Kelebihan dan Kekurangan kayu Solid Sebagai Lantai

138
Kelebihan dan Kekurangan kayu Solid Sebagai Lantai

Di Indonesia rumah yang menggunakan lantai kayu cukup jarang kecuali rumah yang digunakan adalah jenis rumah panggung. Berbeda dari Indonesia di negara yang memiliki 4 musim kebanyakan akan menggunakan lantai kayu pada rumah dan juga perkantoran. Alasannya adalah kayu lebih hangat dibandingkan dengan lantai keramik.

Namun tidak ada salahnya jika Anda yang tinggal di Indonesia ingin menggunakan kayu sebagai lantai. Ada banyak kelebihan dan kekurangan kayu solid sebagai lantai yang didapatkan. Anda yang sedang berencana untuk menggunakan lantai kayu perlu memelajarinya sehingga tahu bagaimana cara pasang, harga dan perawatannya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan jika rumah menggunakan kayu solid.

  1. Faktor harga
CS Biovarnish

Dari faktor pertama ini Anda benar-benar harus mengeluarkan uang yang lebih banyak dibandingkan membangun rumah dengan lantai keramik. Lantai kayu yang digunakan haruslah berkaulitas baik tidak sembarangan kayu bisa digunakan. Ada banyak jenis kayu yakni kayu keras dan kayu lunak. Kayu keras memiliki bobot yang berat dan ketahanan yang lebih baik.

Jika Anda menggunakan kayu lunak sebagai lantai maka kayu akan mudah rusak terutama pada rumah yang langsung bersentuhan dengan tanah. Kayu lunak rentan terhadap jamur dan juga rayap. Kayu keras yang digunakan berharga mahal karena panen kayu yang membutuhkan waktu lebih lama dan jenisnya yang bagus seperti kayu bengkirai, merbau dan jati.

  1. Faktor keamanan

Inilah kelebihan dari lantai kayu yang banyak dicari yaitu kemanan. Dibandingkan dengan lantai keramik, lantai kayu lebih aman digunakan. Sifatnya yang lentur membuat siapa saja yang jatu di atasnya tidak akan cedera parah seperti ketika di atas lantai keramik.

Lantai kayu cocok sekali bagi lingkungan anak-anak. Lantainya tidak mudah pecah dan retak sehingga mengeluarkan area tajam yang dapat melukai kaki.

  1. Faktor penampilan

Kelebihan dan Kekurangan kayu Solid Sebagai LantaiKelebihan lainnya yang didapatkan adalah penampilan. Lantai kayu akan memberikan kesan natural di dalam rumah dan juga hangat. Warna yang natural membawa kita lebih dekat dengan alam dibandingkan dengan lantai keramik yang terkesan dingi.

Penampilan dari lantai kayu dapat ditunjang dengan penggunaan bahan finishing khusus lantai. Bahan finishing ini juga akan memberikan perlindungan yang maksimal terhadap lantai kayu khususnya goresan. Ini akan membuat lantai kayu lebih tahan lama daripada yang diperkirakan.

  1. Faktor perawatan

Selain penampilan kayu yang menjadi segi kelebihan, kekurangannya adalah perawatan. Demi mendapatkan penampilan yang lebih tahan lama Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Perawatan akan mengambil waktu Anda setiap hari dan juga uang Anda.  Anda perlu membersihkan debu dan kotoran yang menempel karena akan mempermudah tampilan kayu yang kusam.

Pembersihan dilakukan setiap hari dan juga setiap bulan. Perawatan bulanan membutuhkan bahan poles kayu yang akan menjaga tampilan lantai kayu tetap cemerlang dan mengkilap. Perawatan tahunan jugha dibutuhkan apabila lantai kayu sudah mulai kusam maka Anda perlu mengecatnya kembali.

  1. Banyak pilihan

Banyak jenis kayu keras membuat Anda memiliki lebih dari satu pilihan lantai kayu. Tampilan lantai kayu mulai dari serat hingga warna akan berbeda. Pemasangan desain lantai tidak harus monoton Anda bisa memasang bentuk horisontal, vertikan hingga diagonal. Ini akan membuat rumah tidak terkesan membosankan.

Nah bagaimana apakah Anda sudah paham apa saja kelebihan dan kekurangan kayu solid jika digunakan sebagai material lantai kayu? Jika Anda sudah siap Anda cukup membeli dan memasangnya.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here