Gunakan Cat Pagar Bambu Aman, Langkah Gerakan Go Green

346

Langkah untuk menjaga lingkungan (go green) salah satunya adalah menggunakan cat pagar bambu pada dekorasi rumah.

Bambu mudah sekali kita temui di Indonesia. Desainer arsitektur banyak memanfaatkan bambu untuk dekorasi rumah. Karena bambu lebih kuat dari kayu dan tahan lama. Di Jepang, penggunaan bambu memiliki filososfi yang menggambarkan pegunungan dan menyejukkan.  Tampilannya yang indah, bambu sering digunakan untuk bagian eksterior rumah agar menampilkan kesan alami seperti halnya di Jepang.

Bambu yang tampak indah, justru akan tampak buruk jika tidak melewati perawatan sebelumnya. Bambu merupakan bahan yang mudah lapuk dan warna alami yangcepat memudar karena cuaca. Selain itu, bambu juga rentan terhadap serangan serangga pengganggu seperti rayap atau serangga bubuk atau teter. Maka dari itu, perlu melakukan perawatan sebelum bambu digunakan untuk dekorasi rumah. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah tahap finidhing. Gunakan cat pagar bambu aman, memiliki daya lekat bagus, dan ramah lingkungan.

Jangan Salah Menggunakan Cat Pagar Bambu Yang Aman.

Penggunaan cat pagar bambu bisa saja Anda memilih yang tidak tepat dan aman. Bagaimana ciri cat pagar bambu aman? Cat tersebut biasanya tidak berbau, tidak beracun serta mengeluarkan VOC yang sangat rendah bahkan cat tersebut ramah lingkungan, tidak mencemari lingkungan sekitar. Sedangkan cat yang tidak aman justru akan menimbulkan bau yang sangat menyengat dan memili VOC yang sangat tinggi. Cat yang aman dan ramah lingkungan adalah cat water based. Cat tersebut sudah mudah ditemukan di pasaran. Banyak produsen cat yang sudah mengobservasi bahwa banyak masyarakat Indonesia menyadari penggunaan cat aman. Sudah 5 tahun terakhir ini, cat water based mulai dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sedangkan cat yang tidak aman dan berbahaya adalah cat solvent based. Cat tersebut selain memiliki VOC yang tinggi juga mengandung merkuri serta timbal. Kedua bahan tersebut jika masuk ke dalam tubuh manusia akan mengakibatkan pusing-pusing, gangguan hati, gangguan sistem syaraf atau bahkan terjangkit kanker. Maka dari itu, sangat disarankan menggunakan cat water based untuk menjaga kesehatan dan lingkungan. Terlebih, penggunaan cat water based juga merupakan salah satu gerakan go green untuk mencegah global warming.

Salah satunya, mulai lah menggunakan cat water based pada dekorasi rumah seperti pagar. Berikut adalah tips-tips menggunakan cat pagar bambu yang aman:

  1. Sebelum Anda mengaplikasikan bambu untuk pagar, lakukan treatment pada bambu. Masukkan anti serangga (BioCide Insecticide) ke dalam air denga perbandingan 1:300. Rendam bambu yang masih hijau atau masih muda ke dalam rendaman selam 1-2 jam.
  2. Cermati dengan seksama bahwa bambu yang akan digunakan benar-benar kering dan bersih. Atau gunakan amplas untuk memperhalus dan membersihkan kotoran dari permukaan bambu.
  3. Aplikasikan Wood Stain Outdoor (WSO) sebagai pewarna dasar permukaan bambu. Tunggu hingga kering.
  4. Kemudian aplikasikan Biovarnish Biopolyture dengan takaran 2 bahan Biopolyture: 1 bahan air. Gunakan kuas atau di spray. Aplikasikan Biopolyture ke seluruh permukaan terutama pada bagian-bagian ruas bambu.
  5. Setelah mengering, lihat hasilnya. Jika warna yang dihasilkan dirasa kurang sempurna, Anda dapat mengaplikasikan kembali Biopolyture. Tapi sebelum mengaplikasikannya, alangkah baiknya amplas terlebih dahulu permukaan bambu. Kemudian baru Anda bisa aplikasikan Biopolyture. Lakukan langkah ini, sampai Anda mendapatkan warna yang sempurna.
  6. Jika sudah mendapatkan warna yang diinginkan, aplikasikan topcoat untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Gunakan sesuai takaran 2 bahan topcoat: 1 bahan air. Tunggu hingga kering dan dapatkan hasilnya.

Setelah langkah-langkah aplikasi tersebut, akan kah Anda tidak berkenan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan? Penggunaan cat aman adalah langkah Anda untuk melindungi bumi dari dampak global warming. Salah satunya adalah cat water based Biopolyture. Cat tersebut merupakan cat water based dengan bahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan serta tidak beracun. Dikatakan tidak beracun karena bahan yang digunakan sesuai dengan standarisasi keamanan Internasiona seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Anda berminat menggunakan cat water based tersebut? Hubungi Bio Industries untuk mendapatkan pemesanan dan info lebih lanjut tentang cat water based melalui telp no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Jika Anda berminat untuk membelinya langsung, silahkan berkunjung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Demikian dengan ulasan mengenai cat pagar bambu yang aman dan ramah lingkungan. Mari gunakan cat ramah lingkungan untuk mengurangi dampak global warming. Bumi Kita Sehat, Kita pun Sehat.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here