Kreasi Membuat Rak Dinding kamar Mandi dari Kayu Bekas

132
Kreasi Membuat Rak Dinding kamar Mandi dari Kayu Bekas

Anda tidak pernah memiliki cukup ruang penyimpanan di kamar mandi Anda. Itu sebabnya rak handuk kayu ini adalah tambahan yang sempurna untuk kamar mandi apa pun. Mereka mudah dibuat dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Bagai Anda yang ingin menciptakan rak dinding kayu maka proyek DIY ini menjadi pertama yang menarik harus Anda lakukan.

Jika Anda ingin menciptakan rak dinding, desain yang paling mudah dikerjakan adalah rak dinding melayang. Bukan melayang dalam arti sesungguhnya namun Anda hanya akan merekatkannya pada dinding kamar mandi. Kemudian memasang sepotong kayu yang telah diukur dipotong dan difinishing. Kelihatannya sangat mudah bukan? Jika Anda sudah siap maka ikut beberapa langkah berikut ini.

Langkah 1. Cari kayu bekas yang sudah dipotong sebelumnya

Untuk membuat pekerjaan lebih mudah, kerjakan panjangnya rak yang Anda inginkan dan potong kayu dengan ukuran yang tepat di toko kayu bekas. Misalnya jika Anda ingin mendapatkan rak dengan panjang 7 cm atau sesuai kebutuhan pada dinding kamar mandi Anda.

Langkah 2. Potong kayu sesuai ketinggian yang benar

Gunakan penggaris persegi untuk mengukur dan menandai ketinggian kayu, Ketinggian kayu ini misalnya saja adalah 200mm dari kedalaman 290mmm. Gunakan alat pengukur Anda untuk menarik garis yang akan Anda potong pada kayu. Jepit kayu di tempatnya dan gunakan jigsaw untuk memotongnya ke ukuran yang tepat.

Langkah 3. Potong tulangan penguat

Jepit tulangan penguat ke meja kerja Anda. Kenakan kacamata pengaman dan penutup telinga Anda. Gunakan grinder untuk memotong bar reo 12mm menjadi panjang yang benar, misalnya saja Anda memilih ukuran 150mm. Anda akan membutuhkan enam bar, dua untuk setiap rak.

Langkah 4. Lapisi rak dengan pernis

Kreasi Membuat Rak Dinding kamar Mandi dari Kayu BekasGunakan cat pernish kayu dengan kuas untuk mengaplikasikan pernis ke seluruh permukaan potongan kayu biarkan hingga kering. Ini akan membantu melindungi mereka dari kelembaban di kamar mandi.

Langkah 5. Temukan pusat lubang

Gunakan stud finder untuk menemukan pusat lubang di dinding Anda di mana Anda akan memasang rak Anda. Anda perlu menandai dua kancing per rak. Anda bisa membuat tiga rak, namun Adna memerlukan membuat enam lubang. Saat mengukur dan menandai, ada baiknya untuk menggunakan penggaris atau agar lubang sama untuk memastikan rak Anda akan rata.

Langkah 6. Bor lubang untuk tulangan penguat

Gunakan spade bit 12mm untuk mengebor enam lubang di dinding dan ke dalam stud Anda, yang bisa Anda buat hingga kedalaman 70mm. Gunakan palu karet untuk memasukkan bilah penguat ke dalam lubang. Pastikan Anda meninggalkan batang-batang yang mencuat sehingga Anda bisa memasang rak-rak itu.

Langkah 7. Bor lubang di rak

Tempatkan rak Anda di jeruji untuk menentukan di mana lubang seharusnya. Buat tanda Anda di atas rak, dan pindahkan ukuran-ukuran itu ke bagian belakang masing-masing. Clamp rak-rak ke meja kerja Anda dan bor di lubang lebih dalam dari dinding agar sesuai dengan bar, Anda b isa mengebaor hingga 80mm. Pastikan Anda mengebor lurus, sehingga rak-rak itu akan sejajar.

Langkah 8. Pasang rak-rak

Setelah mengebor lubang di bagian belakang rak, masukkan batang penguat ke dalamnya. Jika Anda perlu, dengan lembut ketuk rak dengan palu karet sehingga mereka rata dengan dinding.

Langkah 9. Tempatkan barang Anda di rak

Setelah selesai, yang harus Anda lakukan adalah menempatkan barang-barang Anda di rak. Anda bisa meletakan peralatan seperti handuk, perlengkapan mandi, dan bahkan tanaman.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here