Cat Kayu Tahan Air Pilihan Warna Opaque

668
Cat Kayu Tahan Air Pilihan Warna Opaque

Teknik finishing akan menghasilkan warna furniture yang apik, namun akan jauh lebih memuaskan jika menggunakan cat kayu tahan air.

Furniture sudah menjadi kebutuhan dan bahkan sudah menjadi salah satu gaya hidup orang modern saat ini.  Karena keberadaan furniture ini penting, kadangkala furniture juga difungsikan sebagai penghias hunian. Maka dari itu, berbagai tampilan dan desain selalu mengalami pembaharuan baik dari segi warna maupun desainnya. Mungkin sebagian dari kita akan mengenal warna cat untuk furniture hanya warna kayu melainkan saat ini sudah bermunculan warna opaque yang notabene cat warna tersebut sangat cocok untuk konsep hunian jaman sekarang.

Dahulu, cat pernis adalah cat yang sering digunakan untuk furniture untuk mendapatkan hasil warna natural transparan. Namun, cat warna opaque mulai banyak diminati karena tampilan yang apik dan membuat furniture terkesan lebih bersih dan modern. Misalkan warna putih ataupun warna-warna pastel yang mana warna-warna tersebut mulai banyak diminati karena kebutuhan hunian minimalis modern yang membutuhkan furniture yang bersih dan memberikan kesan ruang yang luas.

CS Biovarnish

Cat Kayu Tahan Air Pilihan Warna Opaque

Salah satu cat untuk mendapatkan hasil warna opaque diantaranya adalah BioColours. Cat ini juga termasuk cat kayu yang tahan air sehingga furniture Anda pun akan jauh lebih terjaga dan tampilannya pun tidak mudah rusak. Pernah nggak sih, furniture seperti meja secara tidak sengaja tersiram air dan membuat permukaan meja tersebut memudar. Alhasil, membuat tampilan meja tidak indah dipandang dan apabila sudah demikian maka harus melalui tahap refinishing yang tentunya memakan waktu.

Berbeda halnya dengan BioColours, cat kayu yang satu ini tidak mudah memudar jika tersentuh air sehingga jauh lebih aman. Selain itu, warna-warnanya pun juga menyesuaikan keinginan sehingga Anda bisa memilih warna yang pas untuk furniture atau perabotan pada hunian rumah Anda. Terlebih lagi, karena cat ini adalah cat yang menggunakan bahan dasar air maka cat tersebut akan jauh lebih aman dari kandungan-kandungan yang berbahaya.

Perlu diketahui bahwa cat yang mengandung bahan kimia berbahaya sangat merusak lingkungan dan kesehatan. Cat ini biasanya adalah cat dengan bahan dasar solvent yang mana cat tersebut dikenal dengan kandungan VOC-nya yang tinggi. Senyawa organik tersebut akan sangat membahayakan lingkungan dan kesehatan apabila kandungannya melampaui batas aman.

Karena cat tahan air BioColours ini lebih aman dan tidak mengandung toxic sehingga juga nggak berbayalah untuk aplikasi wood toys. Selain itu, tidak hanya bisa diaplikasikan pada furniture interior saja melainkan juga eksterior seperti pagar, garden furniture dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, Anda akan jauh lebih hemat biaya karena bahan pelarutnya hanya cukup dengan air saja. Berbeda halnya dengan cat solvent based yang mana Anda harus membeli thinner atau bahan pelarut lainnya untuk  mengencerkan cat. Tentu ini memakan biaya yang cukup banyak dan tidak efisien waktu.

Ya, penggunaan cat solvent based membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama dan bahkan sangat tergantung dari sinar matahari. Bagi Anda yang memiliki usaha mebel, tentu hal ini menjadi masalah sebab apabila musim sedang tidak cerah maka furniture pun terlambat pengiriman. Nah, sedangkan untuk cat tahan air BioColours ini hanya cukup diangin-anginkan di tempat yang teduh sehingga cuaca pun tidak cukup berpengaruh.

Kembali pada persoalan warna, biasanya untuk warna opaque permukaan harus tertutup. Maksudnya adalah pori-pori permukaan kayu harus tertutup sehingga tampilannya pun akan maksimal dan tidak mudah memudar. Pada umumnya, teknik tertentu tidak menggunakan bahan dasar seperti filler sehingga perlu pelapisan cat yang menumpuk untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Untuk tahapan finishing warna opaque dengan close pore, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan!

Lakukan Finishing Furniture Dengan Cat Kayu Tahan Air

Seperti halnya dengan finishing pada umumnya, untuk mendapatkan warna opaque dengan tampilan close pore maka dibutuhkan beberapa produk. Mulai dari base coat hingga topcoat. Untuk finishing close pore ini bertujuan untuk menutup pori-pori permukaan kayu sehingga akan memudahkan finishing serta menghasilkan tampilan warna yang maksimal. Finishing close pore ini juga bertujuan agar permukaan furniture tidak mudah menyerap kelembaban yang akan merusak kayu dalam jangka waktu yang panjang, terutama bagi furniture-furniture yang cenderung diletakka di luar yang mana tingkat kelembaban jauh tinggi karena cuaca. Berikut ini penjelasan produk cat kayu tahan air yang wajib digunakan.

  1. Wood Putty,

Wood Putty disebut juga dengan dempul kayu. Untuk proses aplikasi dempul kayu ini cukup mudah yaitu cukup dengan pisau pallet karena bentuknya yang padat. Warna dari wood putty ini sangat efektif dalam menutup warna asli kayu . Selain itu juga berfungsi untuk menutup seluruh pori-pori serta cacat tekstur pada kayu. Kebutuhan wood putty sangat penting dalam mewujudkan finshing close pore.

  1. Sanding Sealer.

Sanding sealer dibutuhkan sebagai lapisan intermediate antara lapisan cat dibawahnya dan diatasnya. Produk ini berbentuk cair sehingga mudah diaplikasikan. Untuk aplikasinya pun juga cukup mudah, Anda hanya cukup menncampurkannya dengan air kemudian aduk hingga homogen. Setelah tercampur dengan sempurna, maka aplikasikan dengan cara disemprot ke seluruh permukaan hingga merata. Sebelum melakukan aplikasi selanjutnya maka lapisan sanding sealaer harus ditunggu hingga kering.

  1. Wood Stain Indoor/ Outdoor.

Wood stain ini berfungsi sebagai coloring untuk berbagai warna opaque. Untuk pemilihan cat perlu disesuaikan dengan kebutuhan apakah unuk indoor aau outdoor. Sebab, kandungan wood stain untuk indoor dan outdoor cukup berbeda, sedangkan untuk outdoor daya proteksinya jauh lebih tinggi. Nah, untuk cara aplikasinya juga sangat mudah sama seperti sending sealer yakni cukup campurkan dengan air kemudian aduk hingga merata. Untuk hasilnya, Warna dari wood stain ini tidak mudah luntur atau memudar dan lebih tajam.

  1. Clear Coat.

Pastinya, untuk masalah tampilan pada furniture menjadi tujuan utama sehingga akan menghasilkan warna yang memuaskan. Dengan menggunakan clear coat berbahan air ini  maka penampilan furniture bisa menjadi tampak mewah. Nah, ada lima tingkat glossy yang bisa Anda pilih mulai darii gloss, semi gloss, doff, death matt dan matt. Agar hasil sempurna maka setelah mengaplikasikan clear coat harus ditunggu sekitar satu malam agar cat mengeras dengan baik.

Perlu diperhatikan bahwa BioColours merupakan cat kayu tahan air yang sangat direkomendasikan karena kualitas dan hasil warnanya yang menakjubkan. Kenapa sangat direkomendasikan? Tidak hanya karena memiliki hasil warna yang maksimal melainkan juga aman bagi lingkungan dan kesehatan orang-orang sekitar Anda. Tentu bahan yang aman bagi kesehatan jauh lebih baik daripada hanya memprioritaskan kualitasnya saja.

Karena kandungannya yang aman, Anda pun tidak perlu khawatir jika selama aplikasi tidak menggunakan perlengkapan keamanan seperti sarung tangan atau masker. Karena kandungan pada Biocolours tidak menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit normal. Namun, jika Anda khawatir dengan debu dikarenakan selama pengamplasan maka disarankan untuk menggunakannya. Perlu diketahui, kandungan pada cat ini telah disesuaikan dengan regulasi internasional sehingga dipastikan aman dan cocok sekali bagi Anda yang memiliki kerajinan yang akan di ekspor ke luar negeri.

Sebab, beberapa negara maju pada umumnya sangat memperhatikan kandungan bahan finishing yang digunakan. Biasanya, negara-negara tersebut sudah mencegah penggunaan bahan-bahan yang memiliki kandungan VOC yang tinggi atau sudah tidak menggunakan cat yang menggunakan bahan dasar solvent. Maka dari itu, Biocolours ini menjadi bahan finishing yang recomended bagi Anda baik DIY atau manufacturing.

Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan sejak dini untuk menghindari kerusakan lingkungan dan kesehatan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here