Memanfaatkan Sisa Ruang Dengan Rak Buku Fungsional

1080

Memiliki rumah minimalis seringkali dihadapkan pada masalah keterbatasan ruang yang dimiliki. Sebagai contoh, Anda memiliki impian untuk memiliki perpustakaan pribadi di rumah. Jika rumah minimalis yang dimiliki juga berarti sempitnya lahan yang dimiliki, banyak orang yang akhirnya mengubur mimpinya tersebut.

Namun tahukah Anda, ternyata meskipun rumah yang dimiliki memang mungil masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menyiasati. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sisa ruang yang ada. Ini berarti Anda harus jeli melihat, space mana yang bisa Anda manfaatkan untuk rak buku. Untuk menghemat ruang, sangat disarankan untuk menggunakan desain rak buku fungsional.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, seperti apakah rak buku fungsional itu? Salah satu contoh desain rak buku yang fungsional adalah dengan memadukan fungsi rak buku dan storage sekaligus. Mungkin Anda bisa menempatkan storage di bagan bawah rak atau justru di bagian paling atas. Semua tergantung kreativitas Anda.

CS Biovarnish

Setelah mendapatkan gambaran desain rak buku fungsional, langkah selanjutnya adalah menemukan sisa ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan rak buku kreatif yang akan Anda buat. Mengapa perlu menentukan terlebih dahulu sisa ruang yang ada? Jawabannya adalah, Anda perlu menyesuaikan ukuran rak buku Anda dengan space yang ada.

Apabila Anda masih bingung space mana yang bisa digunakan untuk menempatkan rak buku unik dari kayu yang akan dibuat, berikut akan kami ulas beberapa contoh sisa ruang yang bisa dimaksimalkan fungsinya.

  1. Bawah Tangga

Area bawah tangga merupakan lokasi yang tepat untuk menempatkan rak buku fungsional Anda. Selain memanfaatkan sisa ruang agar lebih fungsional, keberadaan rak buku justru akan mempercantik area bawah tangga. Yang biasanya area tersebut terlihat kumuh atau kosong, pada akhirnya Anda akan say good bye pada kondisi tersebut.

Yang Anda perlukan hanya membersihkan area bawah tangga dan mengukurnya dengan tepat. Sehingga Anda bisa membuat desain rak buku dengan ukuran yang sesuai dengan space yang ada. Jika sebelumnya area bawah tangga Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang, Anda bisa memanfaatka storage pada rak buku untuk menyimpan barang-barang tersebut.

  1. Samping jendela

Ada sisa ruang di dekat jendela? Anda bisa memanfaatkan space tersebut untuk menempatkan rak buku fungsional Anda. Mungkin selama ini Anda tidak pernah membayangkannya. Tapi percayalah, area ini nantinya bisa jadi menjadi spot yang difavoritkan anggota keluarga. Bayangkan saja, membaca buku di bawah jendela disertai semilir angin dari luar dan cahaya lembut matahari yang menerobos jendela. Mungkin Anda akan bilang, inilah surga dunia.

  1. Loteng

Area dalam rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi perpustakaan pribadi adalah loteng. Jika sebelumnya area ini Anda gunakan sebagai ruang untuk menyimpan barang-barang, saatnya Anda menyulapnya menjadi ruang perpustakaan yang cantik.

Anda tak perlu pusing dengan barang-barang yang sebelumnya ada di sana. Desain rak buku fungsional yang dilengkapi dengan storage bisa menjadi solusi. Tempatkan barang-barang tersebut di kabinet, dan masalah Anda pun terpecahkan. Kalaupun ada barang yang tak bisa masuk di storage yang tersedia, Anda bisa memindahkannya ke ruang lain yang memungkinkan atau justru menatanya di loteng menjadi pajangan yang artistik.

Itulah tiga sisa ruang yang bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan rak buku fungsional yang dibuat. Dengan memanfaatkan ruang-ruang tersebut, Anda bukan saja menghemat ruangan. Tetapi sekaligus menyulap area yang biasanya hanya digunakan sebagai gudang dan terlihat kumuh menjadi spot menarik dan artistik. Selamat berkreasi.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here