Finishing Warna Jati Pada Rak Dinding

100

Rak dinding saat ini mulai diminati oleh masyarakat baik menggunakan material kayu atau besi namun material yang banyak digunakan saat ini adalah kayu baik kayu solid atau kayu olahan. Rak dinding ini selama berfungsi untuk meletakkan barang atau benda juga sebagai penghias ruangan karena tampilannya yang simple, minimali dan didukung dengan warna-warna yang cocok untuk ruangan semakin hidup. Nah, untuk tampilan rak dinding yang baik untuk segala nuansa ruangana adalah tampilan natural kayu.

Tampilan natural kayu yang sering digunakan untuk furniture pada umumnya juga beragam yakni mulai dari yang gelap hingga yang terang seperti tampilan kayu jati. Tampilan kayu jati memang cocok untuk segala ruangan terutama ruangan tersebut mengusung kesan minimalis modern tentunya membutuhkan warna-warna furniture yang terang. Meskipun tampilan seperti kayu jati namun material yang digunakan tidak harus menggunakan kayu jati. Saat ini, telah banyak cat kayu yang bisa menciptakan kesan-kesan warna kayu, salah satunya adalah kayu jati.

CS Biovarnish

Seperti yang sudah diketahui bahwa kayu jati merupakan material furniture dengan nilai jual yang tinggi sehingga tidak semua orang bisa menggunakan jenis kayu ini. Yang membuat kayu jati ini memiliki nilai jual yang tinggi adalah jenis kayunya yang langka, tampilannya yang indah dan rapi. Sehingga, untuk menggunakan tampilan kayu jati tidak harus menggunakan material kayu melainkan hanya dengan lapisan cat.

Lapisan cat pada furniture tidak hanya bertujuan untuk memberikan tampilan yang indah saja melainkan juga digunakan untuk melindungi kayu agar bisa bertahan lebih lama. Nah, untuk memperoleh tampilan natural seperti kayu jati, dibutuhkan beberapa langkah finishing sehingga hasilnya pun bisa maksimal dan tampak seperti halnya tampilan kayu jati.

Finishing Tampilan Jati Pada Rak Dinding

Untuk menciptakan tampilan kayu jati bisa Anda lakukan sendiri di rumah asalkan mengetahui langkah-langkah finishing yang tepat. Bagi orang yang awam terhadap finishing, proses finishing cukup sulit dilakukan apabila menginginkan tampilan layaknya seorang profesional. Tidak hanya mengetahui teknik finishingnya saja melainkan juga cat kayu yang digunakan. Karena tidak semua jenis cat kayu bisa memberikan warna yang baik dan adakalanya ketika diaplikasikan ke kayu lain menghasilkan warna yang berbeda.

Cat kayu yang banyak digunakan selama ini memang memberikan hasil yang baik dengan tingkat kilap yan maksimal. Cat kayu berbahan solvent juga mudah ditemukan di berbagai toko-toko cat  sehingga harganya pun jauh lebih murah. Sayangnya, cat ini harus menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus yang justru membuat pengeluaran bisa membengkah. Kadangkala, pelarut yang digunakan bisa lebih dari sekaleng sehingga  akan lebih boros apabila digunakan untuk finishing dengan kapasitas besar.

Jika menginginkan finishing lebih cepat dan pengeluaran lebih hemat, Anda bisa menggunakan cat lain yakni cat berbahan dasar air. Cat ini memang tergolong lebih mahal daripada cat berbahan solvent namun Anda tidak harus membeli pelarut seperti thinner atau sejenisnya melainkan hanya cukup menggunakan air yang bisa Anda jumpai di sekitar lingkungan Anda. Dan bagusnya dari cat berbahan dasar air adalah cat ini lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Berbeda dengan cat berbahan solvent yang notabene mengandung senyawa organik VOC yang tinggi sehingga tidak baik untuk lingkungan.

Cat berbahan dasar air memang tergolong langka karena cat ini masih baru terutama di Indonesia. Produsen cat ini pun masih sedikit namun nyatanya perkembangan cat ini lebih jauh meningkat daripada cat berbahan solvent. Hal ini dikarenakan oleh meningkatnya minat konsumen terhadap cat ini, dengan demikian produksi dan kualitas dari cat berbahan dasar air pun juga mulai dikembangkan.

Salah satu cat berbahan dasar air yang diproduksi Indonesia dan sudah dikenal dengan kualitas dan keamanan bahan yang digunakan adalah Biovarnish. Cat ini adalah cat khusus untuk kayu maupun serat alam lain dengan tampilan natural kayu. Biovarnish ini sudah aman dari bahan-bahan kimia berbahaya karena menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga Biovarnish sudah dipastikan rendah VOC dan tidak beracun.

Kandungan bahannya yang aman membuat Biovarnish juga aman digunakan untuk finishing pada baby furniture, mainan anak-anak maupun furniture dapur.  Tidak hanya aman digunakan, cat ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuat cat tersebut aman untuk furniture interior maupun eksterior.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu seperti tampilan kayu jati, berikut beberapa langkah finishing menggunakan produk finishing Biovarnish:

  1. Sebaiknya bersihkan permukaan kayu dari berbagai noda atau amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar lebih bersih dan rata
  2. Gunakan Biovarnish wood filler warna jati. Campurkan air terlebih dahulu kemudian aduk hingga merata. Aplikasikan menggunakan pisau palet atau sejenisnya ke seluruh permukaan kayu. Diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit kemudian amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240 apabila sudah kering
  3. Gunakan Biovarnish Liquid Stain warna jati. Campurkan terlebih dahulu dengan air yang bertujuan untuk menurunkan intensitas warna cat. Kemudian aduk hingga homogen dan tidak meninggalkan sisa endapan. Gunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 60 menit dan amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Campurkan air kemudian aduk hingga homogen, untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan metode semprot. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan diamkan selama 60 menit. Dan apabila sudah kering, amplas ambang mengggunakan kertas amplas no. 400
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan air kemudian aduk hingga homogen, aplikasikan dengan metode kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 30 menit apabila menginginkan kering sentuh. Perhatikan permukaan kayu yang sudah kering tersebut, apabila belum sesuai dengan keinginan Anda bisa mengulangi tahap ini. Dan apabila sudah sesuai dengan keinginan, diamkan selama 24 jam untuk kering packaging atau kering siap pakai.

Produk-produk finishing Biovarnish menawarkan 20 varian warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan untuk selalu memperhatikan langkah-langkah proses finishing untuk hasil yang lebih optimal dan yang perlu diingat adalah selama proses pengeringan, sebaiknya didiamkan di tempat teduh atau di suhu ruangan. Memang sinar matahari akan mengeringkan cat lebih cepat namun hasilnya tidak akan optimal.

Untuk mendapatkan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan ini, Anda bisa langsung menghubungi kontak hotline yang tertera di website ini. Atau kunjungi langsung Bio Office yang terletak di kota-kota berikut yakni Yogyakarta, Jepara dan Cirebon.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here