Ini Dia Perawatan Kayu Jati dengan Mengecat

103
Ini Dia Perawatan Kayu Jati dengan Mengecat

Siapa bilang mengecat bukanlah perawatan kayu? Justru mengecat adalah langkah pertama dari perawatan furniture. Ingat tugas dari lapisan coating dari cat adalah untuk memberikan perlindungan dan juga penampilan. Semakin bagus dan berkualitas jenis cat yang digunakan maka furniture akan memiliki penampilan yang indah dan tahan lama.

Apakah yang dilakukan dari kegiatan mengecat yang menjadi perawatan furniture? Dari sini bisa dilihat bahwa pemilihan jenis cat menjadi pokok penting pertama yang harus dipikirkan. Kayu jati adalah jenis kayu dengan pori kayu halus dan tidak terlalu banyak menyerap cairan cat.

Justru dengan pori kecil, apabila ingin dilapisi dengan pernis kayu langsung tidak akan bertahan lama perlu lapisan cat dasar sebagai perantara permukaan kayu dengan lapisan pernis. Cat water based adalah jenis cat kayu pilihan yang bisa digunakan untuk finishing furniture kayu jati.

CS Biovarnish

Apabila Anda ingin mulai mengecat furniture kayu jati dengan tujuan mendapatkan perawatan yang terbaik, ikut beberapa langkah di bawah ini:

  • Pengamplasan kayu, dilakukan untuk mendapatkan permukaan yang lebih halus. Pori kayu jati akan terbuka dan tidak tersumbat oeh kotoran. Permukaan yang halus akan mempermudah mendapatkan hasil finishing yang rata dan mengkilap.
  • Aplikasi sanding sealer, fungsi sanding sealer adalah untuk menutup pori kayu. Proses aplikasi sanding sealer water based membutuhkan air sebagai bahan pelarut. Dilanjutkan dengan penguasan atau penyemprotan tergantung dengan proses aplikasi yang dianjurkan pada kemasan produk. Anda bisa mengulangi aplikasi sanding sealer hingga dua kali.
  • Apabila proses aplikasi sanding sealer selesai maka dilanjutkan pengeringan dan pengamplasan. Perlu diingat proses pengeringan cat water based tidak dijemur. Cukup dikeringkan dalam ruangan dan diangin-anginkan saja. Kemudian proses pengamplasan ambang baru bisa dilakukan.
  • Baru setelah lapisan sanding sealer selesai, pernis atau plitur bisa diaplikasikan. Anda bisa menggunakan cat top coat sebagai pernis. Aplikasinya sama seperti sanding sealer, hanya saja tidak perlu mengamplas. Cukup tunggu lapisan ini mengering selama 24 jam maka lapisan coating akan mengeras.

Ini Dia Perawatan Kayu Jati dengan MengecatLapisan akhir inilah yang akan menjadi perawatan furniture kayu jati. Perawatan yang diberikan berupa perlindungan terhadap perubahan cuaca, goresan hingga pada kelembaban. Apabila Anda akan meletakan kayu jati sebagai garden furniture, pastikan menggunakan jenis top coat yang terbuat dari polyurethane.

Top coat tersebut lebih melindungi dan memberikan lapisan yang lebih kuat. Anda tidak perlu takut apabila furniture terkena panas matahari dan sering digunakan terus menerus. Selain pemilihan bahan cat dan cara aplikasinya furniture kayu jati bisa dilanjutkan dengan perawatan secara berkala.

Perawatan berkala bisa dilakukan setiap hari atau satu bulan sekali. Kebersihan furniture kayu jati dari debu harus diperhatikan. Anda bisa membersihkan furniture dari kotoran dengan kain lap mikrofiber.

Jika furniture kayu jati sudah rajin dibersihkan, tinggal pemberian bahan poles kayu. Memoles furniture kayu jati adalah kegiatan yang bisa dilakukan bulanan. Setiap bulannya di waktu senggang, luangkan waktu untuk memoles dengan bahan poles furniture kayu khusus.

Caranya bahkan sangat mudah, cukup ambil bahan poles kayu dengan kain sedikit saja. Gososkan pada permukaan kayu hingga merata hingga warna yang mulai kusam kembali cerah kembali. Anda akan melihat tampilan furniture yang tampil seperti baru saja dicat.

Bahan poles akan menguatkan lapisan top coat sekaligus memberikan penampilan furniture selalu baru.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here