Cara Mengolah Ruang Keluarga

185

Ruang keluarga akan terlihat indah dan nyaman digunakan ketika pengolahan ruangan tersebut sesuai dan pas. Apalagi jika menggunakan cat duco kayu solid yang ramah lingkungan.

Ruang keluarga bisa dikatakan sebagai jantungnya hunian karena ruangan tersebut merupakan tempat untuk berkumpul keluarga atau tempat untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama. Maka dari itu, pengelolaan ruangan pada ruang keluarga tersebut harus ditata serapi dan senyaman mungkin yang akan berpengaruh pada nuansa ruangan tersebut.

Visual ruangan yang indah dan rapi akan memberikan kenyamanan pada penghuni rumah. Terlebih jika penataannya dikombinasikan furniture, perabotan dan aksesoris yang pas sehingga akan mengahasilkan nuansa nyaman dan hangat. Akan lebih baik jika menerapkan furniture atau perabotan kayu yang dihias dengan cat duco kayu solid yang menggunakan bahan yang ramah lingkunga sehingga nuansa ruangan akan lebih nyaman tanpa bau cat yang menyengat.

Mengelola Ruang Keluarga Yang Pas

Ruang keluarga memang menjadi salah satu ruangan yang sangat penting pada suatu hunian. Di ruangan ini banyak digunakan untuk tempat berkumpul baik hanya digunakan sebagai tempat bersantai, belajar, bekerja maupun tempat berdiskusi. Pengelolaan serta penataan ruangan yang pas akan menghasilkan kesan nyaman bagi penghuni. Maka dari itu, dalam mengelola ruang keluarga tidak hanya dilakukan asal pas dan indah namun faktor kenyamanan juga perlu diperhatikan.

Faktor kenyamanan dan estetika merupakan faktor yang sangat penting ketika mengelola ruangan. Jika hanya menerapkan satu faktor saja justru akan menimbulkan ketidaknyamanan pada penghuni. Namun, untuk menerapkan kenyaman kembali kepada keluarga masing-masing karena setiap keluarga memiliki dasar bentuk kenyamanan yang berbeda. Begitu pula dengan estetika, namun faktor ini masih umum karena pada dasarnya konsep desain selalu mengikuti tren yang sedang hits pada saat itu.

Untuk mendukung kondisi yang nyaman, hangat dan akrab maka perlu ditata secara maksimal dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Unsur Pembentuk Ruang

Untuk memberikan kesan yang nyaman pada ruang keluarga, ada tiga elemen yang perlu diperhatikan yaitu lantai, dinding dan atap. Untuk pengolahan ruangan keluarga dari elemen tersebut bisa diawali dengan bahan yang digunakan, tekstur, dan juga warna. Setiap bahan memiliki sifat yang berbeda dalam menciptakan karakter ruang tersebut. Untuk mengaplikasikan beberapa elemen tersebut maka dipengaruhi oleh gaya yang ingin diterapkan dan posisi bahan yang akan diaplikasikan pada ruang keluarga tersebut.

  1. Perangkat dan Furniture

Ruangan tidak akan terasa lengkap jika tidak dilengkapi dengan furniture, perabotan atau barang pendukung lainnya.  Penggunaan furniture akan memberikan kesan ruangan memiliki karakter yang berbeda pula, hal ini dipengaruhi oleh pemilihan furniture serta penataan yang tepat. Sehingga pemilihan furniture tersebut bisa menggambarkan karakter dari penghuninya. Mak untuk pemilihan jenis, bahan, penempatan dan komposisi, perhatikan hal-hal berikut:

3.Pilih Jenis

Untuk memilih furniture, hal yang terpenting adalah fungsinya lalu diikuti dengan estetika dari funriture tersebut. Sebab, tidak semua barang yang bagus memiliki fungsi yang pas untuk digunakan. Sehingga ketika dalam memilih furniture, alangkah baiknya mementingkan faktor kenyaman terlebih dahulu kemudian dilanjutnya dari deain atau konsep yang diusung pada furniture tersebut.

4.Komposisi

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah masalah penataan. Barang sebaiknya diletakkan di tempat yang tepat sehingga secarfungsi akan mendukung fungsi dari perabotan lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada barang yang mendominasi sehingga akan memperluas pandangan.

5.View dan Hal Yang Menarik

Untuk menerapkan view sebenarnya tidak ada aturan baku yang mengaturnya namun hal ini bertujuan untuk menambah kesan kenyamanan pada ruang tersebut. Orientasi pandangan bisa Anda ciptakan dengan mengarahkan hal-hal yang unik dan menarik. Sehingga pandangan tidak akan terfokus pada satu barang yang ada pada ruang keluarga itu saja. Selain itu, dengan cara tersebut akan memberikan kesempatan untuk saling bertatapan yang akan menciptakan interaksi dan komunikasi antar penghuni di ruang keluarga.

Salah satu cara yang menarik untuk memberikan view yang menarik adalah mengaplikasikan kaca transparan sehingga memberikan jalan cahaya masuk namun juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menampilkan view ruang luar ruangan.

5.Warna

Warna menjadi sesuatu yang penting untuk menciptakan kenyamanan pada ruang keluarga. Pada umumnya, warna juga tidak diatur secara pasti namun menyesuaikan dengan selera dari keluarga tersebut. Selain dapat menciptakan kesan nyaman, warna juga membangkitkan mood penghuni saat memulai aktivitasnya. Untuk mengaplikasikan warna pada ruangan keluarga sebaiknya tidak menggunakan warna yang memberikan kesan formal melainkan pilih warna netral yang menjadi latar yang memadai warna interior lainnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa aksen pendukung yang bisa menciptakan ruangan lebih nyaman. Untuk mempertegas ruangan keluarga, kamu bisa menambahkan aksen kayu atau panel kayu sehingga kesan hangat akan menyatu antar penghuni.

Kembali lagi, faktor terpenting dalam mengolah ruang keluarga adalah kenyamanan. Gunakan beragam furniture, perabotan atau barang pendukung lainnya yang diseuaikan dengan kenyamanan oleh penghuni. Jangan karena tampilan barang tersebut menarik, Anda mengesampingkan kenyaman antar penghuni.

Manfaatkan Cat Duco Kayu Solid

Ketika membicara interior, pastinya tidak akan lepas dari pengaplikasian cat. Cat disini bisa saja digunakan pada furniture, tembok atau ornamen lainnya yang menunjang kesan indah dalam ruang. Sedangkan untuk ruang keluarga maka cat yang perlu digunakan adalah cat kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bahwa  banyak cat yang diaplikasikan pada furniture atau barang lainnya yang menimbulkan bau yang sangat menyengat sehingga keluarga tidak merasa nyaman dengan bau yang ditimbulkan cat tersebut. Cat memang berfungsi untuk mempercantik tampilan barang namun hal yang tidak kalah penting diperhatikan adalah bahan yang digunakan. Hanya karena ingin memberikan tampilan yang indah, Anda mengesampingkan penggunaan cat kayu yang aman. Cat kayu yang banyak tersebar dipasaran memang cat yg berbahaya, pada umumnya menimbulkan bau yang sangat menyengat. Ya, cat yang menimbulkan bau biasanya mengindikasikan cat tersebut berbahaya.

Selain menimbulkan bau menyengat yang menyebabkan tidak nyaman, cat tersebut juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan karena kandungan VOC serta bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam cat tersebut. Cat tersebut dikenal dengan cat solvent based atau cat dengan bahan pelarut minyak seperti thiner, spiritus, metahnol dan bahan pelarut solvent lainnya. Namun, saat ini sudah tersedia cat kayu yang aman sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan kesehatan keluarha Anda. Cat tersebut merupakan cat yang dikembangkan oleh ilmuwan belasan tahun lalu yang memanfaatkan bahan yang ramah lingkungan yaitu air. Cat tersevut dikenal dikalangan aplikator sebagai cat water based. Selain tidak berbau, cat tersebut juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta kandungan VOC-nya yang sangat rendah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here