Hidup Sehat Dengan Finishing Kayu Kelapa

425

Teknik finishing kayu kelapa harus dilakukan dengan tepat dan benar. Alangkah baiknya menggunakan cat aman dan ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar Anda.

Kayu kelapa merupakan salah satu kayu yang digunakan oleh indutri furniture. Produsen furniture sering memanfaatkan kayu kelapa untuk membuat kusen, tiang rumah bagian depan ataupun dalam, jendela, pintu, rangka atap atau bahkan dapat digunakan untuk pagar. Di Indonesia, untuk mendapatkan kayu ini  tidaklah sulit. Karena Indonesia merupakan beriklim tropis, dan sangat cocok ditumbuhi pohon kelapa. Sehingga banyak desainer arsitektur memanfaatkan kayu kelapa untuk furniture eksterior ataupun interior.

Desainer arsitektur memilih kayu kelapa untuk dijadikan furniture karena serat-seratnya yang unik dan jelas. Karena serat tersebut lah yang menjadi salah satu ciri khas kayu kelapa. Dengan tampilan alami serat kayu kelapa dapat menampilkan furniture lebih elegan dan mewah.  Namun, kayu kelapa juga sangat rentan dengan serangan jamur dan serangga seperti rayap atau serangga bubuk kering.  Maka dari itu, sebelum diolah untuk dijadikan bahan furniture alangkah baiknya dilakukan treatment kemudian dilakukan aplikasi finishing kayu kelapa.

Gunakan Finishing Kayu Kelapa Yang Aman dan Tepat

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kayu kelapa merupakan salah satu kayu yang sangat rentan terkena serangan jamur dan serangga. Selain itu, kadar minyak yang dimiliki kayu kelapa sangat tinggi sehingga harus diperhatikan aplikasi finishing kayu kelapa yang benar dan tepat. Jika salah teknik aplikasi finishing kayu kelapa maka serat kayu akan menyusup dan hal tersebut berbahaya. Maka dari itu, sebelum sampai ke langkah finishing kayu kelapa alangkah baiknya lakukan treatment pada kayu kelapa untuk menghindari serangan jamur dan serangga jahat. Berikut treatment yang dapat Anda lakukan:

  1. Gunakan anti jamur dan anti sekaligus ke dalam air untuk merendam kayu kelapa. Rendam kayu kelapa kurang lebih 1-2 jam.
  2. Kemudian angkat dari rendaman tersebut.
  3. Kayu kelapa di stacking KD di oven klindry sampai benar-benar mengering
  4. Pastikan MC kayu <12%, kemudian amplas kayu kelapa hingga halus.

Setelah Anda melakukan treatment, kayu kelapa sudah dapat digunakan untuk membentuk pola furniture yang telah Anda buat. Langkah selanjutnya adalah tahap finishing kayu kelapa yang sudah dibentuk sebuah furniture. Adapun langkah-langkah finishing kayu kelapa yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu kelapa bersih, amplas jika Anda merasa permukaan kayu kelapa kurang bersih dan rapi
  2. Kemudian aplikasikan Wood Stain Outdoor (WSO) dengan metode kuas atau spray.
  3. Tunggu hingga mengering, lalu aplikasikan BioColours Biopolyture ke permukaan kayu kelapa. Bahan yang digunakan, disarankan dengan takaran 2 bahan Biopolyture:1 bahan air. Tunggu hingga mengering.
  4. Jika hasil warnanya kurang memuaskan, dapat Anda aplikasikan kembali Biopolyture. Namun, sebelumnya amplas kembali permukaan kayu lalu aplikasikan Biopolyture
  5. Apabila Anda sudah menemukan warna yang sesuai dnegan yang diinginkan, Anda aplikasikan topcoat. Gunakan topcoat EP 3050 dengan warna sesuai dengan yang Anda kehendaki. Gunakan topcoat sesuai takaran sepertinya halnya Biopolyture, 2 bahan topcoat:1 bahan air.
  6. Tunggu hingga kering, kemudian lihat hasil yang ditampilkan tersebut.

Bahan-bahan seperti WSO, Biopolyture dan topcoat EP 3050 merupakan produk dari Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang memiliki semboyan Good Chemical Good life dengan maksud perusahaan yang peduli lingkungan dengan memproduksi khusus cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Bahaya penggunaan bahan yang dapat mengikis lapisan ozon seperti cat yang mengeluarkan VOC yang tinggi,cat solvent based sudah tidak disarankan untuk digunakan. Cat tersebut salah satu yang dapat menyebabkan lubang lapisan ozon melebar dan global warming semakin menjadi. Maka dari itu, disarankan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan. Cat water based sudah digalakkan di benua Amerika dan Eropa sejak belasan bahkan puluhan tahun lalu untuk mencegah pemanasan lingkungan dan menjaga lingkungan sekitar. Sedangkan di Indonesia, salah satu langkah peduli lingkungan dan go green adalah banyak produsen cat yang mulai mengembangkan cat water based aman dan ramah lingkungan, salah satunya Bio Industries. Cat water based, seperti BioColours Biopolyture yang menggunakan bahan sesuai dengan formulasi standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Anda pasti ingin menjaga lingkungan sekitar Anda, bukan? Tidak maukah Anda menggalakkan go green dengan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan? Jika iya, angkat telphone Anda dan hubungi Bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Jika Anda berada di kawasan Yogyakarta dan ingin membeli produk cat water based secara langsung, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan. No.94, Yogyakarta. Mari galakkan go green dan peduli lingkungan sekitar Kita dengan menggunakan finishing kayu kelapa yang aman dan ramah lingkungan. Semoga dengan ulasan singkat mengenai langkah-langkah melakukan finishing kayu kelapa tersebut akan memberikan inspirasi dan memudahkan Anda. Bumi Aman, Anda pun Aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here