Cara Mudah Membuat Rak Dinding Dari Kayu Jati Belanda

2337
Cara Mudah Membuat Rak Dinding Dari Kayu Jati Belanda

Kayu jati belAnda bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk untuk membuat rak dinding minimalis. Bagaimanakah cara mudah membuat rak dinding dari kayu jati belAnda?

Salah satu furniture yang banyak digunakan untuk rumah tangga adalah rak dinding. Rak dinding ini memiliki banyak fungsi dan juga keunikan. Rak dinding yang menarik dan juga cantik pastinya akan membuat tampilan rumah Anda juga semakin indah dan cantik.

Cara Mudah Membuat Rak Dinding Dari Kayu Jati BelandaRak dinding ternyata dapat juga dibuat dari bahan kayu jati Belanda. Kayu jati ini memiliki sifat yang mudah diproses dan juga sudah melalui proses penghalusan, jadi akan lebih memudahkan Anda dalam proses pembuatan rak dinding.

CS Biovarnish

Lalu, bagaimana cara membuat rak dinding dari kayu jati Belanda dengan mudah? Simak tips berikut ini untuk inspirasi Anda.

Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas Palet

Kreasi Rak Dinding Berbahan Kayu Jati Belanda

  1. Siapkan konsep yang menarik

Persiapan yang awal agar lebih mudah dalam proses pembuatan rak dinding adalah menyiapkan konsep atau desain rak dinding sesuai dengan selera Anda. Desain rak dinding ini dapat Anda pilih dari majalah atau dari sumber lainnya. Desain rak dinding yang menarik dan juga sesuai dengan tema ruangan akan menghasilkan rak dinding yang cocok dan juga pas untuk diletakkan di ruangan yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dari rak dinding yang akan Anda buat. Jangan terlalu membuat rak dinding dengan ukuran yang kecil pada ruangan yang cukup luas. Jadi, sebaiknya kenali ukuran atua luas dari ruangan Anda agar rak dindingnya sesuai dan juga cocok.

  1. Siapkan alat dan juga bahan

Persiapan yang kedua yaitu siapkan alat dan juga bahan. Untuk membuat rak dinding yang sederhana, tentu saja kayu yang dibutuhkan juga sedikit. Namun, jika Anda ingin membuat rak dinding dengan ukuran yang besar, maka siapkan kayunya juga. Bahan dan juga alat yang dibutuhkan diantaranya adalah kayu jati Belanda, lem kayu, paku, sekrup, engsel, pegangan pintu rak, gergaji, obeng, amplas.

  1. Buat komponen-komponen dari rak dinding

Untuk membuat komponen dari rak dinding, maka Anda perlu mengetahui berapa tingkatan dari rak dinding yang ingin Anda buat. Apabila Anda menginginkan rak dinding terbuka, maka Anda tidak perlu untuk membuat kompenen bagian depan atau pintu dari rak dindingnya. Namun, berbeda dengan rak dinding yang tertutup, karena proses pembuatannya akan lebih rumit dan juga butuh banyak komponen rak. Komponen dari rak dinding ini terdiri dari komponen sisi-sisi lemari atau biasa disebut sebagai pintu rak dinding, bagian kanan dan uga kiri dan juga bagian belakang dari rak dinding. Selain itu Anda juga membutuhkan komponen penghubung, komponen frame.

  1. Proses perakitan rak dinding

Sebelum proses perakitan, maka lebih baik Anda mengamplas bagian atau komponen-komponen yang sudah Anda buat agar hasilnya lebih halus dan juga maksimal.

Selanjutnya merupakan tahap proses perakitan dari rak dinding. Dalam hal ini Anda memerlukan sekrup atau baut. Rakit semuat komponen, mulai dari komponen frame kemudain penghubung. Gunakan lem kayu jika perlua. Lalu rakit komponen pintu pada rak dinding Anda. Gunakan engsel untuk mengaitkan ke frame dari rak dindingnya.

  1. Finishing sesuai konsep yang dibuat

Cara Mudah Membuat Rak Dinding Dari Kayu Jati BelandaProses finishing menjadi penentu dari keberhasilan Anda dalam membuat rak dinding. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan bahan finishing yang berkualitas tinggi, namun tetap mudah untuk diaplikasikan. Pastikan pula, bahwa bahan finishing yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Anda pasti tidak ingin mempertaruhkan kesehatan keluarga tercinta, bukan?

Membuat rak dinding merupakan hal yang tidak mudah, namun apabila Anda sudah membuat desainnya dengan sempurna, maka hal tersebut juga akan lebih memudahkan Anda dalam proses pembuatannya. Pastikan rak dinding yang Anda buat dipilih dari kayu Jati Belanda yang kuat dan juga sudah tua agar hasilnya lebih tahan lama serta cantik. Cari inspirasi menarik yang lainnya untuk ide kreatif unik yang lainnya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here