Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer untuk Garden Furniture

83
Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer untuk Garden Furniture

Garden furniture dibutuhkan untuk mempercantik bagian taman rumah Anda, salah satu cara mempercantik garden furniture adalah dengan aplikasi natural kayu satu ini.

Memang tidak semua hunian rumah membutuhkan garden furniture, namun furniture yang satu ini cukup penting untuk sebagian penghuni rumah karena mampu menghidupkan taman pada huniannya. Namun, sebagian kecil orang lebih memilih cara yang praktis untuk bagian taman ini. Pada umumnya, mereka lebih memilih untuk pemilahan furniture yang tinggal jadi daripada menciptakan kreasi garden furniture sendiri.

Hal ini biasanya diikuti dengan berbagai alasan diantaranya cukup rumit karena harus melalui berbagai proses yang cukup rumit dan menghabiskan banyak tenaga serta waktu. Namun, apabila Anda mengetahui cara yang praktis tentu akan memilih cara yang satu ini.

CS Biovarnish

Bagaimana caranya? Sebelum membahas tentang hal ini, akan lebih baik jika mengetahui bahan finishing yang akan digunakan. Biasanya, orang akan cukup sulit mencari produk finishing yang harus digunakan pada garden furniture alhasil akan memilih produk yang cukup familiar digunakan padahal fungsi utamanya belum tentu diketahui dengan benar. Hal ini dikarenakan masyarakat awam belum mengetahui dan dikenalkan produk-produk finishing yang bisa dilakukan sendiri (DIY).

Nah, jika hanya sekedar mengetahui produk yang sering digunakan oleh orang-orang pada umumnya tentunya kita tidak tahu jenis dan kualitas cat yang ada pada produk tersebut. Bahkan cara yang akan kita terapkan bisa saja hanya asal saja dan bermodalkan dari platform video online. Memang di jaman serba canggih saat ini, apapun yang cukup sulit dilakukan sebelumnya menjadi lebih mudah karena tahu caranya. Namun demikian, kita tidak tahu teknik yang sebenarnya untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu pada garden furniture, Anda bisa mengaplikasikan langsung sanding sealer. Apa yang disebut dengan sanding sealer? Dan apa fungsi dari sanding sealer?

Fungsi dan Alasan Penggunaan Sanding Sealer

Jika Anda merupakan orang yang masih awam mengenai finishing atau tentang cat mengecat, mungkin akan kebingung antara plitur, pernis, wood stain dan sanding sealer. Kali ini, cukup membahas tentang sanding sealer karena pada dasarnya sanding sealer adalah wood stain yang mampu melindungi permukaan kayu dengan maksimal dan memberikan tampilan yang menarik.

Sanding sealer ini fungsinya sebagai wood stain namun mampu menutup pori-pori dengan sempurna. Sehingga Anda tidak perlu mengaplikasikan lapisan dasar seperti filler atau dempul. Jika Anda mengaplikasikan dempul atau filler terlebih dahulu, justru menyebabkan coating tidak memberikan hasil yang maksimal.

Apa alasan harus menggunakan sanding sealer khususnya untuk garden furniture? Apakah keuntungan yang akan didapatkan jika mengguankan sanding sealer? Secara lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang sanding sealer secara terperinci:

Sanding sealer adalah lapisan pertama dari cat yang akan menempel pada kayu pertama kali. Sebelum mengaplikasikan cat lainnya seperti wood stain atau top coat kayu harus dilapisi dengan sanding sealer. Alasannya adalah untuk memberikan hasil yang lebih halus lagi terutama jika Anda menghendaki finishing warna natural atau transparan.

Lapisan cat di atas sanding sealer tidak akan memberikan hasil yang baik terlebih lagi pada jenis kayu yang memiliki pori kayu besar. Kayu berpori besar akan menyerap lapisan top coat dua kali lebih banyak daripada biasanya sehingga hasil finishing kayu atau garden furniture jika langsung menggunakan pernis atau top coat akan menghasilkan permukaan yang kasar.

Jika membicarakan tentang apa alasan harus menggunakan sanding sealer, berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari sanding sealer untuk garden furniture:

  1. Menutup pori kayu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya garden furniture pada umumnya menggunakan kayu yang memiliki pori-pori yang cukup besar. Dan apabila Anda mengaplikasikan topcoat atau plitur secara langsung maka akibatnya adalah lapisan coating tersebut akan menyerap ke dalam pori-pori sehingga tampilannya pun tidak tampak dengan baik.

Sedangkan jika Anda mengaplikasikan sanding sealer, maka pori-pori akan tertutup dengan maksimal dan dengan demikian sangat sedikit kemungkinan media tersebut menyerap air. Maka bisa dikatakan bahwa sanding sealer disebut sebagai pelindung untuk menghindari kelembaban kayu yang biasa muncul karena kondisi dan cuaca yang terdapat di luar. Sehingga kayu tidak mudah terserang jamur dan serangga perusak kayu yang biasanya muncul ketika kayu terlalu lembab.

  1. Memberikan hasil yang rata dan halus
Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer untuk Garden Furniture
Garden furniture yang tidak dilapisi sanding sealer

Lapisan sanding sealer akan menutup pori kayu sehingga pori-pori yang tertutup tersebut akan mempermudah aplikasi topcoat diatasnya. Yang perlu diingat adalah setelah pengaplikasian sanding sealer ke seluruh permukaan kayu maka Anda harus mengamplasnya dengan kertas amplas no. 400 agar permukaan lebih rata dan halus. Dengan daya serap yang tinggi oleh sanding sealer terhadap pori-pori kayu, akan lebih memberikan proteksi pada garden furniture secara maksimal terlebih jika Anda mengakhiri dengan aplikasi topcoat yang tidak hanya memberikan perlindungan melainkan juga menghasilkan tampilan yang jauh lebih menarik.

  1. Mudah diamplas

Apabila kayu tidak dilapisi dengan sanding sealer maka kayu tidak akan mudah diamplas dan menghasilkan permukaan yang halus. Sanding sealer juga akan menamabhkan kemudahan pengamplasan pada pemukaan garden furniture. Memungkinkan untuk mendapatkan hasil finishing sehalus dan serata mungkin.

  1. Memberikan hasil warna yang transparan

Jika pada umumnya, finishing natural kayu harus menampakkan sisi warna kayu yang kecoklatan, dengan sanding sealer justru memberikan hasil yang lebih natural. Karena sanding sealer ini diaplikasikan sebagai tahap awal sehingga warna kayu akan jauh lebih terlihat sehingga memberikan kesan warna asli kayu. Ini memberikan nilai lebih tersendiri karena dengan hasil transparan yang natural justru membuat tampilan bertahan lebih lama. Berbeda jika Anda mengaplikasikan cat yang bertujuan untuk menghasilkan warna kayu yang notabene lambat laun akan berubah warna karena memudar. Jika sudah demikian, maka Anda harus kerja dua kali untuk mengulangi finishing agar mendapatkan hasil natural kayu tersebut.

  1. Tingkat adhesi kuat

Sebagai lapisan antara kayu dan top coat, sanding sealer memberikan tingkat adhesi kuat pada top coat. Setelah proses pengamplasan sanding sealer dan pengaplikasikan top coat maka lapisan akhir ini akan melekat dengan baik pada sanding sealer. Tidak memudahkan lapisan cat untuk mengelupas, pudar atau bahkan retak. Adanya lapisan sanding sealer membantu lapisan cat apapun di atasnya akan merekat dengan baik.

Sanding sealer yang digunakan bisa terbuat dari air atau minyak. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun untuk saat ini jenis sanding sealer yang banyak digunakan adalah sanding sealer water based.

Pentingnya Menggunakan Sanding Sealer Water Based

Sanding sealer merupakan lapisan coating yang cukup efektif untuk mendapatkan hasil transparan kayu. Namun, sanding sealer yang banyak kita jumpai di pasaran adalah sanding sealer dengan bahan solvent based. Bahan ini merupakan bahan finishing yang paling umum dijumpai di pasaran Indonesia. Bahkan hampir seluruh manufaktur mebeling menggunakan bahan finishing ini untuk menciptakan tampilan yang menarik. Namun sayangnya, bahan finishing bukan menjadi bahan yang direkomendasikan jika Anda memiliki target pasar mancanegara.

Negara-negara di sebagian benua Asia, Amerika, Eropa dan benua lainnya, saat ini memiliki standar regulasi keamanan terhadap bahan finishing yang masuk ke dalam negara tersebut. Jika tidak lolos pada tahap regulasi keamanan bahan tersebut, jangan harap bahwa produk Anda bisa masuk ke negara tersebut atau bahkan terkena klaim yang membuat produk Anda tidak diperbolehkan masuk lagi ke negara tersebut.

Berbeda jika Anda menggunakan produk-produk finishing dari bahan dasar air, produk tersebut justru lebih aman dan ramah lingkungan karena biasanya memiliki kandungan VOC yang sangat rendah. Salah satu bahan finishing dengan bahan water based adalah BioColours Sanding Sealer yang notabene tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Selain itu, produk finishing ini sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional seperti EPA dan ECHA.

Masih ragu menggunakan produk-produk finishing water based? Jangan sampai produk Anda terlambat menembus pasar internasional dikarenakan produk finishing yang Anda gunakan tidak aman. Tidak hanya bahannya yang aman, produk finishing water based juga memiliki tingkat hasil tampilan yang tidak jauh menarik dengan bahan finishing solvent based.

Pastikan Anda menggunakan produk-produk finishing water based demi keamanan dan lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here