Cara Mendempul Kusen Kayu

761

Cara mendempul kusen kayu yang tepat akan menghasilkan tampilan kusen lebih maksimal dan dapat menyamarkan cacat kayu sempurna.

Kusen merupakan komponen pada pintu atau jendela yang sangat penting untuk digunakan. Peran kusen sangat penting karena sebagai penyangga dari pintu atau jendela agar dapat berdiri dan dapat digunakan. Tampilan kusen dan pintu biasanya selaras, sampai saat ini pun tampilan kusen dan pintu yang sering digunakan adalah natural kayu.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu maka perlu cat kayu dengan warna transparan agar warna asli kayu lebih mencolok. Masalah yang sering dijumpai jika menggunakan warna natural kayu adalah sangat mudah memperlihatkan bagian cacat pada kayu. Maka dari itu, untuk menyamarkan cacat pada kayu tersebut perlu cara mendempul kusen kayu yang tepat.

Cara Mendempul Kusen kayu Yang Benar

Kayu yang digunakan pada kusen memiliki berbagai jenis sehingga usia ataupun ketahanan kayu pun berbeda-beda. Diantaranya sering dijumpai cacat kayu seperti lubang atau retak, hal ini biasanya disebabkan oleh 3 faktor diantaranya usia, cuaca dan hewan liar. Namun, kayu yang tidak mengalami cacat secara menyeluruh masih dapat digunakan. Pada umumnya, untuk mengatasi cacat tersebut perlu diaplikasikan dempul kayu.

Dempul kayu bertujuan untuk menyamarkan cacat kayu ataupun bekas dari paku pada kusen. Selain itu, fungsi dempul juga untuk menutup pori-pori kayu sehingga mempermudah proses finishing selanjutnya karena cat dapat melekat dengan sempurna pada permukaan. Dempul kayu yang sering digunakan adalah dempul dengan pelarut solvent seperti thinner atau spirtus. Dempul ini memang cepat kering dan memiliki hasil yang bagus namun jika dilihat dari segi kesehatan, dempul ini sangatlah berbahaya dan bahkan memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi.

Cara mendempul kusen kayu menggunakan dempul yang aman akan jauh lebih bagus karena tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan. Dempul tersebut merupakan dempul dengan bahan dasar air, Anda tidak perlu menggunakan bahan pelarut thinner atau sejenisnya namun hanya cukup menggunakan air secukupnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dempul kayu Biovarnish Wood Filler. Dempul ini jauh lebih aman dari dempul solvent based karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan bahkan kandungan bahannya telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US EPA dan ECHA. Adapun cara mendempul kusen kayu menggunakan Biovarnish Wood Filler sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu yang digunakan kering (MC<15%)
  2. Ampelas permukaan kayu menggunakan ampelas no. 240 atau 400 untuk menghilangkan debu atau kotoran lain yang masih menempel.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dicampur air secukupnya (sesuai kekentalan yang diinginkan) menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 20-30 menit, kemudian ampelas menggunakan ampelas no. 240
  4. Lanjutkan tahapan finishing selanjutnya

Cara mendempul kusen kayu dengan langkah diatas akan menghasilkan tampilan yang maksimal, untuk informasi atau pemesanan dempul Biovarnish silahkan menghubungi kontak berikut via WhatsApp 0822 1935 7399, atau invite BBM D69F36B

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here