Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

602
Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

Bagaimanakah cara finishing kayu jati belanda hanya menggunakan kuas? Simak tips dan langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Kayu jati belanda merupakan kayu yang paling banyak digunakan untuk membuat furntiure dikarenakan mudah dibentuk dan juga lunak. Kayu ini juga mudah untuk anda dapatkan. Salah satu proses akhir dari sebuah pekerjaan furniture adalah finishing. Finishing dengan proses yang tepat akan menghasilkan furniture yang cantik dan juga indah.

Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

CS Biovarnish

Ada berbagai cara finishing untuk sebuah furniture, contohnya adalah menggunakan kuas. Tahap finishing hanya dengan kuas ini dapat anda lakukan di rumah tanpa harus menyewa jasa tukang bangunan. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini cara finishing kayu jati belanda dengan mudah untuk inspirasi anda?

Langkah Mudah Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

  1. Persiapkan alat dan juga bahan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan juga bahan yang akan anda perlukan untuk proses finishing pada kayu anda. Untuk hasil yang tebaik, maka gunakan kuas dengan kualitas yang bagus dan juga tahan lama. Alat dan juga bahan yang akan anda perlukan diantaranya adalah kuas, kayu jati belanda, amplas, bleaching.

  1. Amplas kayu

Agar proses finishing kayu anda lebih baik dengan hasil yang maksimal, maka amplas terlebih dahulu kayunya. Untuk pengamplasan ini anda dapat menggunakan mesin atau menggunakan amplas seperti bahan dari kertas yang kasar. Apabila anda menginginkan hasil yang lebih ceoat, maka gunakan amplas mesin. Pengamplasan ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun perlu beberapa kali sampai lapisan pada kayu jati anda menjadi terlihat halus dan tidak ada bagian yang berbeda atau tidak rata.

  1. Tambal bagian kayu yang berlubang

Jika anda menemukan ada bagian yang berlubang, maka sebaiknya anda meutup bagian berlubang tersebut terlebih dahulu. Anda dapat menyiapkan bahan seperti lem fox dan juga gergajian kayu. Campurkan bahan-bahan tersebut kemudian tempelkan pada bagian yang berlubang pada kayu anda. Ratakan dan biarkan sampai mengering.

  1. Pengamplasan kembali

Setelah semua bagian berlubang anda tutupi, maka sekarang anda harus melakukan proses pengamplasan kedua. Proses pengamplasan pada kali ini dapat memakai bahan amplas yang sama seperti pada proses pengamplasan pertama. Amplas kembali bagian kayu yang sudah ditutupi atau bagian yang lainnya sampai semua bagian kayu rata.

  1. Pastikan kayu yang akan finishing kering

Untuk memulai proses berikutnya, maka kayu yang anda akan finishing harus dipasikan kering, bersih dan juga rata. Lap dengan menggunakan kain bersih kayu anda agar tidak ada noda atau sisa gosokan kayu yang menempel.

  1. Siapkan wadah cat

Tahapan terakhir adalah persiapkan cat yang anda inginkan. Siapkan pula wadah cat. Pilih wadah yang mudah untuk pengambilan catnya dengan kuas. Encerkan cat sesuai dengan prosedur yang tertera pada kemasan catnya. Pastikan untuk memilih jenis cat yang mudah diaplikasin, seperti pernis water based. Selain mudah diaplikasikan, juga lebih aman dan ramah lingkungan.

  1. Aplikasikan cat dengan kuas

Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

Pernis yang sudah anda encerkan, ambil dengan kuas dan ratakan pada semua bagian kayu yang sudah anda siapkan. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat atau lupa. Aplikasikan pernis secara horizontal atau secara vertikal. Diamkan biar kering. Setelah kering, amplas ringan kemudian aplikasikan clear coat sebagai lapisan penutup.

Tips agar hasil lebih sempurna. Gunakan bleaching sebelum proses finishing dilakukan. Kayu jati belanda banyak mengandung blue stain dan juga alur minyak yang dapat membuat proses pewarnaannya sulit. Nah, gunakan bleaching khusus untuk kayu jati belanda agar noda atau alur minyak pada kayunya tidak terlihat.

Demikian cara finishing kayu jati belanda dengan mudah menggunakan kuas. Cari inspirasi atau ide menarik yang lainnya untuk anda jadikan sebagai referensi anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here