Ini Dia Fungsi Amplas Orbital dan Cara Menggunakannya

207
Ini Dia Fungsi Amplas Orbital dan Cara Menggunakannya

Amplas listrik pasti sudah menjadi keseharian para pekerja kayu. Pengamplasan dilakukan dengan cepat dan halus. Semakin halus kayu yang dihasilkan maka akan semakin baik pula hasil finishingnya. Kayu memiliki tingkat kekerasan yang berbeda, sehinggva apabila mengamplas secara manual akan sangat menguras tenaga.

Adanya mesin amplas sangat membantu para pekerja kayu untuk meringankan beban pekerjaan mereja. Ada berbagai macam jenis amplas listrik atau mesin amplas ini salah satunya yang banyak digunakan adalah orbital sander.

Fungsi amplas dari orbital sander yang utama adalah untuk membuat kayu terlihat baik. Sedangkan bagi Anda yang ingin menghilangkan bagian keras dari kayu atau permukaan kayu yang tidak rata sebaiknya menggunakan belt sander. Jenis kedua mesin amplas ini sangat berbeda begitu juga dengan fungsinya.

CS Biovarnish

Banyak para pengrajin kayu yang menggunakan orbital sander setelah aplikasi belt sander. Alasannya adalah karena permukaan kayu sudah menjadi lebih halus. Namun apabila memaksakan orbital sander mengerjakan tugas belt sander maka diperlukan tiga kali waktu yang lebih lama.

Daripada menjalankan fungsi dari belt sender, sebaiknya  gunkan orbital sander untuk meraih hasil berikut ini:

  • Menghaluskan kayu, tidak ada pekerja kayu yang akan mengaplikasikan cat sebelum pengamplasan menggunakan orbital sander. Hasilnya adalah kayu akan tampak kasar dan finishing tidak merata.
  • Membentuk siku rapi, mendapatkan siku yang rapi pada semua jenis finishing sangat penting. Tidak ada yang akan terluka apabila siku semua furniture rapi terutama pada furniture anak-anak.
  • Finishing ulang furniture lama. Refinishing adalah proyek yang sering dilakukan dengan orbital sander. Hasil amplas yang diberikan akan menghaluskan lapisan cat yang lama dan memperlihatkan efek rustic.

Ada beberapa jenis orbital sander yang pada umumnya digunakan para profesional. Bentuk umum dari orbital sander adalah segi empat, persegi panjang dan juga segitiga tumpul. Untuk bentuk segitiga tumpul pergerakan amplas akan memutar dan membentuk lingkaran. Namun aplikasinya harus berpengalaman jika tidak akan menimbulkan efek melingkar pada kayu yang cukup dalam.

Ini Dia Fungsi Amplas Orbital dan Cara Menggunakannya
aplikasi orbital sander

Nah berikut ini beberapa jenis orbital sander yang banyak digunakan:

  1. Berukuran paling kecil, jenis ini sering dikenal dengan pad sander yang berukuran sebesar telapak tangan. Biasanya digunakan untuk kertas amplas standar.
  2. Orbital sander dua tangan. Jenis orbital sander ini masih ada namun sudah jarang ditemui. Dikenal dengan boros kertas amplas karena setelah dipasang hanya akan digunakan setengah kertas amplas saja. Namun mesin amplas ini sangat ringan.
  3. Detail sander, salah satu jenis mesin yang banyak dipasaran. Sangat cocok digunakan karena dapat menjangkau bagian siku dengan bentuknya yang segitiga. Banyak profesiona yang menggunakan detail sander.

Untuk menggunakan orbital sander ini ada beberapa tips yang perlu diikuti. Selalu mengamplas sesuai dengan arah serat kayu. Ini akan menghasilkan goresan amplas yang tidak merusak permukaan kayu. Jika kayu sudah cukup halus jangan terlalu menekan mesin karena mesin akan bekerja dengan sendirinya dengan bobot mereka.

Seringlah untuk mengganti kertas amplas yang sudah aus. Kertas amplas yang sudah aus perlu diganti jika tidak akan merusak permukaan kayu dan akan merusak mesin amplas. Mengecek hasil pengamplasan bisa dilakukan dengan menyentuh permukaannya dengan ujung jari tangan. Rasakan apakah hasilnya sudah rata dan halus.

Hasil terbaik akan didapatkan apabila cara menggunakan orbital sander sudah benar. Permukaan tidak akan bergelombang. Bersihkan debu amplas sesudah proses pengamplasan selesai.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here