Cara Mengecat dengan Cat Meni Kayu Anti Rayap untuk Hasil Indah

474
Cara Mengecat dengan Cat Meni Kayu Anti Rayap untuk Hasil Indah

Furniture akan tampak indah jika telah dilapisi oleh cat, dan apakah cat yang digunakan sudah memiliki bahan anti rayap? Keindahan furniture akan bertahan lama apabila cat yang digunakan dapat melindungi dari serangan rayap kayu. Rayap adalah hama yang akan merusak kayu jenis apapun yang digunakan di dalam rumah.

Satu-satunya cara adalah menggunakan cat meni kayu anti rayap. Cat ini adalah cat yang didesain khusus dengan bahan anti rayap yang akan membuat kayu yang tadinya berasa manis bagi rayap kemudian menjadi pahit. Khusus bagi kayu lunak yang tidak memiliki kandungan resin khusus yang tidak disukai rayap Anda bisa mengaplikasikannya beberapa kali lapisan.

CS Biovarnish

Hal ini supaya cat akan melindungi furniture dari serangan rayap. Lapisan cat meni kayu yang tebal dan kuat akan membuat furniture lebih tahan lagi dari serangan para rayap. Bagaimana cara aplikasi cat meni kayu yang benar tentu akan menentukan keberhasilan perlindungan. Jika salah aplikasi maka cat bisa saja tidak menyebar dan memberikan lapisan perlindungan yang baik.

Selain rayap, meni kayu juga memiliki fungsi lain yaitu menjaga agar getah dari kayu tidak naik dan menimbulkan efek warna belang pada furniture. Cat akan masuk ke dalam pori kayu sehingga menjaga agar getah kayu tidak naik. Cat meni ini memiliki istilah lain yaitu cat dasar kayu.

Pori kayu yang telah ditutup dengan meni kayu akan mempermudah lapisan cat di atasnya seperti pernis atau plitur memberikan hasil yang halus dan melekat dengan benar. Nah berikut ini cara aplikasi cat meni kayu anti rayap yang sudah banyak digunakan oleh para pengrajin profesional.

Cara Mengecat dengan Cat Meni Kayu Anti Rayap untuk Hasil Indah
  • Permukaan kayu harus diamplas terlebih dahulu hingga mendapatkan permukaan yang merata dan licin. Pastikan dengan rabaan tangan dan bersihkan debu dan kotoran bekas pengamplasan dari permukaan kayu. Gunakan amplas alumunium oxide maksimal nomor 220.
  • Siapkan cat meni dan buatlah larutan. Ambil beberapa bagian cat meni dan letakkan di wadah pencampur. Tambahkan bahan pelarut yang disarankan dalam kemasan kaleng cat. Pastikan perbandingan antara bahan atau cat meni dengan pelarut sesuai petunjuk pemakaian. Setiap merek memiliki perbandingan yang berbeda. Aduk larutan hingga merata dan tidak ada cat yang mengendap.
  • Ambil kuas and celupkan ¾ bagian kuas ke dalam larutan. Hilangkan bagian cat berlebih pada kuas untuk menghindari terlalu banyak cat yang diaplikasikan.
  • Kuaskan cat meni kayu ke seluruh permukaan kayu, gunakan sudut menguas 45 derajat dan kumasukkan searah serat kayu. Pastikan arah yang digunakan sesuai serat untuk menghindari efek brush mark yang sering muncul. Tunggu lapisan pertama ini kering.
  • Amplas lapisan cat yang sudah kering secara ambang. Gunakan amplas alumunium oxide nomor 400 dan amplas searah serat kayu. Setelahnya bersihkan debu sisa pengamplasan dan aplikasikan cat meni kayu anti rayap sekali lagi dengan cara yang sama. Tunggu lapisan cat sudah kering baru lanjutkan dengan pengamplasan ambang dan aplikasikan cat baru di atasnya sesuai kebutuhan.

Aplikasi cat meni kayu tidak sulit karena hanya membutuhkan alat kuas saja.  Cat meni kayu mudah diaplikasikan dan akan memberikan warna kayu transparan tidak merusak serat kayu dan bahkan warnanya. Jika ingin mendapatkan hasil yang mengkilap gunakan top coat gloss diatasnya. Tampilan furniture yang mengkilap akan menghindarkan dari tampilan goresan dan lebih mudah untuk dibersihkan.   

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here