Cat kayu Besi Non-Toxic Yang Bagus Untuk Garden Furniture

422

Halaman rumah akan terasa hidup jika dilengkapi dengan garden furniture, terlebih cat kayu yang digunakan merupakan cat kayu besi non-toxic.

Jika Anda memiliki halaman yang luas, pasti akan terasa kosong jika hanya dibiarkan saja atau cuma dipenuhi dengan tanaman. Halaman yang luas juga bisa Anda jadikan sebagai tempat bersantai, bermain dengan keluarga, berpesta atau aktivitas lainnya. Maka dari itu, untuk menunjang berbagai aktivitas di halaman Anda dibutuhkan garden furniture atau bisa disebut dengan furniture eksterior.

Saat ini, garden furniture tampil dengan beragam warna yang bisa menghiasi halaman rumah atau taman belakang hunian Anda. Tentu saja agar warna  garden furniture bisa bertahan lama dibutuhkan lapisan cat yang kinerjanya optimal. Cat kayu besi non-toxic merupakan salah satu cat kayu besi yang diformulasikan untuk furniture eksterior dan aman jika berinteraksi dengan keluarga Anda karena formula bahan yang digunakan tidak mengandung racun.

CS Biovarnish

Pengertian Garden Furniture dan Jenisnya

Halaman akan terasa lebih hidup jika dilengkapi dengan aksesoris atau furniture yang menghiasinya. Hal ini bertujuan agar furniture tersebut memberikan komposisi halaman yang lengkap dan tidak terlihat kosong. Furniture yang biasanya digunakan adalah bangku panjang, namun sepertinya furniture semacam ini sudah terlalu biasa untuk menghiasi halaman atau taman. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk diterapkan karena bisa memberikan nuansa yang berbeda.

Garden furniture disebut juga dengan patio furniture atau furniture eksterior karena jenis furniture tersebut lebih diperuntukkan sebagai furniture di luar ruangan seperti halnya bangku panjang yang disebutkan diatas. Biasanya, furniture yang digunakan untuk eksterior mengandung lapisan tahan cuaca sehingga material yang digunakan tidak mudah rusak akibat paparan sinar matahari ataupun guyuran air hujan.

Adapun fungsi garden furniture untuk menghiasi halaman rumah Anda sebagai berikut :

  1. Sebagai Tempat Duduk

Biasanya garden furniture dijual sebagai set teras yang terdiri dari meja, kursi, bahkan payung sebagai peneduhnya. Sering kita jumpai juga bahwa garden furniture seperti meja piknik lebih digunakan untuk menghiasi halaman. Ternyata meja pikinik memiliki fungsi sebagai temat makan outdoor yang biasanya digunakan saat party barbeque. Namun, garden furniture yang digunakan bisa juga berbentuk kursi panjang atau disebut dengan chaise lounge karena memang bertujuan untuk tempat bersantai. Fungsi garden furniture lainnya seperti halnya  sofa yang digunakan untuk bersantai, menghabiskan waktu untuk bekerja dan sebagainya.

  1. Pengontrol Suhu

Garden furniture tidak hanya mencangkup furniture taman saja melainkan juga mencangkup bagian teras. Nah, pengontrol suhu yang dimaksud disini adalah furniture tersebut memberikan kenyamanan bagi penghuni ketika digunakan. Misalkan, fungsi payung yang digunakan pada set teras sebagai pelindung dari sinar matahari atau hujan. Begitu pula ketika di teras, mungkin kita masih asing dengan istilah patio heaters yaitu pemanas teras yang aman berfungsi untuk memberikan kehangatan pada saat penghuni menikmati malam yang dingin karena hujan saat di teras. Mungkin kita sering melihat ya, hunian orang Amerika biasanya menggunakan modular atau cerobong asap, ternyata hal ini juga bisa digunakan untuk bagian outdoor. Salah satu contohnya adalah Chimeneas di Amerika Utara.

  1. Aksesories

Garden furniture tidak hanya bisa digunakan tempat duduk saja melainkan juga terdiri dari perabotan yang berfungsi sebagai aksesories. Beberapa aksesories yang bisa sering digunakan diantaranya birdsbath, stand tanaman, pot berbentuk kotak dan masih banyak lainnya. Dibagian, yang diperlukan hanya kreatifitas sehingga bisa menghasilkan halaman yang indah.

Setelah mengetahui beragam fungsi dari garden fiture, kita bisa memahami bahwa garden furniture ternyata beragam jenis penghias seperti furniture, perabotan, dan aksesories. Nah, karena garden furniture merupakan furniture untuk outdoor maka material yang digunakan pun harus tahan terhadap cuaca.

Jika mendengar material yang digunakan untuk furniture, kita mungkin akan menjabarkan dengan beragam dan pastinya akan menyebutkan sebagai material yang sering digunakan. Padahal jika digunakan untuk furniture outdoor, tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk material utamanya. Sebab, di outdoor justru memberikan faktor yang lebih banyak daripada digunakan saat di indoor, diantaranya air hujan, sinar matahari, embun, jamur, rayap dll. Material set furniture outdoor yang sering digunakan biasanya berupa material dari plastik, kayu, alumunium, anyaman dan besi yang tahan terhadap faktor buruk tersebut.

Wooden furniture memang salah satu material yang memang sering digunakan untuk furniture, seperti dikatakan diatas, sayangnya furniture kayu memiliki ketahanan berbeda. Salah satu material kayu yang bagus digunakan untuk furniture bahkan untuk furniture eksterior adalah kayu jati. Sebab, kayu jati mengandung silika yang bisa tahan terhadap jamur, pembusukan akibat air, serta bahan kimia. Bahkab juga tahan terhadap api, bahan asam dan alkali.

Sepertinya kehadiran kayu jati ini menjadi sebuah harapan bagi manufaktur kayu karena manfaatnya yang beragam. Bahkan kayu jati yang banyak digunakan biasanya lebih dipilih yang tua karena bisa lebih tahan terhadap pembusukan. Selain kayu, ada juga alumunium yang digadang-gadang sebagai material yang cukup tangguh tapi kelemahannya adalah apabila lapisan cat mulai mengelupas maka kemungkinan besar alumunium juga akan mudah korosi, hal ini berlaku jug pada material besi.

Begitu pula dengan material plastik yang bisa tahan air, lagi-lagi plastik juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa bertahan cukup lama jika selalu terpapar sinar matahari atau guyuran air hujan.Material lain yang bisa tahan terhadap hembusan angin, hujan dan matahari adalah kayu mahoni, PE Wicker dan Anyer PVC. Maka dari itu, agar material tersebut bisa bertahan lama di luar ruangan diperlukan cat kayu besi non toxic yang bisa melindungi dengan optimal.

Cat Kayu Besi Non-Toxic

Untuk memberikan tampilan yang indah pada furniture, maka tidak lepas dari peran sebuah cat. Ya, cat tidak hanya dibutuhkan untuk memberikan kesan menarik pada furniture saja melainkan juga difungsikan untuk melindungi material yang dilapisi dari faktor perusak seperti jamur, serangga dan lain-lainnya. Yang paling diperhatikan adalah furniture eksterior yang mana resiko kerusakannya jauh lebih tinggi daripada furniture indoor. Maka dari itu diperlukan cat yang memang bisa melapisi material dengan optimal dan diformulasikan untuk furniture eksterior.

Cat kayu besi non-toxic merupakan cat yang bisa digunakan untuk beragam material baik kayu, bambu, rotan, besi, alumunium dan masih banyak lagi. Pilih lah cat kayu besi yang menggunakan bahan tidak berbahaya. Kita patut waspada karena begitu banyaknya cat yang masih mengandung bahan kimia serta kandungan VOC yang tinggi. Cat non-toxic yang direkomendasikan untuk melapisi furniture adalah cat water based yang mana bahan yang digunakan sangat aman dan tidak akan berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda.

 

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here