Cara Menggunakan Wood Stain Pada Kayu Yang Telah Di Cat

550

Menempatkan penampilan baru pada potongan kayu dapat menyegarkan objek yang sudah tua dan usang. Sayangnya, ketika Anda ingin melakukan ini, Anda harus bersedia dan siap untuk mengambil proyek yang agak membosankan ini karena menerapkan wood stain kayu eksterior pada sesuatu yang telah dicat adalah tugas yang dapat memakan waktu beberapa hari untuk diselesaikan.

Namun jika Anda bisa sabar dengan prosesnya hasilnya permukaan kayu yang lama bisa tampak menjadi baru lagi. Bahkan sudah banyak pengrajin kayu yang sangat bosan melakukan finishing terutama karena proses pengamplasan yang lama.

CS Biovarnish

Anda jangan sampai terjebak dalam pengamplasan karena pengamplasan adalah proses untuk menghaluskan. Jika permukaan kayu dirasa sudah rata dengan diraba menggunakan ibu jari sebaiknya Anda berhenti dan melakukan proses selanjutnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk prosedur yang tepat agar pekerjaan ini semudah mungkin.

Langkah 1 – Beli Solusi Stripper Cat

Cara Menggunakan Wood Stain Pada Kayu Yang Telah Di Cat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuang semua cat lama dari kayu yang ingin Anda beri wood stain. Ada beberapa jenis penari lukis cat di pasaran yang dapat Anda gunakan dengan banyak kesuksesan. Yang benar-benar Anda pilih akan ditentukan oleh jenis cat pada kayu yang Anda refinishing. Jika Anda tidak tahu jenis cat yang Anda keluarkan, ada trik yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu. Ada dua jenis cat: lateks dan minyak. Untuk menguji yang Anda hadapi, pertama tuangkan alkohol gosok ke dalam wadah. Celupkan lap ke dalam alkohol gosok, dan gosokkan pada potongan kayu yang akan diwarnai. Biarkan selama beberapa menit sebelum menggosok patch dengan kain. Jika catnya lepas, Anda berurusan dengan cat lateks, dan sekarang Anda dapat membeli stripper cat yang sesuai.

Langkah 2 – Strip the Paint

Penghilang cat baik cair atau kental, dan stripper cat mana yang ingin Anda gunakan ditentukan oleh jumlah lapisan cat yang harus Anda keluarkan. Stripper cat cair tipis, mudah diaplikasikan, dan dapat menyebar ke mana pun Anda bisa memikirkannya. Namun, cairan seharusnya hanya digunakan jika Anda memiliki satu atau dua lapis cat. Pelapis cat kental, di sisi lain, membutuhkan kuas untuk diterapkan dan paling cocok untuk menghilangkan antara tiga dan 10 lapisan cat.

Sebarkan lapisan stripper cat di atas kayu yang dicat menggunakan instruksi aplikasi yang tepat. Tunggu satu atau dua hari dan bersihkan pengupas dengan lap basah atau scraper cat. Anda akan tahu kapan cat siap untuk dihapus karena akan melunak.

Langkah 3 – Mewarnai Kayu

Ketika Anda sampai pada tahap ini, Anda berada di bagian yang mudah dari proyek. Untuk membuat permukaan berpori pada kayu yang akan lebih mudah menerima wood stain Anda, kencangkan ringan dengan amplas. Kemudian, taburi kayu dengan alkohol gosok.

Cara Menggunakan Wood Stain Pada Kayu Yang Telah Di Cat

Selanjutnya, tuangkan beberapa wood stain dalam cangkir stainless steel dan masukkan sikat. Biarkan wood stain kayu menetes dari sikat sebelum mengaplikasikannya untuk mencegah goresan wood stain atau menetes agar tidak muncul pada kayu yang sudah jadi. Aplikasikan pewarna kayu eksterior menggunakan sikat lebar dengan bulu berkualitas tinggi untuk cakupan maksimum tanpa serpihan. Biarkan lapisan pertama mengering sebelum menambahkan lapisan kedua (jika Anda menganggapnya perlu), ikuti petunjuk pada wadah wood stain Anda untuk waktu kering yang tepat. Akhirnya, tutuplah kayu dengan dua lapis polyethylene.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here