Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas Palet

2549
Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas Palet

Kotak obat sangat diperlukan keberadaannya di rumah, agar obat tidak berserakan di mana-mana. Berikut ulasan ide unik membuat kotak obat dari kayu bekas palet.

Kayu bekas seperti kayu palet memang sangat berguna dan juga dapat anda buat menjadi berbagai furniture untuk rumah tangga. Kayu palet bekas sudah diawetkan sehingga banyak orang yang memanfaatkan kayu ini untuk berbagai perabotan rumah tangga yang Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas Paletmenarik dan cantik.

Nah, selain furniture Anda juga dapat membuat kreasi kayu palet bekas menjadi salah satu bentuk kotak obat yang menarik dan juga cantik. Bagaimana membuat kotak obat dari kayu palet? Walaupun kotak obat biasanya berukuran kecil, namun Anda juga perlu trik dan juga tips yang jitu untuk membuat kotak obat dengan mudah.

CS Biovarnish

Tips Mudah Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas Palet

Berikut ini cara membuat kotak obat dari kayu palet bekas berbekal peralatan sederhana di rumah :

  1. Buat rancangan desain kotak obat terlebih dahulu

Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas PaletHal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rancangan desain kotak obat yang Anda inginkan. Anda dapat mendesain kotak obat dengan menggunakan kayu palet ini seperti kotak obat pada umumnya, atau buat se-unik mungkin sehingga bisa sekalian dijadikan sebagai home decoration.

  1. Siapkan alat dan juga bahan

Persiapan selanjutnya adalah persiapan alat dan juga bahan. Untuk alatnya Anda akan membutuhkan meteran, gergaji, sekrup atau baut, serta engsel. Sedangkan untuk bahannya maka yang harus Anda persiapkan adalah potongan kayu palet. Siapkan pula bahan finishing yang diperlukan beserta peralatan untuk aplikasi proses finishing.

  1. Pisahkan kayu palet

Kayu palet biasanya sudah dalam bentuk jadi atau seperti bentuk peti kemas, oleh karena itu Anda perlu memisahkan bagian dari kayu palet tersebut. Anda sebenarnya hanya membutuhkan sedikit kayu palet saja jika Anda menginginkan kotak obat dalam bentuk kecil. Pilih kayu palet yang masih bagus kualitasnya.

  1. Potong kayu palet

Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas PaletSetelah Anda memisahkan bagian dari kayu palet, maka potong kayu palet menjadi beberapa bagian sesuai dengan desain yang sudah Anda buat. Anda perlu membuat bagian kerangka kayu palet menjadi bagian belakang, bagian samping dan juga rak dari kotak obat. Untuk bagian jendela atau bagian depan kotak obat dapat Anda buat menjadi seperti bentuk figura jika Anda menginginkan tampilan kotak obat yang transparan dengan jendela kaca.

  1. Amplas kayu palet

Bagian dari kayu palet memang terkadang tidak sama rata, namun Anda dapat mengamplasnya. Amplas semua bagian dari kerangka yang sudah Anda buat agar kayunya lebih halus dan tidak melukai Anda. Apabila ada bagian dari kayu palet dengan ketinggian yang tidak sama maka amplas kembali. Lakukan pengamplasan sampai kayu palet tersebut halus.

  1. Satukan komponen

Setelah proses pengamplasan selesai, maka satukan semua komponen dari kayu palet tersebut menjadi bentuk kotak obat sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Gunakan sekrup dan juga baut untuk menyatukan bagian dari komponennya. Sedangkan untuk bagian pintu atau jendela dari kotak obat, maka gunakan dua engsel untuk menyatukannya. Berikan tambahan pegangan jendela dengan ukuran yang kecil agar Anda lebih mudah dalam membuka kotak obat Anda. Jangan lupa memasang kaca jendela kotak obat agar terlihat lebih manis.

  1. Pengecatan

Ide Unik Membuat Kotak Obat Dari Kayu Bekas PaletUntuk hasil yang maksimal dan kotak obat dengan tampilan yang cantik, maka pilih cat dengan warna putih bersih. Anda juga bisa memilih warna lain, namun pastikan untuk menyesuaikan dengan warna ruangan di mana kotak obat akan ditempatkan. Kotak obat minimalis yang sederhana namun cantik dari kayu palet bekas dapat Anda hadirkan di rumah Anda tanpa perlu biaya yang mahal.

Demikian cara sederhana membuat kotak obat dari kayu palet bekas. Jika Anda dapat memanfaatkan barang bekas di sekitar Anda, buat apa Anda harus membelinya dengan harga mahal?

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here