. Ada berbagai desain rak buku yang menarik yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Pilih rak buku yang cocok dengan Anda. Anda juga dapat memanfaatkan bagian dari langit-langit ruangan Anda untuk dijadikan sebagai rak buku agar perpustakaan Anda terlihat lebih indah dan modern.

  1. Atur buku agar rapi

Perpustakaan yang rapi pastinya akan berawal dari penataan buku yang rapi pada tempatnya. Atur penataan buku Anda sesuai dengan jenis, ukuran, atau warna. Selain itu Anda juga dapat mensortir buku-buku yang sudah tidak Anda perlukan lagi atau buku yang sudah usang. Koleksi buku-buku lama Anda semakin lama akan menumpuk, bahkan mungkin juga akan mulai rusak. Oleh karena itu, Anda perlu memilah-milah koleksi buku-buku Anda agar tidak membuat kesan ruang perpustakaan yang terlalu penuh dan merusak keindahan perpustakaan Anda.

  1. Buat katalog

Membuat katalog juga sangatlah penting untuk menciptakan suatu nuansa perpustakaan yang indah dan rapi. Membuat katalog ini dapat Anda lakukan atau kreasikan sendiri agar ruangan perpustakaan Anda juga lebih menarik. Anda juga tidak perlu untuk membuat katalog yang sama persis dengan seperti di perpustakaan pada umumnya, akan tetapi Anda juga dapat membuatnya sesuai dengan kreasi Anda agar buku dapat terorganisir dengan baik.

  1. Pencahayaan yang tepat

Faktor lain yang harus ada pada perpustakaan adalah pencahayaan yang cukup. Membaca memerlukan cahaya yang terang agar tidak merusak mata. Pilih lampu dengan warna putih yang sekiranya dapat menyinari seluruh bagian dari perpustakaan Anda.

Demikian beberapa tips yang mudah untuk mendesain sebuah perpustakaan pribadi di rumah Anda. Kreasikan ide Anda menjadi sebuah ruang membaca yang dapat memotivasi Anda dan juga memberikan semangat kepada Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here