Kenali Apa Itu Kayu Nyatoh Sebelum Membelinya

1135
Kenali Apa Itu Kayu Nyatoh Sebelum Membelinya

Indonesia yang terkenal dengan luas hutan yang besar membuat beragam jenis tanaman tubuh di dalamnya. Pohon yang tumbuh dalam hutan hujan tropis terdiri dari ratusan spesies yang sebagian besar kini dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia mulai dari pembuatan rumah, pembuatan furniture hingga kerajinan lainnya.

Kayu adalah material yang menarik, memiliki daya susut, memberikan penampilan yang indah mulai dari serat dan warna kayunya kemudian berbagai macam kemudahan pembentukannya. Hal yang paling penting dari kayu adalah ketahanan masing-masing kayu untuk digunakan di dalam dan di luar ruangan.

Salah satu jenis kayu yang sudah terkenal di kalangan pengrajin adalah kayu nyatoh. Kayu nyatoh adalah kayu yang banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan juga Jawa. Karena persebarannya yang sangat luas dan mudah ditemukan maka persediaan kayu ini pun cukup banyak, Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkannya di daerah tempat Anda tinggal.

CS Biovarnish

Kayu nyatoh adalah jenis kayu yang digunakan sebagai kayu pertukangan karena tingkat kekuatannya yang cukup rendah. Karena kekuatan inilah kayu nyatoh sebagian besar digunakan sebagai material pembuatan plywood, kertas, parket dan perabotan rumah tangga lainnya.

Namun walaupun memiliki daya retak yang tinggi kayu nyatoh seringkali digunakan sebagai bahan baku furniture. Banyak furniture indoor yang menggunakan kayu nyatoh karena konstruksi pembuatannya pasti kokoh mengingat beban dari kayu nyatoh cukup berat.

Apabila Anda ingin menggunakan kayu nyatoh siapka tenaga yang cukup untuk mengolahnya. sNah permintaan pasar terhadap kayu ini cukup tinggi karena harganya yang murah. Namun harga murah bukan berarti Anda tidak memilih. Pemilihan harus tetap dilakukan agar Anda tetap mendapatkan kayu nyatoh yang berkualitas tinggi.

Apa saja ciri kayu nyatoh yang berkualitas? Berikut ini ciri-ciri yang harus Anda perhatikan saat memilih.

  1. Hanya pilih kayu teras

Kenali Apa Itu Kayu Nyatoh Sebelum MembelinyaKayu nyatoh sama seperti kayu pada umumnya yakni memiliki bagian kayu teras dan kayu gubal. Namun kayu gubal adalah jenis kayu lunak yang sangat mudah terserang oleh rayap dan bagian inilah yang sangat mudah retak. Oleh karena itu Anda harus memilih kayu yang termasuk kayu teras. Kayu teras adalah bagian paling dalam dan warnanya lebih gelap. Warna kayu teras adalah mirip dengan kayu jati hanya saja lebih muda dan berwarna kecokelatan.

  1. Permukaan kayu

Ketika hendak membeli kayu nyatoh coba untuk meraba permukaannya. Kayu yang berkualitas bagus memiliki permukaan yang agak licin dan juga memiliki penamplan serat lurus. Jangan pilih kayu yang terlalu banyak memiliki mata kayu. Karena mata kayu justru akan membuat kayu mudah patah atau retak pada saat dipotong. Tekstur kayu juga cukup halus jadi jangan pilih kayu yang memiliki permukaan atau tekstur kasar.

  1. Berat kayu

Seperti yang telah disebutkan kayu nyatoh asli memiliki bobot yang berat. Apapun bentuknya baik itu palet, lumber dan lainnya kayu akan memiliki bobot yang berat. Jangan memilih kayu nyatoh yang ringan seperti kayu jati belanda karena tandanya kayu tersebut tidak begitu awet.

Nah inilah ciri untuk memudahkan Anda mendapatkan kayu nyatoh yang berkualitas. Jika Anda tidak mendapatkan kayu yang berkualitas maka furniture yang akan dibuat tidak akan bertahan lama. Selain itu Anda juga akan mendapatkan masalah yakni kekuatan kayu yang berkurang. Sebagus apapun konstruksi yang dibuat kayu tidak akan bertahan lama.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here