Jenis Kayu Ringan untuk Furniture Dapur

257
Jenis Kayu Ringan untuk Furniture Dapur

Dapur tidak akan lengkap jika tidak ada kabinet atau lemari penyimpanan. Maka adanya kitchen set dalam sebuah dapur sangat penting. Banyak peralatan dapur yang harus disimpan sehingga tidak akan dikenai oleh debu bahkan beberapa serangga seperti kecoa dan tikus. Peralatan makanan harus terjaga karena fungsinya untuk mengolah makanan tetap bersih dan tidak terkontaminasi.

Ada banyak material kayu yang dapat digunakan salah satunya adalah kayu. Material kayu sangat terkenal banyak digunakan di Indonesia dibandingkan material besi dan juga kaca yang lebih mahal. Jika ingin mudah Anda bisa saja membeli kitchen set di toko furniture dengan harga yang sangat murah.

CS Biovarnish

Namun bagaimana bisa Anda mendapatkan furniture dapur yang berkualitas? Kembali lagi pada material, Anda akan menggunakan material kayu di dapur jadi tidak sembarangan menggunakannya. Memang jenis kayu yang paling direkomendasikan adalah kayu keras dan memiliki bobot yang berat seperti kayu jati.

Sayangnya bagi Anda yang hanya memiliki budget rendah tidak bisa jika ingin membeli furniture dapur yang terbuat dari kayu jati. Anda jangan khawatir karena furniture tetap bisa Anda miliki dan dapatkan. Ada jenis kayu ringan yang juga memiliki kualitas terbaik.

Memilih kayu ringan untuk furniture dapur karena masalah harga tidak menjadi masalah. Asalkan Anda bisa memilih manakah jenis kayu ringan yang berkualitas tinggi. Apabila Anda ingin memilih jenis kayu yang berkualitas, berikut ini pilihannya.

  1. Kayu mahoni

Kayu yang berwarna merah ini memiliki kualitas yang baik jika digunakan sebagai furniture dapur. Walaupun tidak tahan terhadap jamur namun kualitas kayu mahoni cukup kuat untuk menopang beban yang berat. Ditambah dengan konstruksi yang baik maka kayu mahoni bisa digunakan sebagai lemari tempat penyimapanan peralatan makan dari keramik yang relatif berat.

Bahkan keindahan warna merah dari kayu mahoni tidak kalah dengan kayu jati. Walaupun memiliki serat yang lurus Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal hanya dengan finishing pernis kayu.

  1. Kayu sungkai

Jenis Kayu Ringan untuk Furniture DapurDibandingkan dengan kayu jati belanda, kayu sungkai lebih baik digunakan sebagai furniture. Ketahanannya dari jamur dan rayap lebih baik dibandingkan kayu jati belanda. Kayu sungkai juga memiliki warna dan serat menarik sehingga melakukan finishing pernis pada permukaannya adalah pilihan yang tepat.

Ciri kayu sungkai adalah kayu berwarna cokelat keputihan dan bagian kayu gubalnya berwarna putih. Sebaiknya sebagai material Anda memilih kayu teras yang lebih kuat. Seratnya lurus dan bergelombang. Karena lingkaran tahun dari kayu sungkai terlihat jelas maka Anda akan melihat keindahan seratnya.

  1. Kayu ramin

Jenis Kayu Ringan untuk Furniture DapurKayu ramin adalah jenis kayu pilihan kedua setelah kayu sungkai untuk dapur. Warna kayu ramin cenderung kuning dan akan memberikan kesan hangat dalam dapur. Kegiatan memasak akan lebih baik dengan kayu ramin.

Kayu ini juga memiliki bobot yang ringan dan mudah dibentuk. Sehingga apapun desainnya kayu akan segera bisa diolah dalam waktu yang singkat. Kayu ramin sangat bagus warna dan seratnya mirip kayu jati jadi Anda bisa melakukan finishing hanya dengan pernis atau plitur saja.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan finishing pada lemari kayu untuk dapur. Pastikan Anda menggunakan cat kayu yang aman digunakan di sekitar alat makan dan juga bahan makan. Ciri cat tersebut tidak mengeluarkan bau dan ada terdapat pada cat kayu water based.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here