Cara Finishing Kayu Natural dengan Cat Water Based

190
Cara Finishing Kayu Natural dengan Cat Water Based

Menggunakan cara finishing kayu dengan cat water based adalah pilihan yang tepat. Jenis cat yang sering disebut dengan pernis ini memiliki beberapa keunggulan khususnya di bidang keamanan dan kesehatan lingkungan.

Bahan finishing diperlukan untuk melindungi kayu dari kerusakan air, kotoran, noda, dll. Anda dapat menggunakan pernis baik langsung ke kayu atau di atas wood stain setelah kering. Cara ini selalu lebih baik, yaitu lebih menarik dan protektif, menggunakan wood stain water based yang dikemas secara terpisah daripada kombinasi wood stain dan pernis, yang hanya berupa wood stain dengan sedikit binder di dalamnya.

Jadi ada dua produk yang perlu Anda gunakan untuk mengecat hasil warna natural yaitu wood stain dan juga pernis. Wood stain sendiri akan memberikan warna pada furnitur kayu dengan hasil natural dan serat kayu akan tetap tampak.

CS Biovarnish

Cara Finishing Kayu Natural dengan Cat Water BasedKetika Anda akan menggunakannya selalu siapkan kuas, wadah untuk mencampurkan cat, kuas dan juga lap. Anda bisa memilih menggunakan kuas saja atau menggunakan teknik wipping yaitu menuaskan kemudian menggunakan lap kering untuk meratakan cat saat masih basah. Penggunaan kuas yang tepat akan membantu Anda menghasilkan tampilan bebas brush mark. Selalu gunakan kuas nylon untuk aplikasi dengan cat kayu transparan water based.

Nah untuk memulai finishing sebaiknya persiapkan kayu dengan benar. Kayu yang kotor dan permukaan kasar hanya akan menghasilkan permukaan yang tida rata. Amplas permukaan kayu dengan benar dan pastikan kayu kering agar tidak menimbulkan resiko jamur di kemudian hari.

Pilih warna wood stain sesuai kebutuhan Anda tentunya berbahan dasar air seperti pernis. Kemudian mulai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan wood stain pilihan Anda dengan sedikit air ke dalam gelas plastik atau tempat yang telah disediakan. Aduk di dalam wadah namun jangan menggunakan kuas, gunakan pengaduk jika tidak akan merusak kuas.
  2. Aplikasikan menggunakan kuas secara merata pastikan Anda mengaplikasikan searah serat kayu. Aplikasi searha serat kayu akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih rata dan pori kayu akan terisi dengan wood stain.
  3. Tunggu lapisan wood stain ini mengering dengan sendirinya kemudian mulai amplas ambang dengan amplas aluminium oxide no. 400. Amplas hingga halus dan bersihkan debu amplas.
  4. Siapkan pernis yang telah Anda campurkan dengan sedikit air. Aplikasikan secara merata seperti Anda mengaplikasikan wood stain tetap searah serat kayu.Setela itu diamkan kayu hingga mengering selama 24 jam.

Pengecatan menggunakan cat water based akan lebih mudah daripada yang telah Anda bayangkan Bahan akan lebih mudah dan juga lebih cepat untuk mengering tanpa Anda harus menjemurnya di bawah panas matahari langsung.

Penguapan bahan pelarut air akan dapat terjadi hanya dalam ruangan kering dengan suhu normal dan sirkulasi udara yang baik. Air akan sangat mudah menguap dan lapisan pernis atau wood stain akan menempel pada pori kayu dan menimbulkan lapisan film yang kuat.

Warna yang dihasilkan pun sempurna, Anda akan mendapatkan hasil finishing dengan warna natural transparan dengan serat kayu yang tampak dengan sangat baik, hasil glossy akan mengurangi adanya goresan yang timbul.

Berbeda dengan cat solvent, transparansi dari cat water based tidak akan berubah menjadi kuning karena kandungan formalin tidak terlalu banyak dan tidak menghasilkan efek menguning. Ketika Anda menggunakan bahan ini maka tingkat transparansi akan tetap terjaga selama bertahun-tahun.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here