Cara Mendempul Kayu Jati Yang Tepat

1297

Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal pada furniture kayu jati maka cara mendempul kayu jati dengan dempul yang tepat sangat penting untuk diperhatikan.

Kayu jati merupakan kayu yang tergolong mewah dalam dunia furniture. bahkan jenis kayu ini sangat banyak diminati oleh pengguna ataupun desainer interior. Kayu ini banyak dipilih karena teksturnya yang keras, tahan cuaca dan kuat. Kayu jati tidak hanya dapat digunakan untuk furniture saja melainkan juga kebutuhan lainnya seperti decking, bantalan rel ataupun perabotan rumah tangga lainnya.

Kadangkala kayu jati juga mengalami kerusakan karena cuaca atau usia. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu cara mendempul kayu jati yang tepat agar tampilan lebih sempurna.

Cara Mendempul Kayu Jati

Pohon jati pada awalnya hanya berkembang di empat negara yaitu Laos, Myanmar, Thailand dan India. Saat ini kayu jati sudah banyak dijumpai di berbagai negara termasuk Indonesia. Pohon jati memiliki kegunaan yang paling penting pada bagian batang kayunya. Seratnya yang rapi dan tekstur kayunya yang kuat dan tahan cuaca sehingga banyak dipilih untuk berbagai kebutuhan furniture, flooring, decking ataupun perabotan lainnya.

Kayu jati memiliki serat sekaligus pori-pori yang halus namun kadangkala furniture dengan kayu jati tidak memerlukan vernis untuk melapisi kayu tersebut. selain itu, kayu ini juga tahan terhadap serangan jamur dan serangga sehingga tidak dilapisi cat pun kayu akan tetap aman. Namun, kadangkala terdapat bagian-bagian yang rusak karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah iniĀ  maka cara mendempul kayu jati dengan dempul yang tepat dapat menyamarkan cacat kayu dengan sempurna.

Untuk mempermudah finsihing berikut cara mendempul kayu glugu yang benar dan tepat:

  1. Ampelas permukaan media yang harus dilapisi dempul
  2. Larutkan dempul hingga kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Aplikasikan dempul menggunakan pisau palet ke seluruh bagian permukaan kayu atau beberapa bagian yang cacat saja.
  4. Tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit, kemudian ampelas kembali

Dempul kayu bisa Anda dapatkan di seluruh toko-toko cat atau bangunan di Indonesia. dempul sendiri memiliki berbagai varian merk sehingga Anda harus jeli dan teliti dalam memilih dempul untuk kebutuhan finishing Anda. Pada umumnya, dempul kayu yang tresebar di Indonesia adalah dempul dengan bahan dasar solvent. Dempul ini membutuhkan pelarut thinner atau spirtus guna melarutkan dempul sehingga lebih mudah diaplikasikan.

Dempul Kayu Yang Bagus Untuk Kayu Jati

Cara mendempul kayu jati harus dilakukan dengan benar dan teliti jika menginginkan hasil yang maksimal. Dempul kayu memiliki fungsi untuk menyamarkan atau memperbaiki cacat kayu serta menutup pori-pori kayu dengan sempurna.

Sangat disarankan untuk menggunakan dempul kayu yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Anda dapat menggunakan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacatĀ  pada kayu jati. Gunakan Biovarnish Wood Filler Jati karena tampilan warnanya yang menyerupai kayu jati. Biovarnihs Wood Filler tidak hanya cocok digunakan pada kayu jati melainkan jenis kayu-kayu lainnya. Selain itu, dempul ini juga dapat digunakan untuk finishing pada MDF, plywood, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Dempul tersebut sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Kandungan VOC pada dempul ini sangat rendah sehingga tidak menimbulkan bau serta tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Cara mendempul kayu jati yang benar dapat mengasilkan warna yang tajam dan hasil yang maksimal. Gunakan dempul kayu yang memiliki kandungan yang aman dan ramah lingkungan agar tidak membahayakan kesehatan ataupun lingkungan sekitas Anda.

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here