Maksimalkan Perlindungan Pada Furniture Eksterior Anda Dengan Lapisan Cat Anti Rayap Ini

372

Furniture eksterior baik yang langsung diletakkan di luar tanpa pelindung atau di letakkan di teras tetap saja mudah rusak apabila kayu yang digunakan adalah jenis kayu dengan ketahanan yang kurang bagus. Biasanya, untuk melindungi furniture eksterior dengan kayu yang kurang bagus kualitasnya adalah dengan mengaplikasikan obat anti rayap dan cat kayu.

Untuk mengaplikasikan obat anti rayap, bisa dilakukan pada saat masih dalam bentuk kayu lembaran atau pada saat kayu sudah dibentuk menjadi furniture. Namun, akan jauh lebih baik jika obat anti rayap diaplikasikan sebelum kayu dioven sehingga perlindungannya pun jauh lebih maksimal. Sedangkan saat diaplikasikan pada furniture yang sudah jadi sebagai perawatan saja.

Baik furniture interior maupun furniture ekterior yang terbuat dari serat alam seperti kayu membutuhkan perawatan karena ketika kayu dirawat dengan rutin maka kualitas kayu masih tetap terjaga dengan baik. Sedangkan untuk cat kayu bertujuan untuk melindungi kayu pada lapisan luar agar tidak mudah rusak karena gesekan, terkena air maupun cuaca yang tidak menentu.

CS Biovarnish

Memasuki musim penghujan, kayu jauh lebih rentan rusak karena mengalami kelembaban. Sehingga lapisan cat kayu dibutuhkan agar kelembaban pada kayu tidak meningkat. Apabila kelembaban kayu meningkat maka sangat memungkinkan kayu tersebut terserang jamur atau serangga. Maka dari itu, kelembaban kayu harus dijaga agar tetap stabil terutama kayu tersebut digunakan untuk furniture eksterior.

Cara Memilih Cat Untuk Furniture Eksterior

Tidak semua orang mengetahui cara merawat furniture dengan baik alhasil furniture yang dimilikinya mudah rusak diakibatkan oleh berbagai hal seperti rayap, jamur, tampilannya yang mengusam, tergores, retak, maupun terkena air. Masalah ini sering terjadi pada furniture interior maupun eksterior sehingga ketika furniture sudah rusak dibuang begitu saja padahal masih ada kemungkinan untuk dibenahi.

Misalkan masalah tampilan yang mengusam terutama pada furniture eksterior yang notabene lebih mudah memudar karena faktor cuaca.  Untuk mengembalikan tampilan furniture maka dibutuhkan pengecatan ulang. Dalam memilih cat untuk refinishing, seperti halnya menggunakan cat pada umumnya. Namun, akan jauh lebih baik memperhatikan beberapa hal dalam memilih cat sebelum membeli terutama bagi Anda yang masih awam dalam bidang finishing.

Berikut tips memilih cat yang cocok untuk refinishing furniture eksterior:

  • Pilih cat yang tahan air dan tahan cuaca

Cat yang tahan air dan tahan cuaca sangat cocok untuk melapisi furniture eksterior sehingga cat tersebut bisa terlindungi dengan maksimal.

  • Fitur cat

Selain karena tahan air dan tahan cuaca, sebaiknya dalam memilih cat juga memperhatikan fitur berikut yakni tahan terhadap rayap atau serangga perusak kayu. Dengan demikian, kayu bagi dalam pun terlindungi dengan baik. Karena pada umumnya, cat yang ada di pasaran hanya fokus terhadap bagian permukaan saja.

  • Metode finishing

Bagi Anda yang ingin melakukan pengecatan ulang, sangat penting untuk memilih cat dengan metode finishing yang mudah untuk dilakukan misalkan kuas. Kadangkala setiap merk cat menggunakan metode yang berbeda untuk hasil yang maksimal. Nah, ketika Anda menggunakan metode finishing kuas akan lebih baik kuas dilapisi dengan kain bersih sehingga tidak akan meninggalkan bekas kuas (brush mark)

  • Teknik finishing

Biar finishing Anda cepat selesai, ada baiknya memilih cat ketika dioleskan sekali sudah menunjukkan tampilannya. Karena tidak semua jenis merk cat hanya dilakukan sekali oles bahkan ada yang berkali-kali oles agar hasil warnanya tampak.

  • Kandungan bahan cat

Selama ini, cat yang banyak dijumpai di pasaran adalah cat berbasis solvent yang mana cat tersebut harus membutuhkan pelarut organik seperti spiritus atau thinner. Namun, apabila Anda menginginkan cat yang lebih praktis adalah cat berbasis air karena cat tersebut hanya menggunakan air sebagai pelarut. Pastikan air yang digunakan adalah air yang bersih dengan pH netral atau gunakan saja air mineral apabila air di rumah Anda tidak cukup bagus.

Lindungi Furniture Eksterior Menggunakan Cat Anti Rayap Yang Ramah Lingkungan Ini

Mendekati musim hujan biasanya rayap berkembang lebih cepat dan keluar ke permukaan saat musim hujan dimulai. Nah, furniture berbahan substrat alam biasanya harus lebih diperhatikan karena rayap sangat suka terhadap kayu karena kayu memiliki kandungan selulosa yang menjadi makanan utama dari rayap.

Untuk menjaga furniture eksterior dari serangan rayap, sebaiknya untuk mengaplikasikan cat anti rayap sehingga akan meminimalisir adanya kerusakan akibat rayap. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sebaiknya untuk menggunakan cat berbasis air karena lebih praktis dilakukan dan jauh lebih ramah lingkungan. Kenapa lebih ramah lingkungan? Cat berbasis merupakan cat kayu yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak memberikan dampak buruk baik pada kesehatan maupun lingkungan.

Cat berbasis air terbaik di Indonesia dengan fitur anti rayap adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat kayu dengan bahan water based acrylic yang cocok untuk finishing interior maupun eksterior. Kelebihan lain dari Biovarnish adalah bisa diaplikasikan dengan berbagai metode finishing baik kuas, oles maupun semprot.

Untuk melindungi furniture eksterior dari berbagai cuaca ekstrim, jamur maupun serangga, Biovarnish menawarkan varian produk finishing untuk hasil natural kayu yakni Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Dengan menggunakan varian produk finishing tersebut, tidak hanya akan melindungi furniture eksterior dengan baik, tampilan yang dihasilkan oleh cat tersebut terlihat tajam.

Berikut langkah-langkah finishing untuk furniture eksterior menggunakan Biovarnish:

  • Untuk menutup pori-pori kayu dengan baik, gunakan Biovarnish Wood Filler. Campurkan terlebih dahulu dengan air secukupnya, upayakan agar tidak terlalu cair. Kemudian aplikasikan ke seluruh kayu menggunakan pisau palet atau sejenisnya. Diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • Pilih warna sesuai yang diinginkan, Biovarnish menawarkan 20 warna yang bisa Anda gunakan. Campurkan Biovarnish Liquid Stain dan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air untuk menurunkan intensitas warna. Kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400 apabila sudah kering
  • Untuk memberikan tampilan coating semakin tajam, gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Campurkan air dengan perbandingan yang sama dengan tahapa diatas. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Disarankan untuk menggunakan spray gun agar hasilnya maksimal. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit, amplas ambang apabila sudah kering sentuh
  • Agar warna coating terkunci dan hasil tampilannya maksimal, gunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan air dengan takaran yang sama pada tahapan sebelumnya. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan dalam suhu ruangan selama 30 menit jika menginginkan hasil kering sentuh. Anda bisa mengulangi tahap ini apabila belum mendapatkan tampilan yang diinginkan. Apabila sudah sesuai, diamkan selama 24 jam dalam suhu ruangan untuk hasil kering packaging atau siap pakai.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here