Kesalahan Umum Dalam Mendekorasi Interior dan Cara Mengatasinya

265

Anda pasti tahu bahwa ruangan di dalam rumah perlu didesain interiornya untuk menambah tampilan lebih berkesan cantik dan menarik pada ruang tersebut. Dalam mengerjakan sebuah proyek desain interior Anda perlu melibatkan maupun memperhatikan beberapa elemen dan aspek tertentu dimana penerapannya harus tepat supaya memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginan. Contohnya seperti penerapan warna cat, furniture, pencahayaan harus sesuai dengan konsep atau gaya interior yang telah Anda pilih. Namun, tak jarang kebanyakan orang melakukan kesalahan yang umum terjadi dalam mendekorasi interior seperti di bawah ini.

  1. Tidak bertanya dan meminta pertimbangan pada orang yang ahli di bidangnya

Kebanyakan orang menganggap bahwa mendesain sebuah interior itu sangat mudah difikirkan dan dikerjakan. Bahkan sebagian dari mereka hanya berfikir sepintas sebelum mendesain interior. Itulah yang sering terjadi pada seseorang yang masih awam akan desain interior rumah. Kebanyakan dari mereka enggan untuk berkonsultasi pada ahlinya karena harus mengeluarkan biaya tambahan.

CS Biovarnish

Banyak orang yang masih belum tahu tata cara mendesain interior rumah mereka dengan kemampuan seadanya. Hasilnya setelah interior selesai ditangani malah menjadi gagal fokus dan acak-acakan. Tentunya suasana tersebut akan mengganggu keindahan dan kenyamanan ruangan saat digunakan. Sesungguhnya, sebelum mendesain sebuah interior rumah agar memperoleh hasil yang cukup memuaskan harus difikirkan matang-matang dahulu.

Sebelum mendesain, ada baiknya jika memikirkan apa konsep dan gaya yang akan digunakan dalam desain interior rumah tersebut. Selain, itu Anda juga harus menentukan furnitur, warna ruangan, hiasan, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dahulu kepada ahlinya untuk mendapat hasil yang sesuai keinginan. Tidak ada slahnya jika harus menambah sedikit rupiah untuk mendapatkan sebuah interior hunian idaman.

  1. Ukuran ruangan dalam desain interior ruangan

Salah dalam mempertimbangkan ukuran ruangan merupakan salah satu masalah dari beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh semua orang ketika mengerjakan desain interior. Hal ini sering terjadi karena dalam menanganinya memang dibutuhkan sebuah kemampuan, kreatifitas dan mata yang jeli untuk menghiasi ruangan dengan skala yang sempurna. Beberapa orang sering menaruh terlalu banyak benda kecil dan perabotan sehingga akan mengacaukan tampilan ruangan dan tidak memberikan titik fokus mata dalam memandangi ruangan.

Selain itu, menerapkan banyak barang atau perabotan besar dalam satu ruangan akan membuatnya terlihat sangat sempit dan sumpek, sehingga menimbulkan kesan yang sangat tidak nyaman. Rahasia dan cara dalam menangani masalah pembagian ruangan yang tepat adalah menerapkan campuran dari berbagai bentuk, tinggi dan ukuran. Akan lebih baik jika Anda memperkerjakan seorang desainer interior untuk membantu memperoleh proporsi dan skala yang tepat. Dengan demikian, maka pengerjaan desain interior rumah Anda akan menuju pada kesuksesan.

  1. Perencanaan anggaran sebelum membeli

Kita semua dalam membeli dan memilih sebuah barang atau perabotan interior rumah cenderung pada hasrat atau keinginan yang mendadak. Ini bukan berarti mengatakan bahwa Anda seharusnya tidak membeli sesuatu yang langsung membuat Anda jatuh cinta. Namun, ketika barang yang Anda cintai tersebut sudah terlanjur dibeli dan ternyata tidak sesuai dengan interior ruangan yang ada, maka akan lebih baik jika menyimpannya dahulu.

Sebelum Anda menuju ke sebuah showroom mebel, ada baiknya jika terlebih dahulu merencanakan anggaran yang mapan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur ruangan yang akan didesain interiornya. Peletakan dan ukuran furnitur juga perlu direncanakan dengan benar. Beruntung, saat ini telah banyak beredar situs pengaturan ruang online yang gratis dan mudah digunakan.

Untuk itu, jika pergi ke showroom tetaplah pada rencana awal Anda. Rencana awal tersebut akan membantu untuk mengetahui apa yang Anda inginkan dan memastikan tetap sesuai dengan anggaran yang telah direncana. Perlu diingat bahwa seorang pembeli akan menyesal jika barang yang terlanjur dibelinya akan sia-sia. Jadi, rencanakanlah sebelum Anda berbelanja.

  1. Pengaturan aksesoris dan koleksi

Kita semua pasti mempunyai barang-barang koleksi. Entah itu berupa makhluk hidup, seperti burung kicauan atau karya seni maupun aksesoris kecil. Bagaimana cara yang tepat untuk menampilkan koleksi seperti ini? Baiklah, mari kita mulai dari cara yang tidak benar dan kesalahan yang kebanyakan orang lakukan adalah mengumpulkan koleksi mereka menjadai satu bagian ke dalam rumah.

Cara di atas merupakan cara yang sangat tidak benar dan tidak perlu dilakukan. Tidak peduli koleksi Anda berbentuk apa, tetapi cara yang terbaik adalah menampilkannya dalam pengaturan pengelompokan. Jadi, kumpulkan koleksi apa yang Anda suka ke dalam pengelompokan dan tampilkan dengan bangga dan benar.

  1. Tidak memberikan furniture yang tepat

Tidak jarang ketika seseorang ingin memancarkan pesona estetika interior rumah, kemudian dia meletakkan berbagai banyak hiasan dan furniture entah itu klasik maupun modern. Hal seperti inilah yang sebenarnya salah dan sering dilakukan. Cara tersebut hanya akan menambah kesan rumit, ribet dan tidak nyaman ketika ruangan digunakan.

Pada umumnya, seseorang jika membeli furnitur tanpa mengukur ruangan dahulu, akhirnya furniture yang ia plihmempunyai ukuran yang terlalu besar ataupun kecil untuk ruangan tersebut. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih furnitur custom. Kita dapat membuat desainnya sendiri, corak dan warna yang sesuai dengan konsep ruangan. Ditambah lagi kita dapat meningkatkan daya fungsional dan visual dengan membuat furniture sesuai dengan spesifikasi pilihan sendiri.

  1. Pemilihan koordinasi warna yang salah

Kebanyakan pemilik rumah melakukan hal yang sangat penting dari memilih warna yang tepat untuk interior. Mereka mengacaukan seluruh skema warna dan ditinggalkan dengan desain yang tidak mengesankan untuk interior. Mereka salah mengerti dengan warna dan kaleng cat dinding dan tidak membuat mereka selaras dengan perabotan dan kain. Begitu pula, mereka gagal memilih warna yang sesuai dengan tema dan mood ruang dan mencerminkan kepekaan para pemilik rumah. Mereka harus melihat untuk menambahkan kontras yang berbeda dalam skema warna untuk mendapatkan warna dan efek yang tepat untuk interior.

 

  1. Tidak memanfaatkan daya pencahayaan

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan dalam mendesain intrior adalah tidak memanfaatkan daya pencahayaan secara maksimal. Cahaya yang redup atau terlalu terang dan menyilaukan dapat mengacaukan daya tarik visual interior dari dimensi apa pun. Emosi ruangan sangat bergantung pada cahaya. Pencahayaan harus sesuai dengan tema dan konsep ruangan untuk menciptakan atmosfir.

Jika Anda seorang yang kreatif, sebenarnya bisa memanfaatkan sebuah desain interior dengan inspirasi gaya tertentu untuk memperindah sebuah ruangan. Akan tetapi, jika ini merupakan pengalaman pertama Anda dalam mendesain interior mungkin saja bisa melakukan kesalahan dalam mendekorasinya yang berujung gagalnya mengubah interior menjadi lebih indah. Untuk memperkecil kesalahan dalam pengerjaan, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti tips di atas.

 

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here