DIY: Membuat Meja Kopi Sederhana Berbahan Kayu

407
DIY: Membuat Meja Kopi Sederhana Berbahan Kayu

Kayu merupakan bahan alami untuk berbagai perabotan rumah dan mudah untuk didapatkan. Ada banyak perabotan yang memang mudah untuk anda dapatkan di toko furniture dengan bahan dari plastik, karet, besi dan juga bahan lainnya. Namun, dilihat dari segi keawetan, tentu saja perabotan dari bahan kayu jauh akan lebih awet dan tahan lama. Hal inilah yang menjadikan kayu sebagai bahan yang utama dipilih oleh para pengrajin furniture, disamping furniture dari bahan kayu juga memiliki banyak peminatnya.

Salah satu furniture minimalis dan juga banyak diminati adalah meja kopi. Nah, meja kopi dari bahan kayu ternyata juga dapat anda buat sendiri tanpa harus menyewa jasa dari para pengrajin kayu. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah cara membuat meja kopi sederhana dari bahan kayu sebagai inspirasi anda hari ini.

  1. Buat rancangan meja kopi
CS Biovarnish

DIY: Membuat Meja Kopi Sederhana Berbahan Kayu

Agar lebih mudah untuk membuat meja kopi anda, maka buatlah desain meja kopi terlebih dahulu. Buatlah desain meja kopi ini dengan bentuk 3 dimensi agar anda lebih mudah untuk pemotongan kayunya. Desain meja kopi ini dapat anda buat dengan sederhana sesuai dengan keinginan anda.

  1. Buatlah bagian atas meja

Untuk membuat bagian atas meja anda dapat memilih salah satu bahan berikut ini:

  • Papan
  • Lembaran kayu tunggal

Apabila anda lebih memilih menggunakan papan, maka pilih jenis papan kayu dengan kualitas yang bagus dan kuat agar lebih tahan lama. Keuntungan dari menggunakan papan adalah harganya yang lebih murah.

Jika anda menggunakan lembaran kayu tunggal, maka anda dapat menggunakan kayu lapis. Potong sesuai dengan ukuran yang sudah anda tetapkan, kemudian rekatkan dan jepit sempai semalaman.

  1. Buatlah bagian bawah meja

Bagian bawah dari meja ini digunakan untuk menyangga pada bagian kaki meja. Bagian bawah meja merupakan kayu dengan bentuk persegi dan diletakkan di bagian samping-samping dari meja anda. Untuk membuat bagian bawah meja ini, anda memerlukan 4 potong kayu berbentuk persegi. Buatlah dua ukuran kayu bentuk persegi dengan ukuran sesuai dengan panjang dari meja anda, dan buat kmebali 2 bagian kayu dengan ukuran lebar dari meja anda. Setelah itu, balikkan meja anda dan pasang 4 bagian kayu yang sudah anda buat tadi. Gunakan sekrup untuk merekatkannya.

  1. Buatlah bagian dari kaki-kaki meja

DIY: Membuat Meja Kopi Sederhana Berbahan Kayu

Untuk membuat kaki-kaki meja ini, maka anda memerlukan 4 potongan kayu dengan bentuk dan ukuran yang sama. Siapkan kayu dengan bentuk persegi, ukur berapa panjang kaki meja yang anda inginkan. Potong dengan gergaji. Buatlah 3 kaki meja yang lainnya dengan ukuran yang sama.

  1. Pasang kaki-kaki meja

Untuk memasang bagian dari kaki-kaki meja, maka balikkan meja anda. Siapkan kaki-kaki meja yang sudah anda potong dengan ukuran yang sama. Rekatkan salah satu kaki meja pada ujung meja dengan menggunakan lem terlebih dahulu. Kemudian kuatkan dengan menggunakan paku atau sekrup sesuai dengan keinginan anda agar meja lebih kuat. Ulangi pemasangan kaki-kaki meja yang lainnya dengan cara yang sama. Jangan lupa untuk memeriksa pada sudut-sudut kaki meja agar pemasangannnya sama dan sesuai sehingga meja akan lebih rata ketika anda menempatkannya.

Demikian cara mudah membuat meja kopi sederhana dengan bahan dari kayu. Anda juga dapat memberikan finishing dengan cat sesuai dengan warna yang anda inginkan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here