Cara Mengecat Kusen Jendela Dan Pintu Sendiri

12341
Cara Mengecat Kusen Jendela Dan Pintu Sendiri

Jendela dan kusen berbahan kayu membutuhkan pengecatan untuk memperlama masa pakai. Namun, adakah cara mengecat kusen jendela dan pintu sendiri yang mudah?

Sering kali kita merasa kerumitan jika harus melakukan finishing pada kusen jendela dan kayu rumah sendiri. Karena kebanyakan dari kita berpikir bahwa mengecat itu hal yang rumit dan membutuhkan waktu lama. Sebenarnya tidak juga asal Anda bisa memilih cat yang cepat kering dan aplikasi yang mudah.

CS Biovarnish

Biasanya untuk pengecatan para tukang memakai kuas bulu babi atau kuas nilon. Nah kuas tersebut biasanya akan menimbulkan brush mark pada kayu, apalagi jika cat finishingnya menghasilkan warna yang solid. Tentunya akan terlihat dan membuat kayu menjadi tidak rata. Nah untuk pemula dan untuk mendapatkan hasil akhir tanpa brush mark sebaiknya Anda menggunakan kuas sponge. Selain tidak menimbulkan brush mark, menggunakan kuas sponge ini juga mudah untuk dibersihkan.

Cara Mengecat Kusen Jendela Dan Pintu Sendiri

Untuk Anda sebagai pemula ataupun hanya ingin mengecat kembali kusen pintu dan jendela yang kusam, bisa sekali Anda menggunakan teknik mengecat menggunakan sponge ini. Namun Anda juga perlu memperhatikan cat yang digunakan. Karena cat juga akan berpengaruh pada hasil akhir kusen Anda. Untuk cat yang natural transparan, pilihlah yang mudah diaplikasikan, yang menggunakan campuran air atau water based, dan pastinya lebih cepat kering.

Untuk pemula atau untuk penghobi yang baru memulai biasanya akan kesulitan pada bagian pengamplasan. Biasanya filler atau dempul jika sudah kering susah untuk diamplas karena sudah terlanjur mengeras pada kayu. Untuk campuran sebaiknya menggunakan campuran air agar lebih hemat dan pastinya lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan Anda. Cat yang dimaksud ada pada kriteria Biovarnish. Biovarnish ini cocok untuk Anda pemula atau para penghobi dan end user. Aplikasinya bisa menggunakan kuas sponge yang tanpa menimbulkan brush mark.

Cara Mengecat Kusen Jendela Dan Pintu Sendiri Menggunakan Cat Biovarnish

Untuk Anda yang akan memulai mengecat kusen pintu dan jendela, yang perlu Anda persiapkan adalah:

  • Satu set cat Biovarnish ( Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat)
  • Kuas sponge
  • Kain bal atau pisau palet
  • Ampas nomor 270, nomor 320 dan amplas nomor 400
  • Air untuk campuran

Untuk memulai pengecatan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kusen kayu Anda bersih dari noda maupun air.
  2. Campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air dan oleskan menggunakan kain bal atau pisau palet ke permukaan kusen secara merata. Tunggu sampai kering dan amplas menggunakan amplas nomor 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Untuk pewarnaan campurkan Biovarnish Wood Stain dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga benar-benar rata. Kuaskan menggunakan kuas sponge searah serat kayu. Tunggu sampai kering dan amplas ambang menggunakan amplas 400. Jika dirasa warna masih kurang, bisa dilakukan lagi cara ini sampai benar-benar mendapatkan warna yang diinginkan.
  4. Dan hasil akhirnya silakan campurkan Biovarnish Clear Coat paling bagus dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan tipis-tipis searah serat kayu dan keringkan.
  5. Keringkan semalam untuk hasil yang maksimal. Jika sudah kering saat disentuh bisa dilap menggunakan kain bersih.

Cara Mengecat Kusen Jendela Dan Pintu Sendiri

Keunggulan menggunakan produk Biovarnish ini adalah:

  • Aman dan ramah lingkungan
  • Aplikasinya mudah
  • Memiliki tranparansi bagus
  • Tahan air dan cuaca
  • Cepat kering

Nah itu dia cara mengecat kusen pintu dan jendela. Untuk hasil yang maksimal, sebelum melakukan proses pengecatan bisa dilakukan pencegahan menggunakan obat anti rayap agar kayu kusen Anda lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here