Hemat Waktu Dalam Mengecat Ruangan

178
Hemat Waktu Dalam Mengecat Ruangan

Mengecat adalah salah satu bagian yang sangat penting dan besar bagi pemilik rumah. Mengecat akan memperbaiki ruangan yang lama agar terlihat seperti baru kembali. Padahal mengecat ruangan yang lama menjadi baru akan sangat memakan waktu untuk pemilik rumah.

Untungnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pengecatan sehingga akan menghemat waktu Anda berlama-lama dengan cat. Berikut ini beberapa cara agar Anda bisa cepat dalam melakukan pembaharuan dalam ruangan yang lama.

  • Perencanaan

Hemat Waktu Dalam Mengecat Ruangan

CS Biovarnish

Merencanakan sebelum Anda mengecat dapat menghemat waktu Anda untuk berpergian ke toko bahan bangunan. Sebelum membeli cat Anda bisa memperkirakan berapa jumlah cfat yang Anda butuhkan. Ukurlah kebutuhan cat sesuai dengan tinggi dan luas dari dinding kamar Anda. Biasanya satu galon cat dapat digunakan untuk berapa luas ruangan tergantung dengan merk cat yang akan Anda gunakan.

Anda bisa melakukan browsing terlebih dahulu pada internet sambil memilih jenis cat yang akan Anda gunakan.

  • Memilih jenis cat yang tepat

Beberapa jenis cat cocok digunakan untuk ruangan yang berbeda. Sangat penting untuk Anda mengetahui jenis cat yang akan digunakan sesuai dengan ruangan yang akan Anda cat. Sebagai contoh untuk dinding yang memiliki tampilan gloss atau flat sangat sulit untuk dibersihkan. Maka jenis cat tersebut tidak akan cocok digunakan pada ruangan yang sering kotor seperti ruangan anak-anak atau dapur.

Bahan cat lainnya seperti sating, gloss, eggshell dan juga high gloss memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan yang Anda butuhkan dalam ruangan.

  • Membersihkan permukaan

Melakukan pembersihan pada permukaan sebelum Anda mengecat akan membantu cat melekat dengan sangat baik. Apalagi jika Anda bekerja pada permukaan dinding yang tyelah menempel cat dalam waktu yang sangat lama. Salah satu bahan yang baik dan cepat menghilangkan lapisan cat yang lama adalah trisodium phosphate (TSP). Bahkan bahan ini akan menghemat waktu Anda untuk aplikasi scrape menghilangkan secara bersih lapisan cat yang lama.

  • Gunakan roller lebar
Hemat Waktu Dalam Mengecat Ruangan
Jenis-jenis roller.

Menggunakan roller yang lebar akan menghemat waktu  ketika Anda akan mengecat dinding. Standar dari roller adalah berukuran 9 inci namun Anda bisa menggunakan roller hingga berukrua 18 inci. Aplikasi roller akan sangat baik untuk permukaan yang rata dan juga luas sehingga akan mempercepat Anda dalam menjangkau bagian yang sangat luas tersebut. Roller berukuran besar juga akan membantu Anda untuk mendapatkan permukaan dinding yang konsisten dari permukaan.

  • Berikan perlindungan pada lantai

Kain katun biasanya digunakan untuk melindungi lantai ketika proses pengecatan berlangsung. Padahal penggunaan kain ini sangat tidak bermanfaat karena kain yang terkena cat akan merembes ke bawah dan merusak lantai terlebih lagi jika Anda menggunakan lantai kayu. Daripada Anda menggunakan kain sebaiknya Anda menggunakan kertas rosin yang akan menahan cat merembes ke bawah. Cara aplikasinya Anda cukup merekatkan menggunakan selotip kertas ke seluruh bagian ruangan.

  • Gunakan selotip kertas
Hemat Waktu Dalam Mengecat Ruangan
Merekatkan selotip di dinding menggunakan pisau scrape.

Akan sangat mudah untuk menutup bagian ujung dinding dengan selotip kertas daripada Anda memperbaikinya menggunakan ujung kuas. Anda bisa menggunakan pisau scrape untuk meratakan selotip di sepanjang ruangan agar menempel dengan baik dan tidak membuat cat dapat masuk ke bagian yang tidak merekat dengan baik.

  • Jangan memulai dari ujung

Sangat sulit untuk mengecat jika Anda memulainya dari ujung dinding atau bagian pinggir. Daripada Anda memulai dari pinggi sebaiknya Anda memulainya dari bagian tengah kemudian meluas hingga bagian pinggir.

 

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here