Cat Yang Tahan Cuaca dan Aman Untuk Finishing Eksterior Pada Meja Taman

239

Meja taman tidak sedikit pula menggunakan material dari substrat alam seperti kayu. Tentunya kayu yang digunakan harus tahan terhadap cuaca sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Jika kayu yang digunakan mudah lapuk tentunya akan merugikan penghuni rumah, nah lalu bagaimana agar kayu bisa bertahan lama?

Kayu yang digunakan untuk bagian outdoor pada umumnya harus memiliki ketahanan dan kekuatan yang bagus dan jenis kayu tersebut biasanya tergolong kayu keras. Salah satu kayu yang sering digunakan untuk bagian outdoor adalah kayu jati. Sudah tidak asing lagi bahwa kayu jati memiliki kualitas yang dikenal kualitas terbaik karena berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang pas untuk kriteria furniture. Wajar saja jika jenis kayu ini merupakan jenis kayu termahal dikelasnya. Sedangkan di Indonesia, penggunaan kayu jati untuk furniture tidak semua menjangkaunya sehingga beralih pada kayu yang harganya terjangkau dan kualitasnya tidak jauh berbeda dengan kayu jati.

CS Biovarnish

Kayu yang digunakan untuk eksterior tetap saja membutuhkan lapisan cat karena cat tidak hanya berfungsi sebagai mempercantik tampilan saja melainkan juga untuk melindungi kayu agar tidak mudah rusak serta lebih tahan lama. Sayangnya, kadangkala orang salah menggunakan cat yang kurang tepat sehingga membuat cat tersebut mengelupas atau memudar tampilannya.

Apabila tampilannya memudar maka segera mungkin untuk melakukan pengecetan ulang. Apabila tidak segera dilakukan maka kayu yang digunakan sebagai meja taman tersebut cepat rusak karena fungsi cat sebagai pelindung kayu sudah tidak bekerja dengan baik. Sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya gunakan cat kayu khusus eksterior dengan fitur tahan cuaca dan memiliki daya rekat film yang kuat.

Mengenal Jenis  Cat Kayu Yang Aman Untuk Finishing Eksterior

Cat kayu yang aman tidak terpaku untuk finishing interior saja melainkan juga penting untuk finishing eksterior. Baiklah, apakah yang dimaksud dengan cat kayu yang aman? Cat kayu yang aman adalah cat yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya serta kandungan VOC didalamnya pun sangat rendah. Cat tersebut ditandai dengan selama diaplikasikan cat tersebut tidak menimbulkan bau yang menyengat, tetap memberikan dampak buruk pada kulit, tidak menyebabkan pusing maupun sesak nafas.

Cat yang aman tersebut biasanya hanya terdapat pada cat water based atau cat berbasis air. Memang teknologi cat kayu ini tergolong baru di dunia bahkan di Indonesia sehingga keberadaannya pun masih begitu langka. Namun, perkembangan cat water based ini begitu cepat daripada cat konvensional. Pasalnya, di Amerika saja cat water based sudah menguasai pasaran hingga 80%-nya. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia, keberadaan cat water based memang masih langka namun sudah banyak yang mulai memproduksi cat jenis ini.

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat menggunakan cat konvensional karena keberadaannya yang mudah dijumpai dimanapun dan harganya pun terjangkau. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap dampak buruk yang disebabkan oleh cat konvensional atau pun memang belum mengetahui keberadaan cat water based. Maka dari itu, penting sekali mengetahui perkembangan dalam dunia finishing saat ini.

Keunggulan dari cat water based adalah Anda tidak perlu menggunakan pelarut berbahan organik seperti thinner maupun spiritus melainkan hanya cukup menggunakan air. Ingat, air yang digunakan pun harus bersih dan pH netral sehingga hasil finishingnya akan jauh lebih optimal. Tidak hanya itu saja, cat water based juga lebih tahan lama karena tidak mengalami penguapan berbeda dengan cat konvensional yang justru lebih mudah memudar terutama ketika tersentuh air dikarenakan kandungan minyak didalamnya.

Sedangkan kelamahan dari cat water based adalah dari segi tingkat kilapnya. Jika Anda mencari cat untuk hasil kilap, cat water based belum bisa mencapai tingkat kilap yang dimiliki cat konvensional yakni 100%. Melainkan, cat water based baru mampu mencapai tingkat kilap maksimum 80%. Meskipun demikian, untuk mencapai tingkat maksimal Anda bisa mengulangi coating tersebut hingga menemukan tingkat kilap sesuai yang diinginkan.

Penggunaan cat water based ini tidak membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan. Bahkan ketika dibuang di saluran air yang mengalir pun tidak akan menyebabkan polusi air dan apabila jatuh ke tanah pun tidak akan mematikan kesuburan dari tahan tersebut. Sehingga wajar saja jika cat water based ini sangat disarankan, bahkan ketika Anda ingin mengekspor barang ke luar negeri. Sebab, terdapat beberapa negara di dunia sudah melarang penggunaan cat konvensional karena kandungannya yang berbahaya.

Finishing Natural Kayu Pada Meja Taman

Cat water based memang terbuat dari pelarut air dan menggunakan pelarut air, meskipun menggunakan air namun memiliki daya tahan air yang baik dan tidak menyebabkan media finishing yang dilapisinya menjadi lembab. Salah satu cat water based yang sudah jelas kualitas dan keamanannya adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat kayu interior-eksterior yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesauikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia yakni US EPA dan EU ECHA Reach sehingga aman dari bahan kimia berbahaya dan memiliki kandungan senyawa VOC yang sangat rendah. Cat kayu tersebut sangat bagus untuk finishing interior maupun eksterior karena dilengkapi fitur tahan air dan tahan cuaca.

Untuk menghasilkan tampilan natural kayu pada meja taman, berikut langkah-langkah menggunakan varian produk Biovarnish:

  • Amplas permukaan kayu hingga bersih dan rata sehingga ketika dilapisi coating akan menempel dengan baik
  • Jika perlu pewarnaan, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain dengan mencampurkan air untuk menurunkan intensitas warnanya. Biovarnish menawarkan 20 varian warna yang bisa Anda pilih
  • Atau bisa Anda aplikasikan langsung Biovarnish Sanding Sealer. Dengan menggunakan sanding sealer maka bulu-bulu halus pada permukaan kayu bisa menutup secara sempurna. Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan  1 air kemudian aduk hingga tercampur. Lalu gunakan spray gun dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan dalam suhu ruangan selama kurang lebih 60 menit, Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari karena hasilnya tidak akan maksimal. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  • Untuk mengunci tampilan dan memberikan hasil akhir yang maksimal, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Campurkan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara kuas atau semprot. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 30 menit untuk hasil kering sentuh. Anda bisa mengulangi tahap ini apabila hasilnya belum sesuai dengan yang diinginkan. Dan jika sudah mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan, maka diamkan selama 60 menit untuk kering siap pakai.

Untuk aplikasi finishing natural kayu ini bisa Anda lakukan dalam waktu sehari saja karena Biovarnish tidak tergantung cuaca saat dalam proses pengeringannya. Dengan menggunakan empat tahap diatas, finishing yang Anda lakukan jauh lebih cepat dan hasilnya pun tampak memuaskan layaknya yang dilakukan oleh seorang profesional.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here