Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

1895
Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis

Setiap rumah pasti menggunakan daun pintu untuk akses keluar masuk. Pintu ini sangat penting untuk kita. Jadi sebaiknya Anda memilih pintu berbahan kayu dengan kualitas tinggi agar awet dan tahan lama. Selain kayu, untuk finishing juga perlu diperhatikan. Karena cat finishing juga mempengaruhi keawetan pintu rumah  Anda. Dari beberapa jenis kayu, kayu jati paling banyak diminati untuk pembuatan pintu rumah. Dari segi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi kayu jati ini. Memang harga sepadan dengan kualitas yang didapatkan.

Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan PernisFinishing kayu yang biasa dipakai untuk furniture biasanya menggunakan pernis. Pernis ini cocok untuk finishing kayu jati yang digunakan untuk daun pintu. Pernis ini mempunyai kualitas dan nilai estetika yang tinggi. Kayu yang difinishing lebih banyak diminati dari pada kayu tanpa finishing. Untuk finishing menggunakan ppernish ini banyak pilihan cat dengan hasil maksimal. Salah satunya menggunakan cat waterbased dari Biovarnish. Selain cat yang ramah lingkungan karena menggunakan campuran air, hasil akhirnya juga tidak kalah dengan finishing dengan campuran solvent (minyak).

CS Biovarnish

Nah disini kita akan membahas cara finishing pintu kayu jati menggunakan pernish dari merk cat Biovarnish. Keunggulan dari cat kayu Biovarnish ini selain bahan campurannya menggunakan air, harganya juga relatif murah, cara aplikasinya mudah, tidak membutuhkan sinar matahari dan juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu hasil finishing yang mkasimal. Sehingga memudahkan dan menghemat waktu untuk pengecatan.

Untuk finishing kayu jati menggunakan Biovarnishini ada beberapa varian warna dengan hasil yang natural transparan juga. Ada sekitar 20 macam warna natural transparant yang bisa Anda gunakan. Untuk sentuhan akhir ada top coat dengan hasil gloss dan gloss.

Tidak lupa, untuk penutup pori-pori atau yang biasa disebut dengan wood filler atau dempul ada serian menyesuaikan warna kayu yaitu warna jati, warna ramin dan warna mahoni. Untuk finishing pintu kayu jati menurut selera menggunakan Biovarnish Wood Filler jati, Biovarnish Wood Stain Yellow Teak, dan untuk hasil akhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss.

Cara Mudah Finishing Pintu Kayu Jati Menggunakan Pernis Water Based

Perlengkapan yang perlu disiapkan untuk finishing adalah 1 set cat Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler Jati, Biovarnish Wood Stain Yellow Teak, Biovarnish Clear Coat Gloss, pisau palet atau kain bal, amplas 320 dan amplas 400, yang terakhir air sebagai bahan campuran untuk cat waterbased ini. Ikuti langkah dibawah ini:

  • Pastikan pintu kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler Jati yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  • Kuaskan Biovarnish Wood Stain Yellow Teak yang dicampur air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  • Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Campurkan bahan dengan air campurannya 2 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

Hasil finishing menggunakan cat waterbased Biovarnish ini sungguh memuaskan. Boleh dicoba sendiri dirumah untuk furniture maupun pintu kayu jati rumah Anda. Selamat mencoba

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here