Finishing Yang Tepat Untuk Rak Blockboard

126

Toko mebel biasanya menawarkan furniture-furniture dengan desain yang indah namun sebagian banyak orang yang masih awam hanya melihat dari fungsional dan keindahan dari furniture tersebut tanpa melihat material maupun keamanan cat yang digunakan. Sehingga ketika membeli furniture akan menyesal ketika terjadi kerusakan karena materialnya dan tidak bisa dikomplain karena bukan termasuk dari syarat garansi. Apakah pernah mengalami hal serupa?

Kebanyakan furniture yang berjejer di toko mebel menggunakan material kayu olahan karena bahannya lebih murah dan mudah didapatkan. Namun sayangnya adalah material kayu olahan ini tidak memiliki ketahanan yang baik sehingga mudah rusak dan ada beberapa jenis kayu olahan ketika digunakan pada furniture tidak bisa menopang barang berat.

Material kayu olahan yang biasa digunakan pada furniture atau rak dan tidak mampu menopang barang yang berat adalah blockboard. Material blockboard adalah jenis kayu olahan yang terdiri dari serbuk dan serpihan kayu yang diberikan perekat kemudian di pres. Karena penggunaan serpihan kayu sehingga terdapat rurang-ruang sehingga terkesan tidak terisi penuh.

CS Biovarnish

Material kayu olahan tersebut sangat riskan rusak karena karakternya yang mudah rapuh sehingga sangat tidak disarankan jika digunakan untuk meletakkan barang-barang yang berat. Jika material blockcoard ini digunakan untuk furniture seperti rak, pada umumnya akan dilapisi dengan lembaran seperti triplek agar tidak bersentuhan langsung dengan material dan membuat rak tersebut lebih aman digunakan.

Cara Finishing Yang Tepat Pada Rak Blockboard

Rak berbahan blockboard memang dijual dengan harga yang terjangkau namun keawetan dari furniture ini tidak sama dengan jenis kayu solid atau bahkan kayu olahan lainnya. Karena blockboard merupakan kayu olahan dengan kelas dibawah partikel kayu. Hal ini dikarenakan blockboard terdiri dari serpihan dan bubuk kayu yang membuat beberapa ruang sehingga sangat mudah keropos atau rusak ketika dibebankan dengan beban yang berat.

Namun, furniture blockboard tetaplah furniture yang membutuhkan lapisan cat untuk melindungi serta memperindah tampilannya. Akan jauh lebih baik jika bahan finishing yang digunakan adalah cat yang memiliki fitur tahan air sehingga rak ini tidak mudah menyerap air dan bisa bertahan lama. Sayangnya, jika diaplikasikan cat solvent based atau dkenal dengan cat berpelarut thinner seperti plitur, pernis, melamin, NC dan sejenisnya tidak mudah menahan air karena mudah mengalami blocking sehingga tampilannya mudah luntur.

Cat solvent based memang memiliki keunggulan dari segi tampilan namun memiliki kelemahan apabila bersinggungan dengan air dan selain itu jenis cat ini tidak direkomendasikan untuk furniture indoor karena kandungan zat kimia yang berbahaya. Sedangkan jenis cat yang memiliki ketahanan air yang baik dan sekaligus aman digunakan adalah cat water based seperti Biovarnish.

Meskipun cat ini adalah jenis cat water based namun dari segi aplikasi hampir sama dengan cat-cat pada umumnya. Berikut langkah-langkah finishing pada papan kayu olahan:

  • Kayu olahan biasanya dilapisi dengan lembaran seperti triplek atau kayu, namun tetap saja perlu diamplas untuk memperhalus permukaan sehingga mempermudahkan proses finishing
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler sebagai penutup pori-pori. Untuk memperhalus permukaan dan menutup pori-pori, aplikasikan Biovarnish wood filler yang sudah dicampur dengan air. Gunakan pisau pallet ketika mengaplikasikan dempul ini ke seluruh permukaan. Diamkan di suhu kamar kurang lebih 20 menit dan apabila sudah kering, amplas permukaannya dengan sedikit menekan menggunakan kertas amplas no. 240
  • Aplikasikan Biovarnish wood stain untuk pewarnaan. Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprot ke seluruh permukaan hingga merata. Diamkan di tempat teduh kurang lebih 60 menit, apabila sudah kering kemudian amplas ambang
  • Tahap akhir, aplikasikan Biovarnish clear coat. Seperti pada tahap sebelumnya, campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu kuaskan/semprotkan ke seluruh permukaan. Lalu diamkan di tempat teduh kurang lebih 30 menit untuk kering sentuh. Apabila tampilannya belum sesuai yang diinginkan, aplikasikan kembali. Dan untuk kering secara sempurna, diamkan di suhu kamar kurang lebih 24 jam.

Cat Yang Baik Untuk Furniture Blockboard

Seperti yang disinggung diatas bahwa cat yang baik untuk finishing furniture blockboard adalah cat yang memiliki fitur tahan air salah satunya adalah cat water based. Cat tersebut merupakan cat yang menggunakan bahan dasar air namun justru memiliki ketahanan yang baik terhadap air. Ssalah besar jika beranggapan bahwa cat water based merusak lapisan kayu, justru dengan cat water based kayu akan bertahan lebih lama dan tahan air, selain itu lebih aman dari cat solvent based.

Biovarnish merupakan pelopor cat water based yang menawarkan fitur-fitur yang akan mempermudah proses finishing serta melindungi furniture dengan baik. Cat water based yang satu ini juga sudah dipastikan aman karena diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan regulasi internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan ECHA-Reach. Sehingga Biovarnish adalah cat yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, sangat rendah VOC bahkan hampir tidak terkandung VOC didalamnya dan non-toxic.

Karena kandungan bahannya yang aman, Biovarnish juga sangat cocok jika diaplikasikan pada furniture-furniture yang bersinggungan langsung dengan bayi, anak-anak maupun makanan. Padahal mengingat bahwa kondisi anak-anak maupun bayi sangat sensitif dan riskan terhadap bahan kimia. Begitu pula makanan, apabila terkontaminasi bahan kimia berbahaya bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Karena Biovarnish memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat serta transparansi warna yang bagus membuat cat water based ini bisa diaplikasikan pada natural fyber seperti bambu, rotan, pelepah pisang, enceng gondok dan lain sebagainya. Sehingga Biovarnish akan mempertajam tampilan furniture serta menonjolkan serat khas dari setiap media yang diaplikasikan.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Biovarnish tentunya memberikan keuntungan bagi aplikatornya. Mulai dari kemudahan aplikasi, hasil tampilan serta keamanan bahan yang tidak berdampak buruk aplikatornya. Meskipun demikian, Biovarnish tidak hanya dapat diaplikasikan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang finishing melainkan orang awam sekalipun. Sebab, Biovarnis efektif ketika diaplikasikan dan membuat tampilan pada permukaan media merata dengan baik.

Masih penasaran dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Biovarnish? Bahkan Biovarnish tidak hanya menawarkan tiga produk seperti yang diatas saja, melainkan juga produk-produk finishing lainnya yang akan mempermudah proses finishing dan menghasilkan tampilan seperti yang diinginkan. Untuk mendapatkan produk yang ramah lingkungan ini, Anda bisa menghubungi langsung kontak yang tertera pada website atau mengunjungi langsung Bio Office Centre yang terdapat di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon.

Pastikan Anda sejak saat ini menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Dengan menerapkan gaya hidup sehat akan meminimalisir dampak-dampak buruk yang saat ini terjadi salah satunya adalah pemanasan global. Stop penggunaan bahan finishing berbahaya, beralihlah pada cat yang ramah lingkungan!

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here