Inspirasi Cara Finishing Meja Makan Yang Aman

276
Inspirasi Cara Finishing Meja Makan Yang Aman

Cara finishing meja makan yang aman harus memperhatikan keamanan bahan finishing atau cat yang digunakan.

Salah satu perabotan ruang makan yang paling utama adalah meja makan. Tampilan meja makan yang cantik akan menambah keindahan dari ruang makan anda. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tahap finishing pada meja makan dengan tepat.

Inspirasi Cara Finishing Meja Makan Yang Aman

CS Biovarnish

Finishing dapat dikatakan sebagai proses akhir dari sebuah pengerjaan furniture. Namun untuk meja makan, Anda tidak bisa sembarangan memilih bahan finishing. Pemilihan cat untuk proses finishing memang sangat diperlukan. Apalagi untuk meja makan. Harus diperhatikan betul faktor keamanan bahan yang digunakan.

Bagaimana cara finishing meja yang aman dan juga mudah? Bahan finishing seperti apakah yang cocok untuk meja makan? Simak tips berikut ini.

Inspirasi Cara Finishing Meja Makan Yang Aman dan Langkah-Langkahnya

  1. Kenali bahan dari meja makan anda

Sebelum anda memulai proses atau tahapan dari finishing meja makan anda, maka sebaiknya anda juga harus mengenali bahan pembuatan dari meja makan anda. Meja makan yang terbuat dari kayu pastinya memiliki ciri tersendiri. Oleh karena itu, anda juga perlu untuk memilih cara yang tepat untuk proses finishingnya.

  1. Pilih jenis finishing yang aman untuk meja makan

Nah, proses selanjutnya adalah menentukan bahan finishing yang tepat untuk meja makan anda. Pemilihan bahan yang tepat ini berkaitan dengan memilih tipe atau jenis dari cat finishingnya. Pilih bahan finishing yang aman dengan kualitas yang bagus agar meja makan anda lebih awet dan tentunya tidak akan menimbulkan efek pada kesehatan anda.

Memilih jenis finishing memang memerlukan ketelitian dan juga kecermatan. Ada berbagai bahan finishing yang beredar di pasaran, oleh karena itu bahan yang aman dan tidak menimbulkan bau yang menyengat merupakan bahan yang cocok untuk meja makan anda. Ini cara paling mudah untuk menentukan keamanan bahan finishing. Karena bau yang menyengat merupakan penanda jika bahan finishing tersebut mengandung bahan kimia yang perlu diwaspadai tingkat bahayanya.

  1. Siapkan alat dan juga bahan

Selanjutnya, persiapkan alat dan juga bahan yang akan anda gunakan untuk proses finishingnya. Bahan dan juga aalt yang akan anda perlukan diantaranya adalah cat finishing, kuas, amplas, kain lap, masker, air atau bahan pengencer, wadah. Pastikan semua bahan telah anda siapkan.

  1. Amplas meja makan dan pastikan bersih dari kotoran

Untuk hasil yang lebih maksimal serta memudahkan anda dalam proses pengecatan maka sebaiknya amplas terlebih dahulu meja makan anda. Pengamplasan ini dapat anda lakukan sendiri dengan menggosok amplas pada meja makan yang sudah anda siapkan. Pastikan tidak ada bagian meja makan yang terlewatkan. Amplas hingga semua bagian furniture halus. Lap dengan kain agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada meja makan.

  1. Tutup bagian kayu yang berlubang atau tidak rata menggunakan wood filler

Apabila anda menemukan bagian dari meja makan yang berlubang, maka anda dapat menutup terlebih dahulu bagian yang berlubang tersebut dengan cara mengoleskan bahan campuran dari lem kayu dan gergajian kayu. Bahan tersebut dapat anda campurkan kemudian tutup pada bagian yang berlubang. Atau Anda bisa menggunakan produk wood filler yang sangat mudah ditemukan. Pastikan untuk memilih wood filler water based. Aplikasikan, kemudian tunggu sampai semua bagian tersebut mengering.

  1. Lapisi menggunakan bahan finishing yang sudah anda siapkan

Tahap terakhir adalah oleskan bahan finishing dengan kuas pada meja makan anda. Baca petunjuk pemakian dengan benar tentang cara pengecatannya. Pastikan menggunakan bahan finishing yang aman. Ambil wadah tuangkan bahan finishingnya. Pakailah masker untuk melindungi pernapasan anda. Aplikasikan menggunakan kuas atau spray. Tunggu hingga kering.

  1. Pengamplasan kembali

Inspirasi Cara Finishing Meja Makan Yang Aman

Pengamplasan sebaiknya anda lakukan kembali untuk menyamaratakan semua bagian dari meja makan anda. Gosokan amplas kembali pada semua bagian dari meja makan anda. Gunakan kertas amplas no 400 dan amplas secara ringan. Pastikan semua bagiannya rata dan tidak over sanding.

  1. Tutup dengan Clear Coat

Aplikasikan clear coat untuk menutup semua lapisan. Fungsinya untuk melindungi lapisan cat di bawahnya dan untuk melindungi dari serangan faktor luar, seperti cuaca atau serangan serangga maupun debu.

Demikian beberapa cara yang mudah berkaitan dengan cara finishing meja makan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika anda bingung mencari bahan finishing yang aman, kami merekomendasikan untuk menggunakan bahan finishing atau cat water based Biovarnish. Selain aman, juga sangat mudah diaplikasikan. Saat ini produknya juga sudah mudah ditemukan, karena Anda juga bisa membelinya secara online. Selamat mencoba.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here