Ide Desain Rumah Bergaya Tradisional Adat Jawa

1618

Rumah yang nyaman dan juga menarik pastinya menjadi idaman bagi semua orang. Konsep rumah yang matang dan juga desain rumah yang unik tentu saja akan membuat anggota keluarga menjadi nyaman dan juga betah berada di dalam rumah. Ada berbagai desain rumah yang unik dan juga menarik untuk dijadikan inspirasi anda. Pemilihan desain atau tema rumah sebaiknya disesuaikan dengan keinginan anda.

Bagi anda yang menyukai tipe rumah dengan gaya yang unik dan juga menarik, maka anda dapat memilih salah satu jenis rumah adat yang cocok untuk anda. Kali ini akan dibahas mengenai rumah bergaya tradisional adat Jawa. Rumah tradisional adat Jawa ini pastinya akan memiliki desain yang berbeda dari rumah lainnya. Rumah adat Jawa ini identik dengan rumah joglo. Mungkin untuk mendesain sebuah rumah adat dengan gaya tradisional Jawa anda akan mengalami kebingungan. Berikut ini inspirasi cara desain rumah bergaya tradisional adat Jawa.

  1. Pemilihan atap

Rumah adat Jawa terkesan klasik yang identik dengan kayu. Desain atap rumah joglo ini sangat berbeda dengan atap yang lainnya. Atap yang didesain cukup tinggi denga tiang-tiang penyangga rumah yang terbuat dari kayu yang keras. Ada 4 pilar yang digunakan untuk penyangga rumah joglo. Rumah adat Jawa biasanya menggunakan atap yang terbuat dari genting.

  1. Dinding
CS Biovarnish

Rumah adat Jawa identik dengan kayu yang keras dan juga ukiran. Dinding rumah joglo, jendela, pintu juga biasanya terbuat dari kayu keras. Bagi yang menyukai rumah dengan adat Jawa ini biasanya menggunakan kayu jati untuk bahan furniture, dinding, maupu pintu rumah. Kayu jati sudah terkenal akan kekerasannya dan juga awet.

  1. Furniture

Kesan rumah adat Jawa dapat pula dilihat dari furniturenya. Kebanyakan menggunakan furniture dari bahan kayu. Ada beberapa bahan kayu yang cukup keras dan juga awet cotohnya kayu jati, kayu magohani dan jenis kayu yag awet dan keras. Furniturenya pun tampak seperti furniture dengan gaya klasik dan lebih bersifat sederhana.

  1. Bagian dari rumah adat Jawa

Ada tiga bagian utama dari rumah joglo yaitu pendhopo, pinggitan dan omah dalem. Pendhopo merupakan bagian yang paling luar dari rumah. Pendhopo ini biasanya digunakan untuk menerima tamu. Ciri khas dari pendhopo adalah tidak ditempatkannya kursi pada bagian ini. Bagian yang kedua yaitu bagian pringgitan. Bagian ini juga merupakan ruang tamu yang bagian pendhopo. Pada bagian pringgitan akan ditemukan kursi tamu. Bagian yang ketiga yaitu omah dalem. Omah dalem merupakan rumah utama dalam rumah Joglo. Rumah ini merupakan tempat untuk berkumpul para keluarga dan juga juga merupakan ruang pribadi dari pemilik rumah.

  1. Cat dinding

Bagian yang paling terlihat ketika mendesain rumah adalah pemilihan cat dinding. Cat dinding pada rumah joglo tentu saja akan bernuansa klasik dan juga sederhana. Rumah joglo biasanya dicat dengan warna yang netral seperti cream atau coklat. Bahan yang biasa digunakan untuk mengecat adalah plitur. Rumah joglo memang identik dengan perabotan dari kayu. Jadi, penggunaan plitur atau juga melamin untuk kayu ini sangat bagus. Terkadang ditemui juga rumah joglo yang tanpa dicat, akan tetapi finishing dinding yang halus dan juga tepat.

Demikian cara desain rumah adat Jawa. Bagi anda yang menyukai gaya klasik tentu saja rumah adat ini cocok untuk anda. Pilih dari bahan kayu yang berkualitas dan awer.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here